Rujak Kulub dan Es Gempol Mak Kandar Weron Trangkil, Kuliner Lezat Harga Merakyat Eksis Sejak 1990an

Rujak Kulub dan Es Gempol Mak Kandar Weron Trangkil, Kuliner Lezat Harga Merakyat Eksis Sejak 1990an

TRANGKIL, PATINEWS.COM

Pembaca patinews.com yang budiman, kali ini yuk kita bahas kuliner yang jarang orang tahu namun dari sisi rasa tidak kalah dengan makanan viral dan harga yang ramah di kantong.

Orang bilang ibarat hidden gem, harta karun tersembunyi karena letakmya yang di pelosok desa. Nama tempatnya warung Rujak Kulub dan Es Gempol Mak Kandar.

Terletak di dukuh Weron RT 02 RW 05 Desa Tegalharjo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati, jika kamu datang dari arah jalan raya Pati Tayu, pas pertigaan Majasem belok kiri lurus saja hingga masuk dukuh weron.

Menu andalanya Rujak buah nanas, bengkoang, mentimun, krai dan memyesuaikan dengan musim buah yang ada dengan bumbu gula merah yang pedas dan legit dari campuran asem. Dalam satu porsi rujak biasa ditambahi kulub, rebusan dedaunan seperti bayam, kacang panjang dan kecambah kemudian disiram dengan bumbu kacang nan nikmat.

Untuk seporsi rujak kulub yang kaya vitamin, kamu cukup mengeluarkan uang Rp 2.500 perak, murah meriah kan? Sebagai penawar pedas, kamu bisa memesan aneka minuman seperti Gempol, perpaduan santan legit agak asin dan manisnya sirup atau setrup buatan sendiri. Ada juga cendol dawet dan cao atau cincau hitam. Segelas minuman menyegarkan tersebut juga sangat terjangkau hanya Rp 2.500 rupiah saja.

Sebagai menu penutup, aneka gorengan bakwan, tempe, tahu susur, sate telur puyuh, sate usus, kerupuk bisa jadi pilihan. Percaya atau enggak diwarung ini masih ada kerupuk yang harganya Rp 100 perak, unik.

Berdiri sejak tahun 1990an, warung mak Kandar sudah bertahan hampir 30 tahun lebih. Warungnya sederhana dengan menu yang juga sederhana namun menjadi tempat jajan penikmat kuliner dari berbagai desa tetangga.

Seperti Imam, pemuda dari desa tetangga yang rutin setidaknya seminggu sekali datang jauh-jauh untuk menikmati seporsi Rujak Kulub, es gempol dan beberapa gorengan, gak sampai 10.000 sudah kenyang.

Mau nyobain? Datang langsung saja ke dukuh weron desa tegalharjo dan tanya warga alamat Warung Rujak Es Gempol mak Kandar. Buka setiap hari (jika tidak ada halangan) dari jam 09.00-17.00 WIB, jangan terlalu sore ya karena sering sebelum tutup sudah sold out alias kehabisan.

Yuk kita beli dan besarkan warung-warung tetangga dengan menu khas daerah masing-masing yang rasamya tidak kalah dengan warung kota.

Penulis:
Achmad Munandar

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Warga Dukuh Njugo Tlogosari, Lakukan Audiensi dengan Komisi A DPRD Pati

PATI, PATINEWS.COM Warga Dukuh Njugo Desa Tlogosari Kecamatan Tlogowungu, Pati mendatangi kantor DPRD Kabupaten Pati.…

13 Agustus 2020

LKP Nissan Fortuna Pati, Gelar Promo Terbatas Stir Mobil Gratis Plus Mekanik Motor di Bulan Kemerdekaan

  PATI, PATINEWS.COM Memperingati bulan kemerdekaan, Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Nissan Fortuna Pati menggelar…

13 Agustus 2020

Terima Audiensi Warga Desa Semampir, Pimpinan DPRD Pati Sarankan Tempuh Jalur Hukum

PATI, PATINEWS.COM DPRD Kabupaten Pati kembali didatangi oleh Masyarakat Desa Semampir yang ingin menyampaikan aduannya…

13 Agustus 2020

Cegah covid 19: Lindungi diri anda

PATINEWS.COM Ditahun 2020 terdapat ┬ávirus yang dirasa mematikan yakni virus corona. Seiring dengan berjalannya waktu…

13 Agustus 2020

Langkah Kecil Merubah Negeri, Mahasiswa UMM Bagikan 100 Paket PMT di Posyandu Desa Klumutan Madiun

Oleh: Leidyana Widiyakusua 4 Agustus 2020 Rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok 66 PMM Bhaktimu…

13 Agustus 2020

Mahasiswa KKN UNDIP di Prawoto Sukolilo, Manfaatkan SDA Untuk Pembuatan Handsanitizer Alami

SUKOLILO, PATINEWS.COM (13/08/2020) Tangan adalah bagian tubuh yang sangat rentan menjadi tempat bersarangnya virus dan…

13 Agustus 2020