Polemik Kartu Tani, Ini Kata Kepala Dinas Pertanian Pati

PATINEWS – Margorejo, Baru – baru ini, Dinas Pertanian Kabupaten Pati menggelar acara temu lapang antara petani dan mantri tani se-Kabupaten Pati yang bertempat di desa Jambean Kidul kecamatan Margorejo.

Kegiatan ini merupakan salah satu metode penyuluhan guna mengupayakan atau mensukseskan pemberdayaan petani dalam rangka budidaya dipadukan dengan pendampingan petugas.

Kepala Dispertan Muhtar Efendi menuturkan ia sangat mendukung dan mengapresiasi desa Jambean Kidul ini, dengan perkembangan hasil produksi pertaniannya. Sehubungan dengan itu pemerintah terus memberikan perhatian dengan contoh memfasilitasi pendamping baik dari unsur TNI Polri, tim Satgas Pangan, maupun dari Dinas Pertanian sendiri. Termasuk dalam pemberian fasilitas kartu tani, untuk para petani.

Baca juga:   Gagas PAUD Mandiri, Ini Harapan LPPA Pati

Terkait eksistensi kartu tani sendiri, Muhtar mengungkapkan yang menjadi kendala utama pemerintah untuk pembagian kartu tani saat ini adalah kepastian atau validasi data dari masing-masing petani khususnya di Kabupaten Pati ini. Menurutnya, data petani tersebut harus benar benar valid. Sebab kebutuhan pupuk disesuaikan dengan luas lahan yang dimiliki para petani dapat diketahui dari kartu tersebut.

“Oleh itu kartu tani ini nantinya bisa dijadikan sebagai kartu identitas petani itu sendiri,” pungkasnya. (pn/ dok Humas)

Polemik Kartu Tani, Ini Kata Kepala Dinas Pertanian Pati | patinews.com | 4.5

Leave a Reply