Petis Kikil Khas Pati, Asli Bikin Nagih

Petis Kikil Khas Pati, Asli Bikin Nagih
Petis Kikil Khas Pati, Asli Bikin Nagih

Patinews.com – Kuliner, Pati memang terkenal dengan berbagai macam kulinernya yang membuat ciri khas tersendiri. Salah satu kuliner dari Pati yang tak kalah gurih dan enaknya, juga bikin ketagihan. sebut saja Petis kikil.

Petis kikil yang bahan dasarnya dari Kikil Sapi dan jagung yang sudah dihaluskan memang sangat terkenal di Desa Jetak, Wedarijaksa-Pati, Jawa Tengah.

Petis kikil yang berasal dari daerah Pati ini mempunyai ciri khas dan citra rasa yang berbeda hingga bikin ketagihan. Yang membedakan petis kikil ini dengan petis lainya yaitu pada bahan utamnaya.

“Iya yang menjadi ciri khas dari petis kikil ini ya petisnya itu sendiri, yang terbuat dari bubur jagung. Cara pembuatan petisnya itu, jagung di sangrai, kemudian di selep atau di giling menjadi tepung jagung. Setelah itu di jadikan bubur jagung sebagai kuahnya nah kuahnya tadi di beri rempah-rempah yang sudah diracik suami saya, kemudian di tambah dengan kikil, balungan dan juga ayam,” Ujar Ibu Hayatun salah satu penjual Petis Kikil.

Warung petis Ibu Hayatun ini memang berbeda dengan warung petis lainnya. tak hanya petis kikil, di sini juga ada petis ceker, petis sayap dan juga bakso. kuahnya yang kental berwarna kecoklatan memang mengugah selera saat melihatnya. Petis kikil ini merupakan warisan turun temurun dari keluarga Ibu hayatun.

Baca juga:   Nikmatnya Racikan Lontong Tahu Pak Min Kayen

“iya masakan ini warisan dari mbh saya dulu,” ungkapnya.

Sehingga petis kikil ini masakan keluarga yang jadi turun temurun yang masih terjaga keasliannya. warung petis kikil ini buka dari jam 09.00 – 16.00 WIB.

Warung petis milik Ibu Hayatun dan Bapak Sulaeman ini sudah buka cukup lama. Awal buka dari tahun 2011 sampai sekarang. kurang lebih sudah delapan tahun warung ibu hayatun berdiri. Jadi tak heran jika masyarakat Pati hingga Juwana banyak yang mendatangi warung petis Ibu Hayatun. salah satunya mbk Herda vita dari Juwana pelanggan setia petis .

“Saya sering makan di sini bersama keluarga, teman, ya karena menurut saya warung petis Ibu Hayatun ini yang paling enak dari warung-warung petis lainnya, rasanya yang gurih bumbunya juga pas di lidah saya, pelayananya juga cepat dan ramah, jadi saya suka,” ujar salah satu pembeli.

Penulis: Isna Dayuwati

Petis Kikil Khas Pati, Asli Bikin Nagih | patinews.com | 4.5

Leave a Reply