Petani Tebu dan Singkong di Pati, Beralih Tanam Porang

Petani Tebu dan Singkong di Pati, Beralih Tanam Porang

PatiNews.Com – Agro,

Sebagian besar petani pati adalah petani tanaman singkong dan tebu, setelah sekian lama petani di pati di buat bingung dengan harga yang tidak stabil. Dengan ketidak stabilan harga tersebut, banyak petani yang merugi.

Kurang lebih dua tahun belakangan ini, petani di Pati mengenal tanaman porang. Porang yang sebelumnya di anggap sebagai tanaman liar, kini di pati sudah mulai di budidayakan, karena di beberapa negara seperti di jepang dan china, porang menjadi salah satu makanan pokok. Harga porang sendiri di indonesia bisa di bilang masih relatif mahal, kisaran 8.000 sampai 10.000-an.

Dengan adanya tanaman porang ini, setidaknya petani di indonesia bisa bernafas lega, karena tanaman porang bisa di bilang paling cocok hidup di wilayah tropis seperti negara indonesia.

Salah seorang petani asal Pati, Sukono meyakini bahwasanya tanaman porang akan menjadi tanaman primadona bagi para petani saat ini.

“Pasalnya tanaman porang ini adalah tanaman yang sangat mudah ditanam dan gampang perawatanya, dan yang paling penting adalah harga tidak gampang turun seperti tanaman lain,” ungkap Sukono, 27 April 2020.

Sukono juga meyakinkan kepada para petani yang masih ragu akan kelangsungan porang itu sendiri. Sukono meyakini harga porang akan terus stabil, mengingat porang adalah komoditas export.

(pn/ red/ Abu)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Senangnya Mbah Dadiguno, Rumahnya Selesai Direhab

BATANGAN, PATINEWS.COM Dandim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani,SE, M.I.Pol didampingi Forkopincam Batangan, Kades Bulumulyo…

25 September 2020

Bersyukur Ditengah Pandemi Covid-19

Bersyukur Ditengah Pandemi Covid-19 MARGOYOSO, PATINEWS.COM Kita masih bersyukur dengan keadaan sekarang. Meski masih dalam…

25 September 2020

Ulama Diharapkan Ikut Kampanyekan Protokol Kesehatan

Ulama Diharapkan Ikut Kampanyekan Protokol Kesehatan PATI, PATINEWS.COM Bupati Pati Haryanto, kembali mengikuti istighosah rutin…

25 September 2020

Infografis Pelabuhan Bajomulyo 23 September, 17 Kapal Masuk Nilai Produksi 5,9 M

JUWANA, PATINEWS.COM Rabu, 23 September 2020, data infografis yang dirilis Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Bajomulyo,…

24 September 2020

Mushola di Kali Putih Plaosan, Dapat Perhatian Kodim Pati

CLUWAK, PATINEWS.COM Kodim 0718/Pati bersama Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kankemenag Kabupaten Pati menyerahkan bantuan untuk…

24 September 2020

Albert Kiss, Youtuber Asal Pati Rilis Single Ke-3

SHOWBIZ, PATINEWS.COM Berbicara soal musik di Kabupaten Pati tentu banyak pilihan. Kali ini Youtuber asal…

24 September 2020