Perkenalkan E-Commerce dan Google My Business, Pelaku Usaha Diharapkan Dapat Menerapkan Guna Meningkatkan Peluang Usaha

Berlangsung selama dua hari berturut-turut Training of Trainer dilaksanakan di Pati pada hari Jumat (2/8).
Berlangsung selama dua hari berturut-turut Training of Trainer dilaksanakan di Pati pada hari Jumat (2/8).

Patinews.com – Kayen, Mahasiswa KKN Undip berkerjasama dengan Bank Jateng melaksanakan ToT atau (Training of Trainer) pada hari Jumat lalu. Kegiatan ini bertujuan untuk pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Pati. Dilangsungkan pada dua hari berturut-turut yakni hari Kamis dan Jumat, acara ini tidak hanya diisi dengan pemaparan materi saja namun juga dilakukan praktek menghitung laba dengan pembukuan sederhana.

Hal ini dilakukan guna menyadarkan pelaku usaha akan pentingnya pembukuan di bidang usaha guna meningkatkan laba maupun usaha.

Pada hari pertama dilakukan pemaparan materi dari pihak Bank Jateng mengenai pengenalan dasar dan membuka tahapan baru secara sederhana mengenai pembukuan. Tak hanya itu para peserta pula diajak bermain dan belajar menggunakan papan permainan micro business simulation. Dimana pada permainan tersebut para peserta ditantang untuk menghitung bagaimana membuat pembukuan pada sebuah usaha agar dapat membuat keuntungan makin besar.

Baca juga:   NMax vs Satria di Pantura Margorejo, Dua Korban Dilarikan ke Rumah Sakit

Di hari kedua acara dimulai dengan pemaparan mengenai pentingnya pembukuan untuk UMKM dan dilanjutkan dengan materi E-Commerce dan Google My Business oleh Mahasiswa KKN Undip. Dimana dijelaskan oleh Norma Ayu dan Arief Setyo Wicaksono dari Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Undip.

“Dengan adanya kemudahan teknologi sekarang ini, para pelaku usaha diharapkan dapat menerapkannya untuk kepentingan usaha agar dapat meningkatkan keuntungan,” ujar Norma.

Dimulai pada pukul delapan pagi hingga empat sore ini dihadiri oleh 18 peserta dari berbagai desa yang ada di Kecamatan Kayen. Dari adanya acara ToT ini diharapkan dapat meningkatkan usaha kecil menjadi lebih besar dan menciptakan kesadaran bagi para pelaku usaha terkait pentingnya pembukuan di bidang bisnis. (*)

Perkenalkan E-Commerce dan Google My Business, Pelaku Usaha Diharapkan Dapat Menerapkan Guna Meningkatkan Peluang Usaha | patinews.com | 4.5

Leave a Reply