Peresmian Madrasah Terpadu di Dukuh Kolutan Jaken, Dorong Peningkatan Kualitas Pendidikan

PatiNews.Com – Jaken, Peresmian Gedung Madrasah Terpadu dan Haflah Akhirussanah Madrasah Dinniyah “Al – Hadiy” yang terletak di dukuh Kolutan desa Sumberejo, Kecamatan Jaken digelar hari ini. Sabtu, 12 Mei 2018.

Madrasah Terpadu adalah sebuah konsep pengembangan madrasah yang mencoba mensinergikan berbagai potensi kekuatan MI, MTs dan MA yan berada dalam satu lokasi untuk membantu, saling mengisi kekuatan dan kelemahan masing-masing untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan madrasah.

Peresmian Madrasah Al Hadiy tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Pati Haryanto yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati, Suwarno, S.Pd,SH,MM.

Pembangunan Madrasah yang digagas pada awal tahun lalu dan peletakan Pembangunan batu Pertama oleh Bupati Pati Haryanto SH,MM,Msi pada tanggal 15 Pebruari 2017 tersebut, tanahnya merupakan Wakaf dari bpk Asnawi bin Abdul Wahab dengan luas 700 meter persegi.

Pembangunan di buat 3 lantai dan sementara untuk pembangunan pertama baru 1 lantai terdiri 4 ruangan dan setiap ruangan diperkirakan bisa menampung 30 s.d 40 siswa. Dalam pembangunannya untuk lantai 1 menghabiskan dana sebesar Rp. 1.000.099.000,- ( Satu Milyar Sembilan puluh sembilan ribu rupiah ). Sementara tanah yang baru di dirikan bangunan seluas 350 meter persegi.

Pembangunan Madrasah tersebut, sangatlah mempunyai arti penting di karenakan untuk mendidik serta mengembangkan pendidikan Islam yang ada di wilayah Jaken khususnya. Terlebih warga dukuh Kolutan Desa Sumberejo Jaken yang mana sekarang ini di desa ini telah berdiri bangunan tempat menimba ilmu tentang Islam di desa mereka.

Dalam sambutannya ketua panitia, H. Ahmad Zaenuri S.Pd,I mengatakan, “Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir memenuhi undangan kami, dalam rangka Peresmian Gedung Madrasah Terpadu ini, dan Haflah Akhirussanah Madrasah Diniyah Al-Hadiy ini. Semoga Madrasah ini akan dapat membesarkan dunia Islam dan memberikan sumbangsih pendidikan tentang Islam di Jaken. Saya ucapkan terima kasih pula, kepada pihak yang telah membantu, baik perorangan maupun kelompok hingga berdirinya bangunan ini. Ini semua semata mata karena Allah, yang telah memberikan Rahmatnya kepada kita semua.”

Baca juga:   Kapolres Pati Resmikan Hasil Bedah Rumah di Desa Regaloh Tlogowungu

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pati dalam sambutannya mengatakan, “Dengan berdirinya Gedung Madrasah Terpadu ini, semoga anak-anak kita dalam mempelajari agama Islam semakin bersemangat. Karena dengan bertambahnya Gedung Baru untuk pendidikan Agama Islam ini tentunya akan bertambah pula anak-anak kita yang belajar serta mengenal Islam yang sebenarnya. Dan ini juga harusnya merupakan kebanggaan tersendiri bagi warga sekitar yang mana tidak perlu jauh-jauh untuk memberikan pendidikan agama kepada anak-anak lewat madrasah atau sekolah yang berbasis pendidikan agama Islam. Semoga dengan berdirinya dan peresmian Gedung Madrasah ini akan membawa manfaat yang lebih besar kepada kita semua warga Jaken, khususnya Desa Sumberejo terlebih kepada generasi muda Islam untuk mempelajari agama yang baik dan benar.”

” Madrasah merupakan sarana pendidikan agama Islam selain Pondok Pesantren. Mari kita sengkuyung bersama, karena ini merupakan tempat untuk menempa ahklak yang baik kepada generasi Islam yang harus kita dorong agar ahklak dan pikiran anak-anak kita tidak tercemari budaya dan hasutan yang tidak sesuai denfan ajaran Islam,” kata Camat Jaken Supat SP.Mm dalam sambutannya.

Danramil 16/Jaken Kapten Inf Urip Widodo dalam sambutannya mengatakan,” Semoga Madrasah ini akan berkembang dan menjadi pusat pengembangan pendidikan agama Islam di Kecamatan Jaken. Karena kita lihat sekarang ini, banyak paham serta budaya yang tidak sesuai dengan Islam sedang mengintai bahkan sudah merasuki ahklak dan pemikiran generasi muda kita. Dengan berdirinya Madrasah ini, semoga ahklak anak-anak kita, generasi muda kita akan tetap terlindungi dari pengaruh yang tidak baik,”. (pn/ dm/ hd)

Peresmian Madrasah Terpadu di Dukuh Kolutan Jaken, Dorong Peningkatan Kualitas Pendidikan | patinews.com | 4.5

Leave a Reply