Categories: otomotif

Perbandingan (Harga) Honda Mobilio vs Xenia

Harga Honda Mobilio

Honda baru saja meluncurkan produk Low MPV (Multi Purpose Vehicle atau disebut juga mobil serbaguna) anyar mereka yaitu Honda Mobilio untuk bersaing di pasar mobil keluarga terjangkau bersaing dengan Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Chevrolet Spin dan Nissan Grand Livina. Belakangan ini, pemberitaan mengenai Honda Mobilio memenuhi portal-portal berita sehingga menjadi trending topic.  Sehingga karena tren tersebut, banyak orang membandingkan dengan mobil-mobil lain termasuk Daihatsu Xenia. Yuk kita kupas bareng – bareng perbandingan exterior, interior dan Harga Honda Mobilio dan Daihatsu Xenia. Segmen low MPV (multi-purpose vehicle) menjadi yang terbesar di pasar nasional dengan kontribusi hampir mencapai 40 persen. Dengan jumlah yang sangat besar ini banyak pelaku automotif yang bermain di segmen ini.

Perbandingan Exterior Honda Mobilio vs Xenia

Jika dibandingkan dengan Honda Mobilio,  Xenia merupakan mobil dengan ground clearence tertinggi yakni 200 mm. Jadi lebih aman jika dikendarai di jalanan yang jelek. Tinggi Honda Mobilio 1.610 mm, Lebih rendah 85 mm dengan Daihatsu Xenia (1.695 mm).Soal wheelbase, Honda Mobilio memiliki wheelbase 2.650 mm sementaraDaihatsu Xenia 2.665 mm, Dengan kata lain Mobilio wheelbase-nya lebih pendek 15 mm dari Xenia. Di bagian samping, terdapat penambahan fitur Window Chrome List, sehingga tampilan Xenia semakin mewah dibanding mobil lain di kelasnya.

Menurut saya, selera orang Indonesia untuk mobil jenis MPV adalah mobil yang multifungsi, aman, nyaman dikendarai, juga dengan ground clearence yang tinggi. Honda Mobilio adalah MPV dengan Ground Clerence rendah, sehingga kurang sesuai dengan karakter MPV untuk orang Indonesia. Honda Mobilio diminati saat ini karena memang model baru. Body Honda Mobilio lebih besar, tidak lincah, dan juga memiliki radius putar yang besar untuk ukuran MPV perkotaaan, menjadikan Honda Mobilio sulit bermanuver & putar balik di jalanan sempit. Selain itu, di kota yang sering banjir seperti Jakarta, Xenia terbukti lebih aman dalam melewati genangan air dibanding Honda Mobilio. Xenia adalah MPV yang lincah & mudah sekali bermanuver di jalan sempit & macet seperti Jakarta.

Perbandingan Interior Honda Mobilio vs Xenia

Daihatsu Xenia kini hadir dengan Dual SRS Airbag, yang merupakan salah satu terobosan baru untuk mendukung konsep X-Tra Aman sebagai fitur keselamatan tambahan pada Xenia. Airbag merupakan fitur keselamatan yang berfungsi untuk melindungi dada dan kepala pengemudi maupun penumpang depan dari benturan stir atau dashboard saat terjadi tabrakan. Fitur keselamatan Airbag ini terdapat pada seluruh varian Xenia dengan spesifikasi yang sama.

Kabin New Xenia didesain lebih fresh dan stylish dengan  beberapa perubahan pada bagian Dashboard yaitu dengan penambahan beberapa ornamen silver pada  Center Cluster dan Register AC. Desain Stir baru lebih sporty dengan penambahan silver painted ornamen pada bagian kiri dan kanan stir.Dan pada tuas transmisi manual saat ini dilengkapi dengan Chrome Plated Shift Knob sehingga lebih mewah. Namun pada Honda Mobilio hanya mempunyai Silver Painted Ornament pada Center AC Register dan bagian bawah stir.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh Xenia adalah bagasi terluas di kelasnya  yang dapat memuat banyak barang. Volume bagasi Xenia adalah 185 liter, sementara  Honda Mobilio lebih kecil yaitu 135 liter. Xenia dapat memuat 4 galon air mineral dengan posisi vertikal, sementara pada Honda Mobilio tidak dapat memuat galon air mineral pada bagasinya. Hal ini membuktikan bahwa bagasi pada Xenia dapat memuat lebih banyak barang dibandingkan dengan  Honda Mobilio.

Perbandingan Harga Xenia vs Mobilio

Nah ini yang ditunggu-tunggu yaitu perbandingan harga, bagi anda yang ingin membeli cash maupun Kredit Honda Mobilio dan Daihatsu Xenia ini kita paparkan. Dari segi harga, Daihatsu Xenia lebih variatif daripada Honda Mobilio karena Daihatsu Xenia banyak sekali jenisnya. Honda Mobilio punya 4 type sedangkan Daihatsu Xenia punya 14 type. Xenia harga mulai dari Rp. 144.100.000 sampai dengan Rp. 198.800.000 sedangkan Honda Mobilio harga mulai dari Rp. 159.500.000 sampai dengan Rp. 198.000.000. Namun, perlu diingat biaya perawatan mobil Honda terbilang mahal dibanding merek Jepang lainnya, termasuk harga suku cadang. Keunggulan lain dari Xenia adalah memiliki biaya perawatan terjangkau, layanan purna jual (bengkel) cukup lengkap di daerah-daerah Tanah Air, kemudian harga jual kembali lumayan bagus.

Pengamat otomotif, Suhari Sargo, memperkirakan Honda Mobilio tak akan sanggup menggoyang dominasi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Honda Mobilio dinilai hanya mungkin menduduki posisi ketiga atau keempat penjualan terbanyak mobil segmen low MPV (kendaraan multiguna). “Avanza dan Xenia sudah jauh lebih dulu menyebar, jaringan pemasarannya kuat. Jadi sulit kalau menyaingi keduanya,” katanya dalam penuturannya kepada Tempo.co

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Masuk Mako Satlantas Polres Pati, Wajib Ikuti Prosedur Ini

Masuk Mako Satlantas Polres Pati, Wajib Ikuti Prosedur Ini Patinews.com – Kota, Sebagai upaya antisipasi…

1 jam ago

Antisipasi Corona, Warga Desa Jimbaran Kayen, Tunda Pesta Hajatan

Antisipasi Corona, Warga Desa Jimbaran Kayen, Tunda Pesta Hajatan Patinews.com – Kayen, Demi keselamatandari wabah…

2 jam ago

Bikin Corona Lari, Kodim 0718 Terima Bantuan 10 Sprayer dari Gusdurian Pati

Patinews.com - Kota, NKRI Bersatu Melawan Corona itulah tema spanduk yang terpampang didepan Markas Kodim 0718/Pati…

3 jam ago

Masuki Area Setda Pati, Wajib Dicek Suhu Badan

Masuki Area Setda Pati, Wajib Dicek Suhu Badan Patinews.com – Kota, Pemerintah Kabupaten Pati terus…

5 jam ago

Senam Pagi Ala Polisi di Pati, Hadang Virus Corona

Senam Pagi Ala Polisi di Pati, Hadang Virus Corona PatiNews.Com - Kota, Antisipasi dilakukan oleh…

9 jam ago

Belum Ada Warga Pati Positif Corona, Satu PDP Masih Menunggu Hasil Lab

Belum Ada Warga Pati Positif Corona, Satu PDP Masih Menunggu Hasil Lab PatiNews.Com - Kota,…

11 jam ago