Pengajuan Nama Ratu Kalinyamat, Untuk Bisa Meraih Gelar Pahlawan

Patinews.com – Jepara, Nama besar Ratu Kalinyamat sebagai pemimpi perempuan di daerah pesisir pantai jawa bagian utara, sudah sangat melekat di tengah masyarakat Jepara.putri Raja Demak, Sultan Trenggono ini,tidak hanya sebagai mitos belaka, namun benar adanya. Hal ini di ungkapkan Sekda Sholih, dala focus Group Discussion (FGD), Menghidupkan Kembali Gagasan Menjadikan Ratu KalinyamatSebagai Pahlawan Nasional, pada Senin(15/4), di Jakata

Dikatakan sholih, Ratu Kalinyamat bukan sekedar mitos belaka, yang mana faktanya Beliau ( Ratu Kalinyamat) adalah pemimpin Jepara perempuan. Bekas wilayah kerajaan Ratu Kalinyamat kini menjadi nama desa dan Kecamatan.

“Kedepan ikon dan penamaan tentang Ratu Kalinyamat akan ditambah lagi,” ujar Sholih.

Kebenaran akan adanya sosok beliau (Ratu Kalinyamat), sebagai penguas Jepara dapat kita lihat dari berbagai sejarah yang ada. Misalnya, Masjid peninggalan Ratu Kalinyamat, yang ada di Desa Kriyan Kecamatan Kalinyamat, terdapat bukti reruntuhan.

“Makam Ratu Kalinyamat sendiri pun masih dapat kita lihat sampai sekarang ini,” katanya.

Bagi masyarakat Jepara, Ratu Kalinyamat, Ratu kalinyamat bukan hanya sosok pemimpin perempuan yang memiliki peran besar dalam sejarah peadaban berdrinya Kabupaten Jepara , tetapi juga bagi bangsa Indonesia. Hal tersebut dapat di lihat dari perjuangan beliau dalam mengusir penjajah yang jejeknya dapat di telusuri dari beberapa sumber literature.

“Salah satunya sumber primer berupa literatur dari portugis yang bisa kita lihat di tempat wisata Benteng Portugis dan berdasarkan informasi yang saya dapat,” kata Sholih

Baca juga:   Unit Reskrim Polsek Jaken Bekuk Seorang Pelaku Pengeroyokan, 21 Lainnya Masih Buron

Sholih sangat gembira dan bersyukur, tim pengkaji akademik, telah mendapatkan sumber primer tersebut. Ini tentu sangat penting. Jika selama ini karena keterbatasan sumber bahan pustaka yang ada, menjadikan upaya pewarisan nilai, semangat,cita-cita Ratu Kalinyamat ini mengalami hambatan. Diharapkan , dengan adanya sumber primer ini akan lebih membuka wawasan masyarakat dengan jelas akan sepak terjang RtauKalinyamat yang bukanlah sebuah mitos atau sekedar cerita tutur. Tetapi sumber sejarahya yang nyata.

Bagi pemkab Jepara, dengan di setujuinya pengusulan ini tentu sangatlah penting. Karena bukan hanya gelar Pahlawan Nasional dari Jepara saja, akan tetapi dengan gelar tersebut tentunya memberikan semangat bagi masyarakat Jepara pada khususnya maupun seluruh masyarakat indonesis pada umumnya untuk mengetahui sekaligus meneladani semangat perjuang dan kepahlawanan Ratu Kalinyamat. dan smoga dengan di berikanya gelar pahlawan bagi Ratu Kalinyamat akan menginspirasi anak-ana muda sekarang kusuhnya perempuan-perempuan di Indonesia bahwasanya kaum wanita itu tidak lemah.

“Saya berharap, mlaui Yayasan Dharma Bhakti Lestari dan kerlibatan banyak pihak, dapat menghasilkanruusan draf akaddemik yang lebih berbobot dan factual sehingga untuk pngususlan yang ke-3 ini, gelar pahlawan nasional dapat di berikan untuk Ratu Kalinyamat,” katanya. (Diskominfo Jepara/Dian)

Pengajuan Nama Ratu Kalinyamat, Untuk Bisa Meraih Gelar Pahlawan | patinews.com | 4.5

Leave a Reply