Categories: BeritaEdukasiNasional

Pendidikan Bela Negara Jelang Masa Liburan

Pendidikan Bela Negara Jelang Masa Liburan

Patinews.com – Kediri, Jelang libur Natal dan Tahun Baru, siswa/siswi SMPN 1 Kota Kediri mendapat pendidikan bela negara dari Koramil 01/Kota, dan kegiatan tersebut merupakan permintaan Kepala Sekolah SMPN 1 Kota Kediri yang sebelumnya melayangkan surat kepada Danramil Kota untuk dilaksanakan sebelum libur Natal dan Tahun Baru. Pendidikan bela negara yang berlangsung di halaman SMPN 1 Kota kediri tersebut, diikuti siswa/siswi yang duduk di kelas 1 (kelas 7) dan pelaksanaan kegiatan tersebut langsung diawasi oleh Drs. Priyo Pambudi, selaku guru pengajar, sekaligus penanggungjawab kegiatan tersebut, senin (19/12/2016)

Bati Tuud Koramil Kota, Pelda Endro Wibowo menjelaskan, pada pendidikan bela negara kali ini, beberapa materi seperti sikap baris berbaris ,serta bagaimana dalam melaksanakan setiap aktifitas upacara bendera yang sesuai ketentuan ,dan diakhir pendidikan bela negara, siswa/siswi SMP 1 Kota Kediri menerima wawasan kebangsaan berdurasi selama 30 menit. Setiap siswa/siswi setidaknya sudah harus paham setiap gerakan maupun aba-aba ,dan keserasian dalam setiap barisan.

Pada materi wawasan kebangsaan, Pelda Endro Wibowo mengingatkan pentingnya kerukunan antar umat beragama, khususnya bagi siswa/siswi SMPN 1 Kota kediri, dan dalam beraktifitas belajar di sekolah atau ketika berada di lingkungan masyarakat masing-masing, memahami segala perbedaan secara bijak. Selain itu, keberagaman yang ada di sekolah maupun di lingkungan masyarakat, bukan menjadi penghalang, melainkan justru memperluas pandangan untuk menyadari akan kehidupan yang majemuk.

Diakhir wawasan kebangsaan, Pelda Endro Wibowo berharap, semua siswa/siswi agar tidak mengkuti arus yang tidak sesuai dengan karakter dan kepribadian manusia Indonesia. Demikian juga setiap melihat sesuatu ajaran yang terlihat menyeleweng yang ada disekitarnya, hendaknya tidak perlu ditanggapi atau ikut-ikutan, karena saat ini, banyak sekali ajaran-ajaran yang justru bertolakbelakang dari latarbelakang yang sebenarnya.

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

35 Juta Masker Kain Untuk Jateng

PatiNews.Com - Jateng, 35 Juta Masker untuk Jateng, itulah gerakan yang dicetuskan Gubernur Jawa Tengah…

4 jam ago

Wajib Pakai Masker

  Patinews.com – Kota, Hari ini, Senin 06 April 2020, Bupati Pati Haryanto mengelurkan Surat…

6 jam ago

Polsek Cluwak Bergerak Terus, Untuk Memutus Rantai Penyebaran Virus

Patinews.com – Cluwak, Polsek Cluwak gencar melaksanakan woro-woro (pemberitahuan) dalam rangka untuk mengantisipasi penyebaran Virus…

6 jam ago

Kades Ngemplak Lor Bersama Relawan, Bagikan Sembako Gratis

Kades Ngemplak Lor Bersama Relawan, Bagikan Sembako Gratis PatiNews.Com - Margoyoso, Atas inisiatif dan anggaran…

8 jam ago

Pemkab Pati Terima Bantuan 1.000 APD

Pemkab Pati Terima Bantuan 1.000 APD PatiNews.Com - Kota, Hari ini Senin, 06 April 2020,…

9 jam ago

Kodim 0718 Bantu Pemenuhan Stok Darah PMI Pati

Kodim 0718 Bantu Pemenuhan Stok Darah PMI Pati PatiNews.Com - Kota, Ditengah kondisi dan situasi…

12 jam ago