Categories: AgroBerita

Peduli Pertanian, Wabup Saiful Arifin Minta Balingtan Pati Sebarkan Hasil Riset

Peduli Pertanian, Wabup Saiful Arifin Minta Balingtan Pati Sebarkan Hasil Riset

PATINEWS – JAKEN, Aksi peduli lingkungan pertanian dengan tema “Lahan sehat, Bangsa hebat” digelar di Gedung Auditorium Balingtan Jalan Jakenan – Jaken Km. 5 Kabupaten Pati. Senin, 2 Juli 2018.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Dandim Pati Letkol Arm Arief Darmawan, Kepala Badan Litbang Pertanian, Sekretaris Balitbang Pertanian, Dinas Ketapang, Dispertan, dan Camat Jaken.

Kepala Balingtan Dr Asep Nugraha Ardiwinata dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari bumi sedunia dan hari lingkungan hidup. “Memontem ini akan kita isi dalam beberapa aksi peduli lingkungan pertanian, antara lain Bimtek, gelar teknologi, bazar, lomba inovasi teknologi pertanian dan lomba mewarnai dengan mengusung tema Lahan sehat bangsa hebat,”.

“Tujuan utama yakni mengenalkan teknologi-teknologi ramah lingkungan sebanyak 21 produk, memperkenalkan produk pertanian yang sehat dan benas dari pencemara seperti residu pestisida dan logam berat, memperkenalkan sistem pertanian yang zero waste atau memanfaatkam limbah pertanian atau bahan disekitar kita untuk mendeteksi dan mengatasi pencemaran,” imbuhnya.

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin menambahkan, “Saya selalu menyempatkan diri untuk mampir dan berkoordinasi dengan Ka Balingtan terkait dunia pertanian untuk kemanfaatan bagi masyarakat Kabupaten Pati. Menciptakan atau produksi makanan, karena dengan ketersediaan pangan maka membuat kita nyaman,”.

Pihaknya menginginkan agar Balingtan memberikan sumbangsih dengan memperkenalkan hasil-hasil riset dan ilmu-ilmu tentang dunia pertanian kepada para petani khususnya diwilayah Kabupaten Pati sehingga petani, penggiat pertanian.

“Bagusnya hasil pertanian, tapi tidak didukung dengan penjualan atau market, maka dari itu perlunya upaya bersama agar pasar dan nilai jual bisa mempunyai standart harga, jadi ini merupakan PR bersama yang harus dipecahkan dan punya solusi tepat. Dengan banyaknya perusahaan-perusahaan besar, peternak ayam maka sekarang Kab. Pati menjadi lumbung ayam nasional,” ujar Saifn.

“Harapan kami agar seluruh desa di Pati dapat mengembangkan potensi masing-masing desa demi kemajuan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Pati,” tandasnya.

Sementara itu, Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan mengatakan, Dalam aksi peduli lingkungan ini adalah sangat penting dikarenakan kondisi Bumi kita dengan standar hanya diisi 5 milyar manusia, tapi kenyataan sekarang diisi sudah mencapai 7 milyar manusia, dan sekarang ini sudah mulai berebut energi dan pangan.

“Penilaian tersebut dikaitkan dengan energi apabila dikaitkan dengan terjadinya perang, energi kita hanya bisa mendukung kebutuhan perang selama 2 minggu maksimal. Untuk itu kita harus mempersiapkan generasi muda kita untuk meneruskan dan merawat bumi serta lingkungan kita,” ujarnya.

Usai Bimtek, dilakukan penanaman pohon oleh Kepala Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian bersama Forkopinda Kabupaten Pati dilanjutkan kunjungan ke Stan, Green house (rumah kaca) dan panen padi organik.

Aksi peduli lingkungan pertanian diselenggarakan selama 6 hari terhitung mulai tanggal 2 Juli hingga 6 Juli 2018 yang diikuti peserta 33 Provinsi (Nasional) yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup dan hari bumi. (PN/ wt)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Longsor Sepanjang 20 Meter Tutup Jalan di Desa Medani Cluwak, Warga Gotong Royong Bareng TNI-Polri

Longsor Sepanjang 20 Meter Tutup Jalan di Desa Medani Cluwak, Warga Gotong Royong Bareng TNI-Polri…

7 jam ago

Polsek Cluwak Dukung Program Polsanak

Polsek Cluwak Dukung Program Polsanak PatiNews.Com - Cluwak, Anak adalah bagian dari generasi penerus cita…

12 jam ago

6 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Memiliki gigi yang putih tentunya bisa membuat seseorang menjadi lebih percaya diri. Karena dengan memiliki…

19 jam ago

Percepat Layanan, Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Bakal Terima DAK

Patinews.com - Ekonomi, Bersama Wakil Bupati Pati Saiful Arifin dan Sekda Suharyono, Kepala Dinas Penanaman…

22 jam ago

Gubernur Jateng Dukung Penuh Event “Le Velo de Pati”

Patinews.com - Jateng, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut panitia Le Velo de Pati (LVdP)di…

22 jam ago

Tebing di Gunungsari Tlogowungu, Longsor Sepanjang 10 Meter

Dokumentasi: Polsek Tlogowungu Patinews.com - Tlogowungu, Tebing jalan cor yang terletak di Desa Gunungsari Kecamatan…

22 jam ago