Pati Terasa Lebih Dingin, Terpengaruh Musim di Australia?

Patinews.com – Kota, Dua hari terakhir, hawa dingin terasa menyelimuti wilayah Kabupaten Pati. Menurut BMKG, memang udara di pulau Jawa terasa sedikit lebih sejuk daripada biasanya. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) saat ini pulau Jawa mengalami musim kemarau.

Udara dingin yang menyelimuti pulau Jawa dipengaruhi oleh Monsoon Dingin Australia yang terjadi pada periode bulan Juni hingga September, atau puncak dari musim kemarau.

Saat ini, Benua Australia memang tengah mengalami musim dingin. Tekanan udara yang cukup tinggi membentuk sebuah antisiklon di Australia dengan massa udara yang bersifat dingin dan kering.

Adanya pola tekanan udara yang relatif tinggi di Australia dan rendah di Asia ini menyebabkan pergerakan massa udara dingin dan kering dari Australia ke Asia, dan melewati Indonesia.

Ternyata, kejadian ini tak hanya di wilayah Jawa saja yang mengalami fenomena musim dingin tersebut. Wilayah Bali, NTB dan NTT juga mengalami penurunan suhu udara pada malam dan dini hari.

Musim dingin juga menyebabkan suhu udara musim kemarau menjadi lebih dingin dari suhu udara musim hujan. Selain itu, pada musim kemarau kandingan air di dalam tanah juga semakin menipis, kandungan uap air di udara juga rendah, indikatornya bisa dilihat dari rendahnya kelembaban udara. Ini juga berpengaruh terhadap bertambah dinginnya udara. (*)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Bibit Kelapa Kopyor Pati Utara, Rambah Pasar Kalimantan

DUKUHSETI, PATINEWS.COM Musim Pandemi ini aktivitas bercocok tanam ternyata menjadi pilihan tersendiri bagi mereka yang…

23 September 2020

Lowongan Bank BCA untuk Posisi Program Bagi Kamu Fresh Graduate

Siapa bilang memiliki karir bank bagi para lulusan baru itu sulit? Buktinya lowongan bank BCA…

23 September 2020

Pengurus KONI Pati Resmi Dilantik, Momentum Tingkatkan Prestasi

Pengurus KONI Pati Resmi Dilantik, Momentum Tingkatkan Prestasi OLAHRAGA, PATINEWS.COM Bupati Pati Haryanto menghadiri pelantikan…

23 September 2020

Bersama Aparat, Pemdes Suwaduk Razia Jam Malam

Bersama Aparat, Pemdes Suwaduk Razia Jam Malam WEDARIJAKSA, PATINEWS.COM Sosialisasi melalui suaran langsung ”wara-wara” menggunakan…

23 September 2020

Kasus Covid-19 di Pati Tak Kunjung Melandai, Inikah Penyebabnya?

Kasus Covid-19 di Pati Tak Kunjung Melandai, Inikah Penyebabnya? PATI, PATINEWS.COM Bupati Pati Haryanto menyebutkan…

23 September 2020

Pendampingan Digital Marketing Sebagai Strategi Jitu di masa Pandemi oleh Mahasiswa KKN Tangguh UMSIDA 2020

Pendampingan Digital Marketing Sebagai Strategi Jitu di masa Pandemi oleh Mahasiswa KKN Tangguh UMSIDA 2020…

23 September 2020