Paling Banyak Bekas Rawa, 1.966 Bidang Tanah di Wotan Sukolilo Kini Bersertifikat

Patinews.com – Sukolilo, Sebanyak 1.966 sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2019 dibagikan Bupati Pati Haryanto kepada masyarakat Desa Wotan, Kecamatan Sukolilo, Pati Jateng. Kamis, 28 November 2019.

Acara penyerahan sertifikat tersebut dilaksanakan di depan Balai Desa Wotan Sukolilo.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, sangat banyak bidang tanah di Desa Wotan yang mendapat sertifikat melalui program PTSL. Sebab, Wotan memang memiliki tanah luas bekas rawa-rawa.

Alhamdulillah. Sekalipun banyak, di sini tidak ada yang lapor-melapor. Program ini dimanfaatkan, karena kalau mengurus secara reguler, biayanya mahal,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Desa Wotan Madekur bersyukur karena warganya bisa mendapat sertifikat tanah. Ia juga mengapresiasi kinerja Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Luas tanah di Wotan ini sangat luas. Bahkan ada warga yang sampai punya tanah 45 hektar. Lokasi tanahnya banyak rawa-rawa, jadi agak kesulitan mengukurnya. Namun, atas kerja keras BPN, 5.300 bidang tanah telah diukur. Dan hari ini 1966 sertifikat dibagikan,” lanjutnya.

Madekur menjelaskan, tanah yang diurus sertifikatnya oleh warga Wotan melalui PTSL ini mayoritas merupakan tanah pekarangan. Baru 500 pemohon yang mengajukan sertifikat tanah berupa sawah.

Pihaknya berharap, Desa Wotan kembali mendapat jatah PTSL pada 2020. Sehingga, seluruh bidang tanah di Wotan bisa tuntas terdaftar.

Adapun, Kepala BPN Kabupaten Pati Yoyok Hadi Mulyo Anwar mengatakan, jika masih ada di antara warga Desa Wotan yang tanahnya belum diukur atau didaftar, mereka dipersilakan untuk mengajukannya ke BPN.

Pada 2020 mendatang, Kabupaten Pati mendapat jatah PTSL 48.800 bidang. Adapun jatah pengukuran 60.000 bidang,” jelasnya.

Yoyok mengungkapkan, pada 2023, ditargetkan seluruh bidang tanah di Kabupaten Pati telah tuntas tersertifikasi. (pn/ hms)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Mahasiswa KKNT UPGRIS Gelar Webinar Bijak Berikan Gawai pada Anak

EDUKA, PATINEWS.COM Kuliah Kerja Nyata atau yang sering disebut dengan KKN merupakan sebuah program yang…

15 September 2020

Digelar Virtual, Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Pati Peroleh Materi Wasbang

PATI, PATINEWS.COM Dalam rangka memupuk kecintaan kepada Negara dan Bangsa, tidak henti-hentinya Kodim 0718/Pati memberikan…

15 September 2020

Banser Pengawal Ulama’ Kyai, Habib dan NKRI

Penulis : Imam Muhlis Ali, S.Pd I* Sudah kesekian kali beberapa penceramah agama, pesohor, pejabat…

15 September 2020

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda PATI, PATINEWS.COM Guna memaksimalkan Badan Usaha Milik…

15 September 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020 MARGOYOSO, PATINEWS.COM…

15 September 2020

Sosialisasi Jam Malam, Ini Yang Dilakukan Muspika Tlogowungu

TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM, Muspika Tlogowungu beserta anggota Koramil 13/Tlg,  Polsek Tlogowungu dan Satpol PP  Kecamatan Tlogowungu …

15 September 2020