Padat Karya Tunai, Harapan Petani Wegil Sukolilo

Padat Karya Tunai, Harapan Petani Wegil Sukolilo

PatiNews.com – Sukolilo, Desa Wegil, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati melakukan kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) dengan membuka akses jalan baru pertanian sejauh hampir 1.5 km dengan lebar 3.5 meter yang dilaksanakan selama tujuh hari, kegiatan ini diikuti oleh Babinkamtibmas, unsur BPD, Pemuda Karangtaruna, Gapoktan, dan jajaran pemerintahan Desa Wegil khususnya. (5/12)

Turut hadir Pendamping Lokal Desa (PLD) dan Pendamping Desa di Kecamatan Sukolilo yang senantiasa mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pembangunan sarana dan prasarana bagi masyarakat Desa Wegil.

Program Padat Karya Tunai (PKT) ini merupakan program baru dari pemerintah untuk pengefektifan penggunaan Dana Desa di tahun 2018 yang mana diharapkan memberikan lapangan kerja baru bagi warga masyarakat setempat khususnya warga miskin dengan pemberian upah harian atau mingguan. PKT di Desa Wegil dilaksankan pada tahap 3 pencairan Dana Desa yang dialokasikan untuk membuka akses jalan pertanian yaitu penghurugan jalan di tiga lokasi yaitu Ngebis Etan, Ngebis Ngulon, dan Kali Tangeh dengan besaran proyek pengerjaan senilai Rp. 148.930.000 rupiah.

Untuk pembayaran upah sendiri dilakukan setiap hari dengan besaran upah Rp. 100.000 rupiah untuk setiap pekerja. Program ini dikerjakan 40 pekerja secara swakelola yang mana mayoritas warga kurang mampu yang dipekerjakan.

Dengan membuka jalan baru diharapkan mampu memperlancar akses transportasi bagi petani sehingga ketika panen tiba biaya akomodasi bisa ditekan lebih murah dan memudahkan bagi petani untuk menjual hasil gabahnya. Sebelum dibuka jalan ini merupakan jalan yang hanya bisa dilewati kendaraan bermotor, ketika musim hujan seperti sekarang akses jalan sulit dilalui karena banjir dan tergenang lumpur.

Selain itu, kegiatan ini juga mampu mendongkrak perekonomian masyarakat dengan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat (Lilik Sugiyanto, selaku Sekretaris Desa Wegil). Menurut Sulikan selaku petani yang sering memanfaatkan jalan ini mengucapkan terimakasih pada Pemerintah Desa Wegil atas kepeduliannya mengakomodir usulan-usulan dari para Petani sehingga Petani Wegil dapat menikmati hasil panen tanpa terbebani biaya transportasi yang mahal sehingga nantinya mampu menjadi Petani yang jaya di daerah sendiri. (pn/ kp)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Kisah Gonggik, warga Sluke Rembang yang selamat dari Kejadian Tebing Longsor di Desa Blimbing

REMBANG,Dua orang meninggal dunia dan satu orang terluka akibat tebing longsor di lokasi tambang Desa…

28 Mei 2020

Virus Malas, Merusak Kehidupan Dunia dan Akhirat

Virus malas yang menjangkiti setiap manusia merupakan biang penyakit yang sangat berbahaya dan merusak kehidupan…

28 Mei 2020

Serahkan Bantuan Paket APD ke Puskesmas, Endro Dwi Cahyono Beri Motivasi Petugas Medis

Patinews.com – Wedarijaksa, Endro Dwi Cahyono didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, dr. Edy Siswanto…

28 Mei 2020

Tepis Isu Liar di Medsos, Bupati Pati Beri Klarifikasi Anggaran Penanganan Covid-19

PATINEWS.COM - KOTA, Usai melaunching Sistem Antrian Online BPJS di Pendopo Kabupaten Pati Kamis (28…

28 Mei 2020

Pertama di Indonesia, Puskesmas di Pati Punya Sistem Antrian Online Terintegrasi Mobile JKN

Pertama di Indonesia, Puskesmas di Pati Punya Sistem Antrian Online Terintegrasi Mobile JKN PatiNews.Com -…

28 Mei 2020

Lomban Kupatan Tayu, Sementara Ditiadakan

Lomban Kupatan Tayu, Sementara Ditiadakan PatiNews.Com - Tayu, Tepat tujuh hari pasca hari raya idul…

28 Mei 2020