Categories: wisata

Obyek Wisata Kabupaten Pati Terlengkap 2017

Patinews.com – Wisata, Terletak di jalur Pantura (Pantai Utara) Jawa, Kabupaten Pati, Jawa tengah menyimpan sejuta potensi wisata alam, budaya dan religi. Untuk wisata alam memang dalam hal ini masih kalah jika dibandingkan dengan Kabupaten tetangga, yaitu Jepara, dalam hal pengelolaannya. Letak Kabupaten Pati yang strategis, dilewati jalur Pantura Jawa, membuatnya mudah dijangkau. Anda yang bepergian dari Jakarta atau Surabaya dengan perjalanan darat pasti melewati Kabupaten ini. Dan berikut kami rangkum berbagai potensi obyek wisata Kabupaten Pati.

JWF (Juwana Water Fantasy)

Obyek wisata buatan ini tergolong masih baru, wisata air ini terletak di Jl. Raya Juwana – Rembang, di Kecamatan Batangan. Letaknya yang sangat strategis di pinggir jalan Pantura membuatnya mudah diakses. Dari pusat kota Pati dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat sekitar setengah jam, berjarak kurang lebih dua puluh kilometer.

Obyek wisata juwana water fantasy, Batangan – Pati

Sekilas obyek wisata andalan Kabupaten Pati ini mirip dengan WBL (Wisata Bahari Lamongan) dari segi pengelolaannya. Disini anda bisa menikmati berbagai wisata air, seperti water boom, water canon dengan harga yang sangat terjangkau. Juwana water fantasy memang layak untuk melepaskan penat anda setelah sepekan bekerja. pengunjungnya tidak hanya dari Kabupaten Pati, tapi juga dari luar kota, seperti Kudus, Jepara, Rembang, Blora dan Grobogan.

Kebun Kopi Jolong

Satu lagi obyek wisata di Kabupaten Pati yang tak kalah menarik, Kebun Kopi Jolong terletak di Desa Jolong di Kecamatan Gembong. Dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat, dengan waktu tempuh kurang lebih empat puluh lima menit, dengan jarak tempuh kurang lebih dua puluh lima kilometer dari pusat Kota Pati.

Mengandalkan pesona alamnya yang mengagumkan, cocok untuk kegiatan camping (kemah), outbond dan tentunya agrowisata. Sekilas pemandangannya tidak kalah dengan pemandangan kebun teh di Lembang, Jawa Barat. Jalannya yang kurang terawat akan terbayar lunas saat anda menyaksikan keindahannya, dengan udara yang sejuk dan segar akan merelaksasi tubuh anda.

Waduk Seloromo Gembong

Bagi anda yang sering melakukan wisata religi ke Sunan Muria Kudus, sudah pasti mengetahui wisata alam buatan ini. Karena, biasanya bus – bus wisata dari Gunung Muria melewati daerah ini, yang merupakan salah satu jalur alternatif menuju ke Pati. Letaknya yang strategis dipinggir jalan Gembong – Colo, membuat obyek wisata ini banyak dikunjungi para pelancong.

Waduk ini juga dimanfaatkan warga untuk mencari Ikan, dan bercocok tanam di pinggir – pinggir danau. Untuk remaja yang suka poto selfie, tempat ini cocok untuk berfoto – foto ria, dengan latar belakang pegunungan Muria yang sangat indah.

Dengan jarak kurang lebih dua puluh lima kilometer dari pusat kota Pati, waduk ini dapat ditempuh dengan moda transportasi roda dua maupun roda empat dengan waktu tempuh kurang lebih empat puluh lima menit.

Makam KH. Ahmad Mutamakkin

Kabupaten Pati juga banyak tokoh – tokoh dan ulama – ulama terkenal, diantaranya adalah KH. Mutamakkin. Makam beliau terletak di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso. Obyek wisata religi ini dapat ditempuh dengan waktu kurang dari setengah jam, dengan jarak 18 kilometer ke arah utara Kota Pati.

Setiap tanggal 10 Muharram, tempat ini penuh sesak oleh para peziarah, kebanyakan peziarah datang dari luar daerah, baik dari Jawa maupun luar pulau Jawa. Lingkungannya yang dikelilingi oleh pondok pesantren, membuat suasananya sungguh menentramkan jiwa. Desa Kajen yang terkenal dengan desa Santri ini memang sudah banyak didatangi para tokoh terkenal, seperti mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, Gusdur dan KH. Din Syamsudin. Di komplek makam ini juga ada makam KH. Sahal Mahfudz, salah satu ulama besar Indonesia dari Desa Kajen, Margoyoso.

Waduk Gunungrowo

Waduk yang satu ini merupakan andalan wisata alam buatan Kabupaten Pati yang terlatak di Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong. Dapat ditempuh dengan motor maupun mobil dengan jarak kurang lebih tiga puluh kilometer dan dengan waktu tempuh kurang dari setengah jam.

Bagi anda penyuka ikan air tawar, disini banyak warung ikan bakar maupun goreng yang siap anda nikmati sembari menikmati keindahan alam Gunung rowo dan anda juga bisa menunggu ikan selesai di bakar dengan memancing di tepi waduk. Ikan yang ditawarkan ada ikan nila, ikan mujair, udang air tawar dan lainnya.

Pintu Gerbang Majapahit

Pintu Gerbang Majapahit terletak di Desa Muktiharjo / Rendole, Kecamatan Margorejo. Jarak tempuhnya hanya sekitar lima kilometer dari pusat kota Pati, dengan waktu tempuh hanya sepuluh menit.  Obyek wisata ini bisa dikategorikan dalam wisata sejarah, karena adanya nama kerajaan Majapahit disitu, dan ini memang salah satu pintu gerbang dari kerajaan Majapahit.

Goa Pancur Kayen

Goa Pancur terletak di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen. Dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan jarak kurang lebih dua puluh kilometer dan dengan waktu tempuh sekitar tiga puluh menit saja, ke arah selatan dari Kota Pati.

Wisata alam ini secara geografis terletak di pegunungan Kendeng yang merupakan salah satu pegunungan kapur / karst di jawa tengah. Goa pancur sangat indah untuk dikunjungi, dengan sungai yang mengalir di bawahnya dan diatas gua ada bebatuan stalagtit yang menggantung. Di luar goa ada semacam waduk yang dapat anda nikmati dengan santai untuk melepas penat.

Sendang Tirto Marto Sani

Terletak di Desa Tamansari, Kecamatan Telogowungu, sendang tirto marto sani merupakan obyek wisata kabupaten pati menarik lainnya yang wajib anda kunjungi. Berjarak kurang lebih dua belas kilometer dari pusat kota Pati, dapat ditempuh dengan waktu perjalanan kurang dari lim belas menit.

Obyek wisata ini mengandalkan kolam pemancingan dan pesona sendang yang asri dan tentram. Dengan dilengkapi areal parkir yang luas, anda tidak perlu khawatir dengan layanan obyek wisata ini.

Bukit Pandang Durensawit Kayen

Bukit Pandang Ki Santa Mulya berada di Desa Durensawit Kecamatan Kayen, memiliki panorama keindahan dari atas bukit yang dipadu dengan banyaknya spot selfie untuk para penggila swa foto. Wayang Ucul, Sangkar Burung dan Rumah pohon adalah spot andalan objek wisata alam ini.

Air Terjun Lorota Semar dan Ndrokilo Kayen

Air Terjun Lorotan Semar, air terjun Ndrokilo dan Bukit Kandangan terletak di Desa Sumbersari Kecamatan Kayen, tak jauh juga letaknya dengan bukit pandang Ki Santa Mulya. Dengan pengelolaan karang taruna desa setempat, surga tersembunyi di Pati ini menjelma menjadi salah satu wisata favorit di wilayah eks karesidenan Pati.

Puncak Arga Pesona Beketel

Setelah ke Bukit Pandang dan Lorotan Semar tak lengkap kiranya jika anda tak menginjakkan kaki di Puncak Arga Pesona, yang terletak di Desa Beketel Kecamatan Kayen, jaraknya kira – kira lima kilometer dari Air terjun lorotan Semar.

Demikianlah rangkuman dari obyek – obyek wisata yang ada di Kabupaten Pati.

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Kasi Humas Polsek Jakenan, Bantu Obati Warga Digigit “Ulo Ijo”

Patinews.com - Jakenan, Disamping melaksanakan tugas sehari hari sebagai Kasi Humas Polsek Jakenan, Aiptu Pudiyanto sering kali di Datangi warga…

7 menit ago

Bupati Pati Soroti Dampak Keterlambatan Pembayaran Listrik

Patinews.com - Kota, Bupati Pati Haryanto menandatangani perjanjian kerjasama dengan PT. PLN UP3 Kudus dan RS Mitra Bangsa di ruang…

53 menit ago

Dari Pelatihan, Wabup Harap Bermunculan Inovasi Batik Khas Pati

Dari Pelatihan, Wabup Harap Bermunculan Inovasi Batik Khas Pati PatiNews.Com - Juwana, Selama ini, batik identik berasal dari Solo dan…

2 jam ago

Bocah SD Sesaki Area Pemusnahan Miras, Bupati Pati Ubah Rasa Penasaran Anak Menjadi Bahan Pembelajaran

Bocah SD Sesaki Area Pemusnahan Miras, Bupati Pati Ubah Rasa Penasaran Anak Menjadi Bahan Pembelajaran PatiNews.Com - Kota, Kegiatan pemusnahan…

4 jam ago

Musnahkan Barang Bukti, 8000 Botol Miras Digilas Selender

Musnahkan Barang Bukti, 8000 Botol Miras Digilas Selender PatiNews.Com - Kota, Pemusnahan Barang Bukti dan Rampasan Miras Oleh Kejaksaan Negeri…

8 jam ago

Pati Inovation Award 2020, Digelar Hingga 5 Maret

Pati Inovation Award 2020, Digelar Hingga 5 Maret PatiNews.Com - Kota, Adanya pergeseran ekonomi berbasis industri menuju ekonomi berbasis pengetahuan menunjukan bahwa…

8 jam ago