Mahasiswi KKN Universitas Sebelas Maret, Ajarkan Pentingnya Jaga Diri Saat New Normal di Desa Raci

Foto kegiatan sosialisasi new normal kepada warga Desa Raci

BATANGAN, PATINEWS.COM

COVID-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh sindrom pernapasan akut coronavirus 2 (severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 atau SARS-CoV-2). Virus ini merupakan keluarga besar Coronavirus yang dapat menyerang hewan. Ketika menyerang manusia, Coronavirus biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernafasan, seperti flu, MERS (Middle East Respiratory Syndrome), dan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome). Seluruh dunia mengikuti masa pandemic demi memutus penularan covid-19 (Ilmiyah, 2020).

Salah satu wilayah di Jawa Tengah yang terkena wabah virus corona ini adalah Kabupaten Pati. Kabupaten Pati pada bulan April berstatus zona merah ketika ada salah satu warga yang positif Covid 19. Walaupun Pemerintah sudah membuat kebijakan semaksimal mungkin untuk menghambat penyebaran virus corona, namun masih banyak masyarakat yang belum memahami betul mengenai baha virus corona ini. Masih banyak masyarakat yang tidak menerapkan sikap social distancing dan physical distancing. Sehingga berdampak pada semakin banyaknya orang yang terkena virus corona. Oleh karena itu dengan adanya KKN Covid 19 ini, diharapkan mahasiswa dapat memberikan wawasannya kepada masyarakat sekitar agar mereka sadar pentingnya menjaga diri dan kesehatan masing-masing.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata adalah kegiatan yang dilakukan mahasiswa program S1 dilaksanakan dalam bentuk pengintegrasian antara kegiatan- kegiatan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian.serta Pengabdian kepada Masyarakat secara interdisipliner yang diserahkan langsung kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) yang secara hirarki bertanggung jawab langsung kepada rektor (Hidayati, 2013). Pada mulai bulan April UNS mengalihkan KKN yang tadinya offline atau terjun langsung ke desa desa berubah kebijakan menjadi online. Mahasiswa dan Mahasiswi semester 6 yang sudah menginput KKN pada Kartu Rencana Studi (KRS) harus melaksanakan KKN ini. KKN yang diangkat mengenai Covid 19, dimana mempunyai 5 tema besar yang akan diusung.

Keistimewaan KKN online ini yaitu mahasiswa tidak berkelompok seperti tahun-tahun sebelumnya tetapi individu dimana masing-masing mahasiswa melakukan KKN di daerah domisili yang ditempatinya. KKN ini dibagi menjadi III batch yaitu dimulai dari bulan April-Juli.

Pada pertengahan bulan Mei-Juni 2020 Mahasiswi KKN Covid-19 UNS mengadakan kegiatan sosialisasi mengenai cara menjaga diri agar terhindar dari Covid-19 di Desa Raci, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati, Jawa Tengah dimana Covid 19 ini merupakan penyakit yang telah mengancam seluruh dunia. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswi UNS yang bernama Vinda Rahayu Nur Hapsari dengan Bapak Prof. Dr. H. Wakit. A. Rais, M. Hum selaku dosen pembimbing lapangan.

Kegiatan sosialisasi covid mengenai pentingnya jaga diri pada saat new normal, mahasiswi KKN di Desa Raci memberikan penjelasan mengenai virus corona beserta dengan gejala yang muncul dan cara pencegahan. Namun, tidak hanya itu Vinda Rahayu sebagai pelaksana program sosialisasi ini juga mengajarkan kepada warga Desa Raci tentang cara hidup yang benar agar terhindar dari virus corona yaitu seperti mencuci tangan yang benar, menggunakan masker saat keluar rumah, dan menggunakan desinfektan untuk benda yang sering dipegang.

Kali ini, mahasiswa tidak hanya melakukan sosialisasi saja tetapi memberikan praktek langsung cara membuat ember cuci tangan yang sederhana yang bisa dipakai di depan rumah, membuat desinfektan dengan bahan yang mudah diperoleh, memberikan sabun kepada warga agar tangan benar-benar bersih, serta memberikan edukasi melalui media sosial melalui video ataupun poster memuat info yang akurat dengan sumbernya WHO.

Warga Desa Raci merasa bersyukur karena dapat menambah ilmu dengan adanya program KKN yang digelar beberapa minggu.

“KKN sangat membantu kami karena kami bisa dijelaskan mengenai virus corona, cara mencuci tangan yang bersih, memakai masker yang benar karena itu sangat membantu kami untuk mengatasi atau menjaga diri dari keadaan ini,” papar Puji seorang warga Desa Raci.

Hasilnya, warga Desa Raci akan lebih siap dalam menghadapi new normal.

(*)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Di Solo, Wajib Coba Kuliner ini

Di Solo, Wajib Coba Kuliner ini Belum ke Solo kalau belum mencoba kuliner dengan citarasa…

25 September 2020

Senangnya Mbah Dadiguno, Rumahnya Selesai Direhab

BATANGAN, PATINEWS.COM Dandim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani,SE, M.I.Pol didampingi Forkopincam Batangan, Kades Bulumulyo…

25 September 2020

Bersyukur Ditengah Pandemi Covid-19

Bersyukur Ditengah Pandemi Covid-19 MARGOYOSO, PATINEWS.COM Kita masih bersyukur dengan keadaan sekarang. Meski masih dalam…

25 September 2020

Ulama Diharapkan Ikut Kampanyekan Protokol Kesehatan

Ulama Diharapkan Ikut Kampanyekan Protokol Kesehatan PATI, PATINEWS.COM Bupati Pati Haryanto, kembali mengikuti istighosah rutin…

25 September 2020

Infografis Pelabuhan Bajomulyo 23 September, 17 Kapal Masuk Nilai Produksi 5,9 M

JUWANA, PATINEWS.COM Rabu, 23 September 2020, data infografis yang dirilis Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Bajomulyo,…

24 September 2020

Mushola di Kali Putih Plaosan, Dapat Perhatian Kodim Pati

CLUWAK, PATINEWS.COM Kodim 0718/Pati bersama Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kankemenag Kabupaten Pati menyerahkan bantuan untuk…

24 September 2020