Mahasiswa FTIK Universitas Semarang, Terapkan Sistem webERP di Perusahaan Ekspor Impor

Mahasiswa FTIK Universitas Semarang, Terapkan Sistem webERP di Perusahaan Ekspor Impor
Mahasiswa FTIK Universitas Semarang, Terapkan Sistem webERP di Perusahaan Ekspor Impor

PatiNews.com – Edu, Mahasiswa Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang menerapkan sistem ERP berbasis WEB pada Perusahaan CV. Sejahtera Bersama, Semarang. Tiga mahasiswa yakni Aditya Evan Cahyarto, Ardian Kurnia Adi, dan Fardian Dwi Cahya mengadakan eksplorasi pada perusahaan ekspor import.

Sistem ini menerapkan sistem pada pengelolaan barang pada CV.Sejahtera Bersama yang terletak di Semarang Indah Blok D14 No.11, Kota Semarang yang dikarenakan untuk pengelolaan barang disana masih secara manual atau belum terkomputerisasi sepenuhnya.

Pemrograman yang memperkenalkan suatu aplikasi bisinis bernama ERP (Enterprise Resource Planning) adalah suatu sistem informasi bisnis manajemen yang dapat digunakan secara gratis yang mencakup fungsionalitas seperti penjualan, pembelian dan finansial. Untuk penerapan sistem ini sangat sederhana, karena hanya membutuhkan Web Browser dan Adobe Reader sebagai output dari hasil proses pendataan dan manajemen.

WebERP yang telah diterapkan pada perusahaan ekspor impor CV. Sejahtera Bersama diharapkan mampu mengintegrasi data secara menyeluruh sehingga dalam perusahaan tersebut dapat mendata penjualan, pembelian, dan finansial secara tepat dan akurat.

Baca juga:   Mahasiswa Universitas Semarang, Buat Sistem Pendukung Keputusan Penentu Siswa Berprestasi di SDN Kedungmundu

“WebERP itu salah satu Enterprise Resource Planning (ERP) yang berbasis WEB. Dia OpenSource secara gratis, jadi kita bisa pakai secara free. Apalagi sekarang, pada tahun ini webERP semakin berkembang lebih pesat dan sudah tak asing lagi di telinga masyarakat ataupun dalam dunia teknologi digital,” Ujar Evan, salah satu mahasiswa.

Sementara mahasiswa lainnya, Ardian & Fardian mengaku berharap kegiatan ini membuat dirinya bisa mendapatkan pengalaman lebih terkait penerapan sistem ini. Serta membantu mensosialisasikan adanya sebuah aplikasi web bisnis manajemen yang bernama webERP secara gratis dan cukup bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi kerja.

“Memanfaatkan teknologi yang tepat dan akurat akan menghasilkan output yang lebih baik untuk kemajuan perusahaan ekspor impor aksesoris dan alat komputer CV. Sejahtera Bersama dari persaingan dagang,” pungkasnya. (pn/ )

Mahasiswa FTIK Universitas Semarang, Terapkan Sistem webERP di Perusahaan Ekspor Impor | patinews.com | 4.5

Leave a Reply