Categories: Featured

Lockdown, Ngabuburit Mancing Aja

Oleh: Dwi Rizti Rahmawati

Aktivitas dibatasi untuk keluar dari zona nyaman, apa yang bisa dilakukan untuk mengisi kosongnya waktu menunggu adzan Maghrib..? Mancing menjadi salah satu alternatif terhemat untuk ngabuburit. Ngabuburit hemat, aman, menyenangkan, dan tentunya menghasilkan. Mengapa dapat dikatakan hemat..? karena tidak membutuhkan biaya banyak atau bahkan tidak mengeluarkan biaya sepeserpun. Aman karena tidak berada di kerumunan orang banyak, menyenangkan karena dapat menghilangakn rasa penat dari seharian bekerja ataupun kuliah. Menghasilkan, tentunya akan menghasilkan ikan yang sudah kita pancing dan cocok buat dimasak untuk menu sahur di hari esok.

Haikal Lutfi Saputra, atau yang sering dipanggil Lutfi pemuda asal Undaan – Kudus yang memanfaatkan waktu luang menunggu adzan maghrib untuk memancing, karena baginya memancing dapat mengilangkan kejenuhan walaupun sesaat dan dapat menghilangkan kepenatan setelah beraktivitas seharian.

“Semua tempat wisata ditutup, puasa kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya mbak, dirumah terus ya bosen, jenuh. Kegiatan satu-satunya yang murah dan aman ya memang mancing, sebenarnya masih banyak kegiatan yang dapat dilakukan tapi saya sukanya mancing, jadi ya mancing aja.” ujarnya.

Ia biasanya mancing di tanggul yang berada di sebelah barat rumahnya, karena disana terdapat aliran air dari sungai yang lumayan banyak ikannya. Tak sendirian, lutfi memancing bersama dengan temannya bahkan juga ada orang yang lain desa ikut memancing disana. Dengan adanya virus corona ini membuat semua orang tidak dapat berpergian, biasanya ngabuburit mencari takjil atau sekedar keliling kota, kini hanya dapat beraktivitas dilingkungan rumah saja.

”Memang ini tampak biasa menurut orang, menghabisakan banyak waktu nungguin ikan makan umpan, kalo saya orangnya manut aja, pemerintah menghimbau buat dirumah aja ya saya manut dari pada kenapa-kenapa yang rugi saya sendiri mbak, mancing memang keluar dari rumah, tapi ya ngga usah jauh-jauh dan pastinya tetap jaga jarak aman.” ungkapnya lagi.

“Toh mancing juga dapat melatih kesabaran kita, ngga butuh waktu lama, 3 – 5 menit ikan udah nyantol aja di mata pancing, waktunya juga lumayan dari jam 4 sampai jam 5, udah dapat ikan 5 – 7 ekor, lumayanlah buat menu sahur besok pagi.” Ujarnya lagi.

Di bulan Ramadhan apa saja dapat dilakukan yang penting bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Akan tetapi tetap harus patuh pada aturan dari pemerintah untuk selalu jaga jarak aman dan jangan berpergian dikota yang sudah terjangkit wabah corona.

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Di Solo, Wajib Coba Kuliner ini

Di Solo, Wajib Coba Kuliner ini Belum ke Solo kalau belum mencoba kuliner dengan citarasa…

25 September 2020

Senangnya Mbah Dadiguno, Rumahnya Selesai Direhab

BATANGAN, PATINEWS.COM Dandim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani,SE, M.I.Pol didampingi Forkopincam Batangan, Kades Bulumulyo…

25 September 2020

Bersyukur Ditengah Pandemi Covid-19

Bersyukur Ditengah Pandemi Covid-19 MARGOYOSO, PATINEWS.COM Kita masih bersyukur dengan keadaan sekarang. Meski masih dalam…

25 September 2020

Ulama Diharapkan Ikut Kampanyekan Protokol Kesehatan

Ulama Diharapkan Ikut Kampanyekan Protokol Kesehatan PATI, PATINEWS.COM Bupati Pati Haryanto, kembali mengikuti istighosah rutin…

25 September 2020

Infografis Pelabuhan Bajomulyo 23 September, 17 Kapal Masuk Nilai Produksi 5,9 M

JUWANA, PATINEWS.COM Rabu, 23 September 2020, data infografis yang dirilis Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Bajomulyo,…

24 September 2020

Mushola di Kali Putih Plaosan, Dapat Perhatian Kodim Pati

CLUWAK, PATINEWS.COM Kodim 0718/Pati bersama Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kankemenag Kabupaten Pati menyerahkan bantuan untuk…

24 September 2020