Libatkan 60 Penari dan 40 Pemusik, SMA PGRI 2 Kayen Mainkan Tari Kolosal Wasis Joyokusumo

Libatkan 60 Penari dan 40 Pemusik, SMA PGRI 2 Kayen Mainkan Tari Kolosal Wasis Joyokusumo

PatiNews.Com – Kota, Dengan melibatkan 60 penari dan 40 pemusik marching band, siswa SMA PGRI 2 Kayen yang dikemas dalam tari kolosal Wasis Joyokusumo, ikut berpartisipasi prosesi kirab hari jadi Kabupaten Pati ke 696. Rabu, 7 Agustus 2019.

Warga Kabupaten Pati hari ini tumpah ruah untuk menyaksikan jalanny Kirab Prosesi Hari Jadi Kabupaten Pati ke-696.

Bupati Pati Haryanto menyampaikan harapannya agar prosesi kirab boyongan bisa dimanfaatkan warga masyarakat khususnya generasi muda untuk belajar sejarah tentang Pati.

“Sayang bila momentum lima tahunan ini dilewatkan sebab prosesi boyongan ini merupakan tonggak berdirinya Kabupaten Pati. Sehingga ini sekaligus bisa jadi ajang edukasi tentang Sejarah Pati”, ujarnya.

Baca juga:   Bupati Pati Haryanto Hadiri Dukuhseti Bersholawat #2

Ditempat yang sama, Ahmadi, Kabag Humas Setda Kabupaten Pati yang juga merupakan salah satu penulis Buku Sejarah Pati menjelaskan kirab bahwa kirab itu disebut sebagai tonggak berdirinya kabupaten lantaran boyongan yang terjadi pada tahun 1323 itu diyakini sebagai tahun pindahnya Kadipaten Pesantenan dari Desa Kemiri ke Desa Kaborongan untuk kemudian menjadi Kabupaten Pati.

Hal itu, menurut Ahmadi, dikuatkan dengan Perda Nomor 2 Tahun 1994 yang telah menetapkan tanggal 7 Agustus 1323 sebagai Hari Jadi Kabupaten Pati.

Prosesi tahun ini diawali dengan pengambilan duplikat pusaka Kuluk Kyai Kanigoro dan Keris Kyai Rambut Pinutung di Pendopo Genuk Kemiri.

Kedua pusaka ini selama ini terpampang pada lambang Kabupaten Pati. (pn/ red).

Libatkan 60 Penari dan 40 Pemusik, SMA PGRI 2 Kayen Mainkan Tari Kolosal Wasis Joyokusumo | patinews.com | 4.5

Leave a Reply