Kupatan, Obyek Wisata di Rembang Dibanjiri Para Wisatawan

REMBANG. Sejumlah obyek wisata di Kota Rembang sudah banyak dibanjiri pengunjung selama mengisi libur lebaran samapai libur kupatan kemarin. Pada jum’at 14 juni 2019 terlihat banyak para wisatawan yang berkunjung ke beberapa tempat wisata yang ada di Rembang sehingga mengakibatkan kemacetan disepanjang jalur pantura dari arah barat sampai arah timur padahal masa libur lebaran sudah selesai.

Bukan hanya wisatawan dari Kota Rembang sendiri tetapi ada yang dari luar kota yang ingin berwisata kota Rembang terutama berwisata di pantai. Dari sepanjang pinggi jalan pantura dari tempat wisata Pantai Pasir Putih Wates, Pantai Dampau Awang Beach atau Pantai Kartini, Hutan Mangrove atau Jembatan Merah, Pantai Nyamplung, Pantai Karangjahe Beach, Pantai Caruban, Pantai Jatisari dan Pantai Balongan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang, Dwi Purwanto menyebutkan dari jumlah total kunjungan wisata pada tahun ini harus mencapai target yang lebih banyak dari tahun kemarin. Ia juga mengatakan obyek wisata favorit di Kota Rembang sekarang ini adalah Objek Wisata Karang Jahe Beach dengan jumlah pengunjung sebanyak 1.385.548 orang.

“Capaian tersebut masuk dalam 10 besar destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah,” ungkapnya.

Pada libur kupatan Pantai Taman Kartini terlihat sangat ramai oleh para pengunjung padahal pada hari-hari biasa atau hari libur sangat sepi oleh pengunjung. Pada acara kupatan ini para pengunjung Pantai Kartini hampir 3 kali lipat dengan hari-hari biasanya. Para pengunjung sengaja datang ke Rembang untuk mengikuti acara kupatan yang diadakan di Kota Rembang dan sekaligus berwisata bersama keluarga yang kebanyakan para pengunjung berasal dari Blora.

Baca juga:   Penemuan Sosok Mayat Gegerkan warga Desa Ngawen Margorejo

“Bisa mengisi waktu libur lebaran dengan berwisata ke pantai, sekaligus memperkenalkan pada anak-anak tentang tradisi kupatan yang ada di Rembang. Dan di pantai sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga dan anak-anak juga lebih senang ketika bisa bermain air dipinggir pantai, dan dapat bercengkrama bersama keluarga hanya dengan menggelar tikar, sehingga sangat cocok ketika ingin berlibur di Pantai yang ada disini.”. Ujar salah satu pengunjung Arman (38).

Pihak pengelola sudah mempersiapkan menjelang libur lebaran dengan upaya melakukan beberapa renovasi yang bersifat fisik. Seperti penataan tempat bagi para pedagang dan menambah spot swafoto, dan para pengunjung bisa berenang dipantai dengan menggunakan ban atau kapal karet yang ada dipinggir pantai dan bisa bermain pasir putih dipinggir pantai. Pihak pengelola juga sudah menyediakan fasilitas seperti tempat parkir, toilet, mushola, warung, dan permainan untuk anak-anak dan masih banyak lagi fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola wisata yang ada di Kota Rembang.

Penulis: Lulu Laylatur Ramadhani

Kupatan, Obyek Wisata di Rembang Dibanjiri Para Wisatawan | patinews.com | 4.5

Leave a Reply