Categories: BeritaJawa Tengah

Kasus Jual Beli Jabatan, Tamzil Merasa Dijebak

Patinews.com – Jateng, Jaksa Penuntut Umum KPK mendatangkan Bupati Kudus Nonaktif HM Tamzil sebagai saksi dalam sidang dugaan kasus jual beli jabatan dilingkungan Pemkab Kudus dengan tersangka Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Kudus nonaktif Akhmad Shofian,

Sebelumnya, Tamzil juga ditetapkan tersangka oleh KPK dalam dugaan kasus tersebut sebagai penerima suap.

Dalam keterangannya itu, Tamzil menguraikan alasannya sengaja mengangkat dua staf khusus yang merupakan mantan warga binaan pemasyarakatan (WPB) perkara tindak pidana korupsi karena alasan kemanusiaan.

Kedua staf khusus itu adalah Tohirin dan Agoes Soeranto atau akrab disapa Agus Kroto, yang sebelumnya merupakan terpidana perkara korupsi dana bantuan sosial APBD Pemprov Jateng tahun 2011. Agoes merupakan mantan Kepala Biro Administrasi Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Tengah, sekaligus mantan Kepala Biro Keuangan dan Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov Jateng.

Dalam persidangan yang dipimpin majelis hakim Antonois Widijantono pada Senin (4/11/2019), Tamzil menegaskan, jika proses mutasi menjadi kewenangannya selaku pembina kepegawaian, sedangkan yang menentukan nama adalah panitia seleksi.

Yang menentukan ketiganya murni dari pansel, setelah melalui pansel baru wawancara melalui bupati dan wakil bupati,” kata Tamzil saat ditanya JPU KPK dalam persidangan.

Tamzil juga mengaku, dalam penentuan eselon III dan IV memang meminta bantuan Agoes Soeranto selaku staf khusus. Namun nama-nama yang masuk daftar nominatif, dikatakannya, dari BKD (Badan Kepegawaian Daerah) atau BKPP.

Konsep dari dia (Agoes Kroto) dan Catur Widyatno, baru saya berikan ke tim penilai Baperjakat, dalam seleksi itu, Agoes saya berikan tugas tambahan, sebagai staf khusus,” bebernya.

Belakangan, dengan mencuatnya kasus tersebut, Tamzil merasa dijebak oleh staf khususnya Agoes Kroto yang mengatur dalam mutasi pejabat dilingkungan Pemkab Kudus.

Saya merasa dijebak staf khusus Bupati Agus Kroto. Saya tidak pernah memerintahkan soal itu,” ungkap Tamzil saat diwawancarai awak media usai memberi keterangan sebagai saksi.

Sebelumnya, Tamzil diduga menerima duit Rp 250 juta dari Akhmad Shofian lewat Agoes Kroto. Uang tersebut diduga untuk keperluan pembayaran hutang pribadi Tamzil.

Dalam dugaan tersebut, Tamzil sempat mengajukan praperadilan dengan dalih status tersangka yang disangkakan kepadanya dan penggeledahan yang dilakukan KPK tidak sah. Namun, hakim tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Sudjarwanto menolak permohonan praperadilan yang diajukan Tamzil, dan hakim menegaskan status tersangka Tamzil sah.

Sementara menurut informasi yang berhasil dihimpun, Tamzil masih ditahan di Jakarta dan pertengahan November 2019 ini akan dilimpahkan ke PN Semarang. (*)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Mahasiswa KKNT UPGRIS Gelar Webinar Bijak Berikan Gawai pada Anak

EDUKA, PATINEWS.COM Kuliah Kerja Nyata atau yang sering disebut dengan KKN merupakan sebuah program yang…

15 September 2020

Digelar Virtual, Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Pati Peroleh Materi Wasbang

PATI, PATINEWS.COM Dalam rangka memupuk kecintaan kepada Negara dan Bangsa, tidak henti-hentinya Kodim 0718/Pati memberikan…

15 September 2020

Banser Pengawal Ulama’ Kyai, Habib dan NKRI

Penulis : Imam Muhlis Ali, S.Pd I* Sudah kesekian kali beberapa penceramah agama, pesohor, pejabat…

15 September 2020

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda PATI, PATINEWS.COM Guna memaksimalkan Badan Usaha Milik…

15 September 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020 MARGOYOSO, PATINEWS.COM…

15 September 2020

Sosialisasi Jam Malam, Ini Yang Dilakukan Muspika Tlogowungu

TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM, Muspika Tlogowungu beserta anggota Koramil 13/Tlg,  Polsek Tlogowungu dan Satpol PP  Kecamatan Tlogowungu …

15 September 2020