Jadikan Pati Sentra Ternak Unggas, Inilah Kiat Pemkab

Jadikan Pati Sentra Ternak Unggas, Inilah Kiat Pemkab

Jadikan Pati Sentra Ternak Unggas, Inilah Kiat Pemkab

PATINEWS.com – KOTA, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin bersama Kepala Dinas Pertanian melakukan pembinaan kepada kelompok ternak unggas se- Kabupaten Pati. Bertempat Hotel Safin pada Rabu (7/7).

Wakil Bupati mengatakan impiannya agar Pati menjadi sentra peternakan unggas menuju kemandirian dalam Industrialisasi Perunggasan Nasional.

Untuk itu Pemkab Pati mengadakan pembinaan pada para peternak dengan menghadirkan dua perusahaan di bidang peternakan, yaitu PT Samaco dan PT Puas sebagai narasumber. Sekitar 100 orang peternak unggas di Kabupaten Pati diberi pengarahan, tentang bagaimana cara berternak yang baik. Hal ini dapat dilihat dari segi keuntungannya dan siap bekerja sama untuk menyediakan kebutuhan peternak mulai dari bibit, pakan dan membeli ternak unggas saat panen nanti.

Wabup menjelaskan, di era perdagangan bebas saat ini, pembangunan peternakan sudah seharusnya dipersiapkan untuk menjawab gejolak pesatnya perubahan sebagai upaya menjawab tantangan globalisasi.

Baca juga:   Tabrak Lari, Pengendara Supra Fit di Trangkil Meninggal Dunia

“Pengembangan industri peternakan berbasis kerakyatan selain mampu menjawab kebutuhan konsumsi daging unggas juga akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat,” yakinnya.

“Keluhan saat ini industri unggas kurang diperhatikan oleh pemerintah, paradigma ini harus dirubah agar antar pengusaha unggas tidak saling bersaing secara tidak sehat tekait perang harga. Peran pemerintah diharapkan mengakomodir agar usaha/ industri peternakan unggas di Pati bisa berkembang,” imbuhnya.

“Menurut saya industri ke depan adalah industri makanan, olahan ayam adalah salah satu menu unggulannya. Harapan kita 4 tahun mendatang Pati menjadi kota unggulan unggas atau peternakan,” harap wakil Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pati Muchtar Effendi mengungkapkan, Dinas Pertanian Kabupaten Pati akan selalu memberikan dukungan bagi sektor peternakan unggas di Kabupaten Pati. “Ini kami lakukan untuk mendukung kebutuhan konsumsi daging unggas yang sudah menjadi kebutuhan secara Nasional,” tambahnya. (PN/ hms)

Jadikan Pati Sentra Ternak Unggas, Inilah Kiat Pemkab | patinews.com | 4.5

Leave a Reply