Haul Mbah Ronggokusumo Ngemplak Kidul, Sedot Perhatian Warga

Haul Mbah Ronggokusumo Ngemplak Kidul, Sedot Perhatian Warga

Patinews.com – Margoyoso, Agenda besar di bulan Safar sedang dihelat di desa Ngemplak Kidul Kecamatan Margoyoso kabupaten Pati dalam gelaran haul Mbah Ronggo kusumo yang tahun ini digelar pawai atau Karnaval budaya yang diikuti 22 peserta dari wilayah Pati, Semarang, Rembang dan beberapa kota di Jateng. Kamis, 10 Oktober 2019.

Dalam cerita sejarah desa Ngemplak kidul dibuka oleh Mbah Ronggo Kusumo beserta para murid dan keluarganya, Mbah Ronggo Kusumo adalah salah satu wali lokal yang menyebarkan agama Islam. Raden Ronggokusumo adalah putera Ki Agung Meruwut yang masih keponakan KH.Ahmad Mutamakkin.

Ia diperintahkan untuk membuka tanah (menebang hutan) disebelah barat Desa Kajen, Perintah beliau dilaksanakan penuh tanggungjawab sehingga dalam waktu yang singkat (konon dalam waktu satu malam) tanah tersebut terlihat emplak-emplak, sehingga oleh beliau dinamai Desa NGEMPLAK.

Raden Ronggo Kusumo menetap di Desa tersebut dan berjasa besar dalam menyiarkan Agama Islam. Masyarakat desa Ngemplak Kidul dan sekitarnya sangat menghormati Mbah Ronggo Kusumo. Hari wafat beliau, 10 Sapar (Arab: Safar) diperingati sebagai “Haul Syekh Ronggo Kusumo.”

Koramil 06/Margoyoso dalam hal ini selalu melakukan pengamanan setiap tahunnya baik dalam haul KH Mutammakin kajen maupun haul Mbah Ronggo Kusumo,serangkaian acara dari mulai awal hingga puncak acara Anggota Koramil selalu hadir di tengah-tengah pengunjung.

Itulah dua event besar di wilayah Kecamatan Margoyoso yang dimeriahkan peserta karnaval dengan berbagai Basic kesenian serta budaya yang ikut serta dari berbagai wilayah di jawa tengah untuk memeriahkan acara tersebut. (pn/ ipl/pendim)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Mahasiswa KKNT UPGRIS Gelar Webinar Bijak Berikan Gawai pada Anak

EDUKA, PATINEWS.COM Kuliah Kerja Nyata atau yang sering disebut dengan KKN merupakan sebuah program yang…

15 September 2020

Digelar Virtual, Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Pati Peroleh Materi Wasbang

PATI, PATINEWS.COM Dalam rangka memupuk kecintaan kepada Negara dan Bangsa, tidak henti-hentinya Kodim 0718/Pati memberikan…

15 September 2020

Banser Pengawal Ulama’ Kyai, Habib dan NKRI

Penulis : Imam Muhlis Ali, S.Pd I* Sudah kesekian kali beberapa penceramah agama, pesohor, pejabat…

15 September 2020

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda PATI, PATINEWS.COM Guna memaksimalkan Badan Usaha Milik…

15 September 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020 MARGOYOSO, PATINEWS.COM…

15 September 2020

Sosialisasi Jam Malam, Ini Yang Dilakukan Muspika Tlogowungu

TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM, Muspika Tlogowungu beserta anggota Koramil 13/Tlg,  Polsek Tlogowungu dan Satpol PP  Kecamatan Tlogowungu …

15 September 2020