fbpx

Gus Yasin : Santri Itu Ngaji di Ponpes, Bukan dari Internet

Gus Yasin : Santri Itu Ngaji di Ponpes, Bukan dari Internet
Gus Yasin : Santri Itu Ngaji di Ponpes, Bukan dari Internet

Patinews.com – Rembang, Santri itu ngaji kepada kiai dan habaib, ngaji di pondok pesantren (ponpes) bukan di google atau internet. Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen usai upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 di Alun-alun Rembang Jateng. Selasa, 22 Oktober 2019.

“Santri juga harus bisa mengembalikan posisi agama untuk menyelesaikan permasalahan, bukan menjadikan sebagai permasalahan,” lanjutnya.

Kiai dan Habaib di Indonesia keilmuannya memiliki sanat sampai kepada Nabi Muhammad SAW. Mari pertahankan dan suarakan bahwa belajar harus kepada Kiai yang memiliki sanat sampai kepada nabi. Santri nusantara itu tetap ‘gondhelan dateng kiai’. Maka dari itu tagline santri saat ini adalah ngaji kepada kiai dan habaib, ngaji di pondok pesantren, bukan ngaji di google atau youtube,” jelas Gus Yasin.

Baca juga:   Melalui Rekaman CCTV, Unit Reskrim Polsek Margorejo Ungkap Kasus Pencurian

Gus Yasin menjelaskan, sejak dulu agama lahir untuk menyelesaikan permasalahan. Namun fenomena saat ini agama juga menjadi permasalahan. Itulah yang menjadi salah satu tantangan santri sekarang ini.

Tantangan santri adalah mengembalikan posisi agama untuk menyelesaikan permasalahan. Bisa memposisikan santri. Jadi ketika ada santri, di situ bisa menyelesaikan permasalahan,” terangnya.

Bertepatan dengan Hari Santri Nasional kelima ini, Gus Yasin juga mengajak para santri untuk menunjukkan kepada dunia bahwa santri Indonesia bisa membawa kedamaian untuk dunia. Hal itu sesuai dengan tagline HSN 2019 “Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia”. (pn/ dok Humas Jateng)

Gus Yasin : Santri Itu Ngaji di Ponpes, Bukan dari Internet | patinews.com | 4.5

Leave a Reply