Gelar Kopdar Perdana, Komunitas UMKM Pati Diharapkan Lebih Mandiri dan Kuat

Gelar Kopdar Perdana, Komunitas UMKM Pati Diharapkan Lebih Mandiri dan Kuat

Gelar Kopdar Perdana, Komunitas UMKM Pati Diharapkan Lebih Mandiri dan Kuat

PatiNews.com- Kota, KUPat (Komunitas UMKM Pati) mengadakan kopdar perdana yang dilaksanakan di aula Kantor Dinkopumkm Kabupaten Pati. Sabtu, 20 Oktober 2018.

Ketua Komunitas UMKM Pati Ja’far Labib melalui Yuli Sanjoto menungkapkan, KUPat selain berupa singkatan, juga bermakna sebagai simbol dari komunitas. “KUPat atau ketupat dalam keseharian, sering kita hantarkan kepada kerabat saat lebaran adalah lambang kebersamaan. Sedangkan kupat dalam bahasa Jawa merupakan kependekan dari laku papat yang artinya 4 tindakan yaitu, Lebaran, artinya usai, biasanya menjadi tanda berakhirnya waktu puasa yang menandakan pintu ampunan sudah terbuka lebar,”.

Yang kedua, lanjutnya, adalah Luberan, bermakna meluber atau melimpah. Sebagai simbol ajaran bersedekah atau berbagi yang menjadi wujud kepedulian pada sesama. Ketiga, Leburan maknanya habis atau melebur. Dimaksudkan bahwa kita dituntut untuk terbiasa saling memaafkan satu sama lain sehingga dosa dan kesalahan kita juga akan dileburkan.

Baca juga:   Gandeng Anggota DPR RI, BPJS Ketenagakerjaan Gelar Sosialisai Program Jaminan Sosial

Sedangkan yang terakhir, “Laburan, dari kata labur atau kapur. Kapur adalah zat yg biasa digunakan untuk penjernih air atau pemutih dinding. Mempunyai arti supaya kita selalu menjaga kemurnian hati dalam berinteraksi kepada sesama,”.

Filosofi ketupat sudah menjadi bagian dari tradisi budaya kita hingga saat ini. Seringkali ada orang Jawa bahkan membuat ketupat dan menggantungkannya di tengah pintu rumah dengan harapan laku 4 yang dimaknai dalam kupat akan selalu ingat dalam setiap langkah interaksinya di luar rumah atau bersama masyarakat.

“Dengan demikian kami mengajak semua yang tergabung dalam komunitas ini selalu berusaha mendalami filosofi kita ini dalam setiap interaksi kegiatan kita mendatang. Tonjolkan kebersamaan dan jalani laku 4 demi kemajuan bersama,” pungkasnya. (PN/ jf/ yl)

Gelar Kopdar Perdana, Komunitas UMKM Pati Diharapkan Lebih Mandiri dan Kuat | patinews.com | 4.5

Leave a Reply