Gandeng Tokopedia, Gubernur: Bayar PBB se-Jateng Cukup Pakai Aplikasi HP

Patinews.com – Jateng, Bekerja sama dengan Tokopedia, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) meluncurkan fitur pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) secara online.

Melalui kerja sama ini, masyarakat makin dimudahkan untuk membayar pajak via gawai, tanpa harus repot datang ke kantor pajak.

Kerja sama itu disepakati saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi perusahaan teknologi tersebut, belum lama ini. Ganjar mengapresiasi kerjasama yang baik antara Tokopedia dengan pemkab/ pemkot se-Jawa Tengah dengan menghadirkan fitur pembayaran PBB online itu.

“Kami mengapresiasi kerja sama yang baik ini. Semoga dengan adanya pembayaran PBB online ini, lebih mempermudah masyarakat di seluruh kabupaten/ kota di Jateng dalam membayar pajak di mana saja dan kapan saja. Sekarang, mau bayar pajak tidak usah repot, cukup pakai HP saja sudah bisa,” ujar Ganjar, hari ini, Selasa (28 Januari 2020).

Ganjar berharap, kehadiran fitur PBB online dalam aplikasi Tokopedia dapat membuat para wajib pajak membayarkan pajaknya dengan lebih mudah dan cepat.

“Harapannya kerja sama ini dapat meningkatkan pendapatan daerah, yang juga akan menunjang kelancaran pembangunan Jawa Tengah,” sambungnya.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni mengungkapkan, fitur pembayaran PBB online tersebut dibuat untuk memudahkan masyarakat melalukan pembayaran.

“Selain itu, melalui fitur ini diharapkan mampu membuat masyarakat Jawa Tengah dapat mengakses layanan publik dengan lebih mudah, cepat dan aman,” ujarnya.

Astri menerangkan, masyarakat yang ingin menikmati layanan ini cukup memasukkan nomor pembayaran/nomor pokok objek pajak/SPPT PBB di laman yang sudah disediakan dalam platform Tokopedia. Nantinya, setelah data dimasukkan, nilai tarif akan muncul sebagai tagihan PBB.

Pembayaran dapat dilakukan dengan 25 metode pembayaran, termasuk transfer antarbank, kartu kredit, gerai minimarket dan lain sebagainya. Selain melakukan pembayaran PBB secara online, seluruh masyarakat Indonesia juga dapat mengecek nilai tagihan dengan mudah,” terangnya.

Dia menambahkan, selain Jawa Tengah, fitur pembayaran PBB juga telah hadir di lebih dari 70 kota/ kabupaten di Indonesia. Di samping itu, terdapat berbagai macam transaksi pembayaran lainnya yang tersedia di Tokopedia mulai dari Tagihan Telepon Pulsa, Angsuran atau Cicilan, Gas PGN, Tagihan PDAM, dan masih banyak lagi.

“Kami berharap inovasi ini dapat memaksimalkan potensi penerimaan negara sebagai jembatan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia,” pungkas Astri. (Pn/ dok Humas Jateng).

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Tips Mudah Dan Pasti Berhasil Mendapatkan Booyah Di Free Fire

Boyah adalah sebuah istilah di permainan Free Fire bagi para pemenang yang sudah berhasil bertahan…

4 jam ago

2 Cara Transfer Pulsa Ke Sesama Indosat Tanpa Ribet

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sebagian besar masyarakat kita memiliki ketergantungan pada peranan ponsel…

4 jam ago

Warga Desa Karangwotan, Siapkan Bilik Disinfektan Bagi Pendatang

Patinews.com - Pucakwangi, Untuk menekan angka penyebaran Covid 19 (Virus Corona) Pemerintah Desa bersama Karang…

9 jam ago

Karangtaruna Desa Panggungroyom Beraksi, Lakukan Sterilisasi

  Patinews.com - Wedarijaksa, 50 orang yang terdiri dari Karang Taruna Kusuma Wijaya, Perangkat Desa,…

10 jam ago

Curhat Petugas Medis, Penuh Perjuangan

JATENG – Patinews.com,Tak dipungkiri, tenaga medis menjadi pihak yang rentan terpapar virus corona. Seperti yang…

10 jam ago

Hujan Gunung, Banjir Bandang Landa Desa Sinomwidodo Tambakromo

Hujan Gunung, Banjir Bandang Melanda Desa Sinomwidodo Tambakromo Patinews.com - Tambakromo, Minggu, 29 Maret 2020…

10 jam ago