FKUB Berperan Netralisir Isu yang Mengatasnamakan Agama

FKUB Berperan Netralisir Isu yang Mengatasnamakan Agama

FKUB Berperan Netralisir Isu yang Mengatasnamakan Agama

PatiNews.Com – Kota, Pengukuhan dan sarasehan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pati periode 2018-2023, digelar hari ini, Sabtu 24 November 2018 di Ruang Pragolo Pendopo Setda Kabupaten Pati.

Bersama 150 tokoh agama se Pati, Bupati Pati Haryanto, Dandim 0718 Pati yang diwakili oleh Kasdim Mayor INF M. Sholihin, Kapolres Pati AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, Sekda Pati Suharyono, Ketua FKUB Kabupaten Pati KH Ahmad Khoiron turut hadir dalam kegiatan ini.

“Pengukuhan FKUB Periode ini, mudah – mudahan masih bisa menjalankan tupoksi dengan baik, dan kepercayaan kepada kami untuk melanjutkan di periode berikutnya akan kami pertanggung jawabkan dengan baik,” kata Ketua FKUB yang baru KH Ahmad Khoiron usai dikukuhkan.

Menurutnya, ada beberapa masalah yang masih perlu di evaluasi terkait perijinan pendirian tempat ibadah, termasuk persetujuan dari lingkungan setempat, “jangan sampai ada pendirian tempat ibadah yang justru menimbulkan masalah,” lanjutnya.

FKUB masih butuh bantuan dari Pemda, terutama mobil operasional untuk mendukung kegiatan FKUB, “mohon sekiranya Bapak Bupati bisa memberikan sarana transportasi berupa mobil operasional,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Pati menambahkan, FKUB dari berbagai lintas agama bertujuan untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan, menampung dan menjembatani permasalahan yang ada di lintas agama dengan mengedepankan musyawarah.

Baca juga:   Hendak Ambil Jerami, Sepeda Motor Milik Warga Jakenan Malah Disikat Pencuri

“Hidup di Indonesia tidak bisa disamakan dengan Timur tengah, perbedaan suku, bangsa, agama di Indonesia merupakan Rahmat dari Tuhan YME, perbedaan jangan menjadikan kita pecah tapi justru dengan menjaga toleransi perbedaan itu akan menjadi indah,” ujar Haryanto.

“Kita jangan sampai terpicu dengan isu – isu agama, karena isu agama sangat sensitif bahkan bisa menimbulkan konflik horisontal, dengan demikian salah satu fungsi FKUB adalah menetralisir isu yang mengatasnamakan Agama,” tandas Bupati.

Nama – nama pengurus FKUB Kab. Pati Periode 2018 – 2023 :

a. Ketua : Drs.H. Ahmad Khairon M.Ag

b. Wakil ketua 1 : Pdt. Ferry Y Tinamberan

c. Wakil ketua 2 : Drs. M Lukman

d. Sekretaris : Drs. H. Ali Munfaat, M.Pd

e. Wakil sekretaris : Drs. D. Priyono

f. Anggota :

– H. Ahmad Junaidi H, LC M.Ag )

– Agus Salam S.Ag

– Ali Mahmudi S. Pd

– Drs. H. Ali Muhtarom

– KH. A. Manhajussidad LC

– Drs. H. Abd Karim M.Pc

– Khasiran

– H. Moch Asnawi S.Ag

– Drs. KH. Sukahar MM

– Drs. I.G. Putu Suardika

– H. Heri Supriyono S. Sos

(pn/ pd/ sl)

 

FKUB Berperan Netralisir Isu yang Mengatasnamakan Agama | patinews.com | 4.5

Leave a Reply