Era Wabah, Institut Pesantren Mathaliul Falah Gelar KKN Mandiri dari Rumah

Penulis: TIM KKN EMOCARE IPMAFA cc. Fatin Latifatuzzahroh

KKN MDR adalah kegiatan kuliah kerja nyata mandiri yamg dikerjakan dari rumah yang diadakan di tengah pandemi covid 19 di Institut Pesantren Matholi’ul Falah tahun 2020.

KKN ini diikuti oleh 3 kelompok yaitu : Kelompok Emocare , Kelompok Sahwahita serta Kelompok Santri smart dan berjumlah total 34 orang mahasiswa yang telah lulus seleksi dan telah mengikuti Program Pembekalan KKN yang dilakukan pada hari Sabtu (11/07) dari pukul 09,00 dan Berakhir pada pukul 12,00 WIB.

Acara pembukaan dan penerjunan mahasiswa KKN MDR adalah suatu langkah awal dimana mahasiswa secara resmi dilepas untuk melakukan program kegiatan yang telah dibuat oleh masing-masing kelompok Acara pembukaan dan penerjunan mahasiswa KKN MDR dilakukan pada hari Senin (13/7) oleh rektor Institut Pesantren Matholi’ul falah yaitu Bapak Abdul Ghofarrozin M,Ed secara Daring (Online) melalui aplikasi Zoom ,selain itu acara ini juga diikuti oleh ka prodi PBA,PMI ,PGMI serta mahasiswa yang akan ikut KKN mandiri dari rumah (MDR)

KKN MDR ini sangat istimewa, karena KKN ini sangat berbeda dari KKN pada tahun sebelumnya karena KKN pada tahun ini menggunakan media sosial sebagai Sarana agar mahasiswa dapat berkontribusi di masyarakat KKN MDR ini diharapkan agar walaupun ditengah masa pandemi mahasiswa dapat berkarya dengan memanfaatkan media sosial sehingga jaringannya bisa lebih meluas lagi dan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam uraian pendapatnya, Rektor Institut Pesantren Mathaliul Falah menegaskan bahwa Abdul Ghofarrozin, MEd, “Kuliah Kerja Nyata tidak harus dilakukan dilapangan dalam arti yang sebenarnya, karena yang namanya belajar bukan hanya betul betul di lapangan, bahkan dengan di dengan hanya didepan gadget itu sudah termasuk bentuk belajar yang rill . Oleh karena itu proses KKN yg sebenarnya adalah menciptakan sesuatu yang rill dan nyata. Karena hal tersebut, bentuk gagasan ide tentu mendapatkan apresiasi untuk model pembelajaran kedepan sebagai model pembelajaran alternatif sesuai dengan tuntutan kondisi dan situasi dimasa pandemi,” terangnya.

Tiga kelompok yang lolos seleksi KKN ini, tidak semata mata kemampuan akademiknya dan kecerdasanya, tetapi karena ditimbang mampu melaksanakan KKN secara bertanggung jawab dan menjadi pionir ahli di bidangnya. didalam prosesnya, dalam pelaksanaanya KKN MDR IPMAFA Monitoring tetap ada, evaluasi tetap ada, aksi nyata dari dosen pembimbing pun tetap ada, termasuk problem solving barang kali diperlukan akan dapat dimaksimalkan.

KKN ini tidak mengurangi proses apapun dari KKN yang telah dilakukan sebelumnya. Tema KKN yang diangkat yakni “Penguatan moderasi beragama melalui optimalisasi penggunaan medsos”. Kegiatan ini dilaksanakan melalui pendidikan dakwah keislaman.

(*)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Warga Dukuh Njugo Tlogosari, Lakukan Audiensi dengan Komisi A DPRD Pati

PATI, PATINEWS.COM Warga Dukuh Njugo Desa Tlogosari Kecamatan Tlogowungu, Pati mendatangi kantor DPRD Kabupaten Pati.…

13 Agustus 2020

LKP Nissan Fortuna Pati, Gelar Promo Terbatas Stir Mobil Gratis Plus Mekanik Motor di Bulan Kemerdekaan

  PATI, PATINEWS.COM Memperingati bulan kemerdekaan, Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Nissan Fortuna Pati menggelar…

13 Agustus 2020

Terima Audiensi Warga Desa Semampir, Pimpinan DPRD Pati Sarankan Tempuh Jalur Hukum

PATI, PATINEWS.COM DPRD Kabupaten Pati kembali didatangi oleh Masyarakat Desa Semampir yang ingin menyampaikan aduannya…

13 Agustus 2020

Cegah covid 19: Lindungi diri anda

PATINEWS.COM Ditahun 2020 terdapat  virus yang dirasa mematikan yakni virus corona. Seiring dengan berjalannya waktu…

13 Agustus 2020

Langkah Kecil Merubah Negeri, Mahasiswa UMM Bagikan 100 Paket PMT di Posyandu Desa Klumutan Madiun

Oleh: Leidyana Widiyakusua 4 Agustus 2020 Rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok 66 PMM Bhaktimu…

13 Agustus 2020

Mahasiswa KKN UNDIP di Prawoto Sukolilo, Manfaatkan SDA Untuk Pembuatan Handsanitizer Alami

SUKOLILO, PATINEWS.COM (13/08/2020) Tangan adalah bagian tubuh yang sangat rentan menjadi tempat bersarangnya virus dan…

13 Agustus 2020