Categories: Berita

Digedok Pemkab dan DPRD, RAPBD Pati Tembus 2,6 Trilyun

PatiNews.Com – Kota, Rapat paripurna persetujuan RAPBD tahun 2018 Pemerintah  Kabupaten Pati  dengan DPRD berjalan mulus dan tepat waktu, di ruang rapat gedung DPRD Pati. Kamis (30/11).

Pengesahan dilakukan secara aklamasi seluruh pimpinan dan anggota DPRD telah menerima dan menyetujui RAPBD  th 2018 pemerintah Kabupaten  Pati.

Dalam kesempatan itu, Bupati Pati Haryanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pimpinan dan anggota DPRD yang telah membahas, menerima serta menyetujui RAPBD tahun 2018 yang selanjutnya akan dilaporkan ke gubernur Jawa Tengah  sekurang kurangnya tiga hari setelah disetujui untuk dievaluasi.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa di dalam pembahasan RAPBD tahun 2018 terdapat perubahan baik tambahan, pengurangan ataupun pergeseran anggaran pendapatan dan belanja daerah yang kesemuanya disesuaikan dengan alokasi dana tranfer pusat dan alokasi dana bagi hasil dengan  Pemerintah  Provinsi  Jawa  Tengah.

Haryanto juga mengatakan bahwa pengesahan RAPBD ini melalui tahapan pembahasan yang cukup panjang.

“Kalau ada tambah, ada kurang itu hanya mekanisme atau dinamikanya demikian yang peting tidak menyalahi prosedur dan harus sesuai kebutuhan. Kalau memang di KUA PPAS  belum ada kemudian di saat pembahasan di banggar atau komisi muncul ya diperbolehkan sepanjang alokasi di dalam RKPD  itu ada. Tetapi kalau tidak masuk dalam RKPD tentunya nanti masuk di dalam perubahan APBD”, jelas Bupati Pati dua periode itu.

Anggaran 2018 yang mencapai 2,6 trilyun lebih, memang lebih besar dari tahun 2017. “Tetapi itu belum jaminan karena ada dana desa yang tahun 2018 meningkat. Ini kan cuma lewat. Kemudian DID, serta DAK dan lain lain. Menurut saya hampir seimbang, kecuali kalau nanti sudah tahu jumlah bantuan keuangan dari propinsi Jawa Tengah”, imbuhnya.

Sementara itu, untuk prioritas tambahan anggaran, akan difokuskan ke pelaksanaan monitoring Pilkades  yang memang belum masuk, lalu rehab gedung Satpol PP , serta untuk RSU Suwondo dan RSU Kayen ada tambahan tapi sifatnya hanya lapor.  Pendapatanya tambah dilaporkan dan kemudian dikembalikan lagi jadi tidak masalah”, pungkas Haryanto. (hms)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Jumlah Penerima Subsidi Upah 600 Ribu, Jadi 15,72 Juta Pekerja

NASIONAL, PATINEWS.COM Melalui Kementerian Ketenagakerjaan, Pemerintah pusat bakal memberikan Bantuan Subsidi Upah bagi 15.725.232 pekerja…

12 Agustus 2020

Ajak Kader PKK Desa Ketip buat Handsanitizer, Mahasiswa KKN Undip: “Bersama Kita Bisa Lawan Corona”

Ajak Kader PKK Desa Ketip buat Handsanitizer, Mahasiswa KKN Undip: "Bersama Kita Bisa Lawan Corona"…

12 Agustus 2020

Polsek Kayen Lakukan Evakuasi Orang Meninggal di Desa Talun

Polsek Kayen Lakukan Evakuasi Orang Meninggal di Desa Talun PATI, PATINEWS.COM Rabu, 12 Agustus 2020…

12 Agustus 2020

Ribuan Butir Pil Koplo dan Miras Barang Bukti Kejari Pati, Dimusnahkan

Ribuan Butir Pil Koplo dan Miras Barang Bukti Kejari Pati, Dimusnahkan PATI, PATINEWS.COM Kejaksaan Negeri…

12 Agustus 2020

Polsek Kayen Adakan Mediasi Permasalahan Warga Desa Sumbersari

Polsek Kayen Adakan Mediasi Permasalahan Warga Desa Sumbersari KAYEN, PATINEWS.COM Merasa tidak nyaman dengan asap…

12 Agustus 2020

Nindya Rizky Pravitasari, Ciptakan Peluang Bisnis Menguntungkan dengan Hidroponik Sistem Wick

Nindya Rizky Pravitasari, Ciptakan Peluang Bisnis Menguntungkan dengan Hidroponik Sistem Wick TAYU, PATINEWS.COM Pandemi Covid-19…

11 Agustus 2020