Dari Acungkan Jari Hingga Selfie, Ini Larangan Bagi ASN Selama Pilgub Jateng

Dari Acungkan Jari Hingga Selfie, Ini Larangan Bagi ASN Selama Pilgub Jateng

PATI, PATINEWS.com – Achwan selaku Ketua Panwaslu Kabupaten Pati mengingatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk hati-hati dalam berswafoto (selfie) dengan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Hal ini dikemukakannya dalam Rapat Koordinasi Tim Fasilitasi Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018, yang dilaksanakan di ruang Pragolo siang tadi. (27/2).

“Yang lebih perlu diwaspadai adalah apabila ada ASN yang berfoto di situ.  Tapi kalau tidak sengaja ikut berfoto ya tak mengapa asal ASN tersebut tidak melakukan aksi yang  identik dengan simbol pasangan calon, semisal mengacungkan jari sejumlah nomor urut pasangan calon yang diajak selfie”, lanjutnya.

Ketua Panwaslu Kabupaten Pati dalam kesempatan itu juga menyampaikan tips tentang cara membedakan antara kampanye dan tidak kampanye.

“Dikatakan kampanye apabila Tim Sukses memberitahukan kepada kepolisian yg ditembuskan ke KPU dan Panwaslu, serta mengantongi Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP). Nah untuk memastikan kampanye atau bukan, bisa bertanya kepada panitia acara terkait STTPnya apakah kampanye atau tidak kampanye”, imbuh Achwan.

Untuk indikator tidak dinyatakan kampanye, lanjut Achwan, adalah tidak adanya yel yel, tidak ada atribut atau tak adanya baliho.

“Dalam hal ini kita harus bisa membedakan mana kunjungan dan mana silahturahmi, dan selama pasangan calon masih bisa mengikuti arahan Panwaslu ya tidak masalah”, imbuh Ketua Panwaslu Pati.

Achwan juga memberikan klarifikasi terkait hari pertama kampanye pasangan calon nomor urut 1 pada 15 Februari lalu saat mengunjungi desa Langse.

“Hal ini dinyatakan Panwaslu tidak termasuk kampanye, jadi sampai hari ini belum ada pasangan calon yang berkampanye di Kabupaten Pati karena kunjungan yang kemarin itu hanya bersifat silaturahmi”, pungkasnya. (PN/HMS)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

35 Juta Masker Kain Untuk Jateng

PatiNews.Com - Jateng, 35 Juta Masker untuk Jateng, itulah gerakan yang dicetuskan Gubernur Jawa Tengah…

4 jam ago

Wajib Pakai Masker

  Patinews.com – Kota, Hari ini, Senin 06 April 2020, Bupati Pati Haryanto mengelurkan Surat…

5 jam ago

Polsek Cluwak Bergerak Terus, Untuk Memutus Rantai Penyebaran Virus

Patinews.com – Cluwak, Polsek Cluwak gencar melaksanakan woro-woro (pemberitahuan) dalam rangka untuk mengantisipasi penyebaran Virus…

6 jam ago

Kades Ngemplak Lor Bersama Relawan, Bagikan Sembako Gratis

Kades Ngemplak Lor Bersama Relawan, Bagikan Sembako Gratis PatiNews.Com - Margoyoso, Atas inisiatif dan anggaran…

8 jam ago

Pemkab Pati Terima Bantuan 1.000 APD

Pemkab Pati Terima Bantuan 1.000 APD PatiNews.Com - Kota, Hari ini Senin, 06 April 2020,…

8 jam ago

Kodim 0718 Bantu Pemenuhan Stok Darah PMI Pati

Kodim 0718 Bantu Pemenuhan Stok Darah PMI Pati PatiNews.Com - Kota, Ditengah kondisi dan situasi…

11 jam ago