Categories: Featured

Covid-19 Menyerang, Mudik Dilarang, Silaturahmi Tetap Berjalan

Oleh : Endah Lestari

Tak terasa Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi, Tidak seperti tahun-tahun kemarin, Puasa ramadhan kali ini dilakukan di tengah wabah pandemi COVID-19 hingga beberapa himbauan dikeluarkan pemerintah untuk bulan ramadhan kali ini, Dari mulai beribadah di rumah, Jaga jarak fisik hingga tidak diperbolehkan mudik. Karena pasien COVID-19 akibat terjangkit virus corona di indonesia terus bertambah. Kondisi ini membuat seluruh masyarakat harus mengikuti himbauan pemerintah.

Keluarga di perantauan tak boleh pulang karena virus COVID-19 menyerang, Sedih pasti dirasakan. Kegiatan mudik yang biasanya menjadi rutinitas umat islam di Indonesia ketika menjelang Idul Fitri harus dibatalkan. Hal tersebut pasti sangat berat dirasakan para perantau, Kangen dengan keluarga, Ingin kumpul ramai-ramai bahkan kesedihan kerap kali melanda karena banyak perantau yang kehilangan pekerjaan dan nganggur di kota perantauan tapi tak bisa pulang.

Akibat dari pandemi COVID-19 sangat terasa di bulan ramadhan kali ini, Semua menjadi terbatasi tapi harus tetap disyukuri. Perkembangan teknologi yang semakin canggih sekarang ini sangat membantu ketika pandemi COVID-19 menyerang, Penyediaan fitur-fitur android yang sudah lengkap dan dapat terjangkau melalui daring membuat semua lapisan masyarakat tetap dapat berhubungan satu sama lain.

Begitupun dengan puasa ramadhan kali ini dan Hari Raya Idul Fitri yang akan datang harus dilakukan jauh-jauhan bagi yang LDR-ran.  Tetapi harus tetap saling bersilaturahmi.

Silaturahmi merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan saat puasa ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Saling mengunjungi dan bertukar cerita menjadi kebiasaan yang tak luput dikerjakan.Silaturahmi saat ramadhan ditengah pandemi COVID-19 tetap dapat dilakukan dengan:

  1. Saling mengirimkan ucapan di media sosial, Saling mengunjungi dan ber maaf-maafan dari rumah kerumah dan para kerabat rasanya tak munglkin dilakukan di tengah pandemi COVID-19 sekarang ini. Namun tak kehilangan akal kita tetap dapat melakukan hal tersebut melalui media sosial.
  2. Buka bersama melalui daring dengan memaanfaatkan fitur-fitur Android yang dilengkapi fitur video. Buka bersama sudah menjadi rutinitas ketika bulan ramadhan, Dari mulai ngabuburit bersama hingga dilanjutkan buka bersama. Namun di tengah pandemi COVID-19 sekarang ini hal tersebut tidak boleh dilakukan karena banyak kerumunan. Namun kita tetap dapat buka puasa online dengan menggunakan video conference.
  3. Saling mengirimkan paarsel/bingkisan dengan menggunakan jasa online yang saat di tengah pandemi COVID-19 ini hanya dibolehkan untuk mengangkut barang-barang saja.
patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Beredar [HOAKS] Pesan WA Mengatasnamakan DJP Kabupaten Pati

Beredar [HOAKS] Pesan WA Mengatasnamakan DJP Kabupaten Pati PATINEWS.COM, Beredar sebuah informasi melalui Broadcast WhatsApp…

27 September 2020

265 Keluarga di Jakenan, Terima Bantuan Beras

265 Keluarga di Jakenan, Terima Bantuan Beras JAKENAN, PATINEWS.COM Penyaluran Bantuan bantuan Beras dari Bulog…

26 September 2020

Tampil di Gelar Budaya Etnis, KMPP Yogyakarta Kenalkan Baju Adat Pati

Tampil di Gelar Budaya Etnis, KMPP Yogyakarta Kenalkan Baju Adat Pati YOGYAKARTA, PATINEWS.COM KMPP (Keluarga…

26 September 2020

Impian Mbah Ngasinah, Warga Bancak Gunungwungkal Akhirnya Terwujud

Impian Mbah Ngasinah, Warga Bancak Gunungwungkal Akhirnya Terwujud GUNUNGWUNGKAL, PATINEWS.COM Program bedah Rumah Tak Layak…

26 September 2020

Gandeng Pegadaian, Kodim Pati Bedah Rumah di Wedarijaksa

Gandeng Pegadaian, Kodim Pati Bedah Rumah di Wedarijaksa WEDARIJAKSA, PATINEWS.COM Dalam rangka menyambut HUT ke-75…

26 September 2020

Rawan Jebol, Warga dan TNI Perbaiki Tanggul Sungai Desa Angkatan Kidul Tambakromo

Rawan Jebol, Warga dan TNI Perbaiki Tanggul Sungai Desa Angkatan Kidul Tambakromo TAMBAKROMO, PATINEWS.COM Camat…

26 September 2020