Bupati Pati : Posisi Bendera Merah Putih Harus Lebih Tinggi dari Bendera Lain

Bupati Pati : Posisi Bendera Merah Putih Harus Lebih Tinggi dari Bendera Lain

PatiNews.Com – Kota, Ada satu momen dimana Bupati membetulkan posisi bendera merah putih yang terpasang di area Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Dharma.

“Posisi bendera merah putih harus lebih tinggi dari bendera organisasi ataupun bendera lain,” tegas Bupati dalam upacara bendera di area TMP itu. Sabtu, 10 November 2018.

Bupati Pati, Wakil bupati, Sekda dan Forkopimda Pati turut hadir dalam upacara dengan tema “Semangat Pahlawan di Dadaku”.

Bupati Pati Haryanto sebagai inpektur upacara membacakan sambutan Menteri Sosial RI. “Setiap tanggal 10 November bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya. Upacara pengibaran bendera merah putih serta Mengheningkan Cipta secara serentak selama 60 detik dilaksanakan di seluruh pelosok tanah air bahkan di perwakilan Negara Republik Indonesia di luar negeri,” ujarnya saat membacakan teks sambutan Mensos.

Dalam sambutan itu, juga diungkapkan bahwa Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara belaka namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

“Tema hari pahlawan mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapa pun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara Indonesia tanpa kecuali dan berinisiatif mengabadikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri lingkungan sekitar bagi bangsa dan negara,” lanjut Bupati dalam sambutannya.

Baca juga:   Lima Warga Desa Klakahkasian Terima Bantuan Program Kaki Palsu

Usai mengikuti jalannya upacara, Bupati memberikan memberikan tali asih dari Pemkab Pati kepada 200 veteran yang ada di Kabupaten Pati. Bupati mengajak para pelajar yang hadir dalam upacara ini, tidak melupakan jasa – jasa para pahlawan, termasuk dari legium veteran yang merupakan saksi sejarah.

Prosesi upacara Hari Pahlawan ini, dilanjutkan dengan ziarah di makam pahlawan yang ada di kompleks TMP Giri Dharma. Bupati bersama jajaran Forkopimda beserta istri, ikut menaburkan bunga di atas makam serta berdoa sejenak untuk para pahlawan yang dimakamkan disana.

Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan ini, Bupati Pati mengajak seluruh elemen di Kabupaten Pati untuk bersama melakukan yang terbaik untuk bangsa. Marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini, mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa melalui dari yang dapat kita lakukan, lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara,” ajak suami Musus Indarnani itu.

Di kesempatan itu, Bupati juga mengucapkan “Selamat Hari Pahlawan” pada masyarakat Kabupaten Pati. “Kobarkan terus semangat pahlawan di dada dengan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap manusia,” pungkasnya. (pn/ hms)

Bupati Pati : Posisi Bendera Merah Putih Harus Lebih Tinggi dari Bendera Lain | patinews.com | 4.5

Leave a Reply