Categories: Berita

Bila PTUN Terima Gugatan, Indocement Siap Tidak Bangun Pabrik di Pati

Direktur PT. SMS Alexander Frans (dok. antarabogor.com)

Patinews.com – Kota, Bila PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara) Semarang mengabulkan materi gugatan warga tentang ijin lingkungan pembangunan pabrik semen di daerah pegunungan Kendeng di wilayah Pati selatan, PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk melalui anak usahanya PT. Sahabat Mulia Sakti (SMS).

Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama PT. Sahabat Mulia Sakti (SMS) Alexander Frans, seperti yang patinews.com kutip dari laman metrotvnews.com (Jum’at, 24 Juli 2015, 11.00 WIB). Alexander Frans mengungkapkan bahwa pihaknya akan menerima keputusan hakim PTUN tersebut, jika gugatan diterima, pihaknya siap untuk tidak membangun pabrik di wilayah pegunungan kapur tersebut. Tapi jika materi gugatan di tolak, Indocement akan siap membangun pabrik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Frans menambahkan bahwa pihaknya sudah mengikuti semua prosedur yang ada untuk dapat membangun pabrik semen di kawasan Tambakromo, Kabupaten Pati, baik itu prosedur lingkungan maupun tata ruang sudah mereka penuhi. Lalu jika semua prosedur telah dipenuhi, kenapa investasi harus dipersulit, imbuhnya.

Seperti diketahui sebelumnya, warga yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK) melayangkan materi gugatan ke PTUN Semarang atas dikeluarkannya izin lingkungan oleh Bupati Pati terkait pembangunan pabrik semen oleh PT. SMS.

Menurut Koordinator Tim Advokasi Peduli Pegunungan, Zainal Arifin, izin lingkungan yang dikeluarkan Bupati Pati ersebut melanggar aturan, karena dalam dokumen AMDAL (Analisa Mengenai Dampak Lingkungan), tidak dijelaskan tentang adanya warga yang tidak setuju/ kontra terhadap pembangunan pabrik semen tersebut, imbuhnya. (Patinews.com)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Mahasiswa KKNT UPGRIS Gelar Webinar Bijak Berikan Gawai pada Anak

EDUKA, PATINEWS.COM Kuliah Kerja Nyata atau yang sering disebut dengan KKN merupakan sebuah program yang…

15 September 2020

Digelar Virtual, Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Pati Peroleh Materi Wasbang

PATI, PATINEWS.COM Dalam rangka memupuk kecintaan kepada Negara dan Bangsa, tidak henti-hentinya Kodim 0718/Pati memberikan…

15 September 2020

Banser Pengawal Ulama’ Kyai, Habib dan NKRI

Penulis : Imam Muhlis Ali, S.Pd I* Sudah kesekian kali beberapa penceramah agama, pesohor, pejabat…

15 September 2020

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda PATI, PATINEWS.COM Guna memaksimalkan Badan Usaha Milik…

15 September 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020 MARGOYOSO, PATINEWS.COM…

15 September 2020

Sosialisasi Jam Malam, Ini Yang Dilakukan Muspika Tlogowungu

TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM, Muspika Tlogowungu beserta anggota Koramil 13/Tlg,  Polsek Tlogowungu dan Satpol PP  Kecamatan Tlogowungu …

15 September 2020