Beras dan Telur Ayam, Penyumbang Terbesar Inflasi di Pati

Beras dan Telur Ayam, Penyumbang Terbesar Inflasi di Pati

Beras dan Telur Ayam, Penyumbang Terbesar Inflasi di Pati

PatiNews.Com – Ekonomi, Perkembangan harga berbagai komoditas pada bulan Desember 2017 kemarin, yang dirilis oleh BPS Kabupaten Pati secara umum mengalami kenaikan. (Rabu, 10 Januari 2018).

Berdasarkan hasil pemantauan BPS Kabupaten Pati, Desember 2017 di Kabupaten Pati mengalami Inflasi sebesar 0,51 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 128,36 lebih tinggi dibandingkan bulan November 2017 (inflasi sebesar 0,30 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 127,71).

Inflasi disebabkan naiknya harga yang ditunjukkan dengan kenaikan indeks kelompok bahan makanan yang mengalami kenaikan sebesar 1,75 persen; kelompok sandang sebesar 0,33 persen; kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,29 persen; kelompok kesehatan sebesar 0,26 persen; kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,08 persen dan kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 0,08 persen.

Baca juga:   RS Keluarga Sehat Bagikan Zakat Fitrah Kepada Warga Kurang Mampu

Meskipun demikian, terdapat kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks yaitu kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,09 persen.

Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga pada bulan Desember 2017 yaitu beras, telur ayam ras, tomat sayur, bensin dan kangkung. Komoditas yang memberikan sumbangan terjadinya deflasi adalah cabai rawit, bawang putih, gula pasir, jeruk dan bawang merah.

Pada bulan Desember 2017 kelompok komoditas yang memberikan andil/sumbangan inflasi adalah kelompok bahan makanan sebesar 0,42 persen; kelompok transportasi dan komunikasi sebesar 0,05 persen; kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,02 persen; kelompok sandang sebesar 0,02 persen; kelompok kesehatan sebesar 0,01 persen dan kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 0,01 persen. Sedangkan kelompok komoditas yang memberikan andil/sumbangan deflasi adalah kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,02 persen. (dok. bps/par)

Beras dan Telur Ayam, Penyumbang Terbesar Inflasi di Pati | patinews.com | 4.5

Leave a Reply