Bagaimana Cara Menghemat BBM Kendaraan Paling Mujarap

Hasil gambar untuk cara menghemat bbm

Cara menghemat BBM yang tepat tentunya akan membuat penggunaannya lebih efisien, terutama pada saat BBM yang mahal. Harga BBm yang mahal tersebut akan berakibat jugadengan harga bahan pangan yang naik, hal tersebutlah yang akan menjadi semakin sulit dan memaksakan masyarakat kembali berhemat di dalam penggunaannya. Tentunya harus diperhatikan tidak hanya irit dalam urusan berbelanja saja namun ketika anda sedang berkendara juga harus lebih irit juga. Anda tidak diharuskan untuk menggunakan mobil jika tidak benar-benar dibutuhkan.

Sesekali anda juga bisa berjalan kaki jika memang jarak yang akan anda tempuh tersebut memang tidak begitu jauh. Tapi lain halnya jika anda harus menggunakan mobil, anda harus memastikan untuk berkendara dengan cara yang tepat juga. Selain itu juga tidak hanya anda berkendara dengan cara yang aman pengemudinya juga harus tahu tentang bagaimana teknik mengemudikan dengan cara hemat BBM. Apa mungkin bisa seperti itu? Berikut ada cara menghemat BBM

  1. Perhatikan anda selalu cek mesin kendaraan selalu tetap prima

Tentunya dengan kondisi mesin yang tetap prima maka akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar mobil anda ya!. Maka dari itu harus ada pengecekan rutin yang harus anda lakukan. Tenang saja tidak akan sulit untuk melakukannya. Ketika anda setiap kali sebelum berkendara, anda cukup menyalakan mesin mobil dan kemudian dengarkan bunyinya. Jika bunyi mesin terdengar halus maka mesin mobil tersebut dalam keadaan normal tentunya hal tersebut sesuai dengan jenis mobil itu sendiri. Di samping itu jangan lupa untuk anda selalu servis dengan rutin dan memeriksa buku manual kendaran untuk setiap kali mengecek kapan mobil perlu untuk diservis atau belum.

  1. Periksa apakan ban anda cukup udara
Baca juga:   Harga Resmi Daihatsu Ayla dan Toyota Agya

Tentunya ini akan sangat berpengaruh, mengapa? Karena jika ban mobil anda kurang angin hal tersebut dapat menyebabkan gesekan yang lebih besar sehingga traksi ban akan berkurang dan mobil tersebut akan semakin terbebani. Sebaliknya jika anda mengisi angin terlalu banyak juga akan tidak baik tentunya.

  1. Anda dapat menghindari melakukan pengereman mendadak dan akselerasi yang terlalu berlebihan

Dengan anda mengerem mendadak tentunya tidak hanya mengikis rem tersebut dengan cepat namun jika anda terlalu sering mengerem mobil anda juga pastinya akan sering memulai tarikan dari titik bawah. Tentunya hal tersebut akan berdampak terhadap jumlah bensin yang dibakar nantinya. Selain itu juga jika akselerasi yang dilakukan terlalu berlebihan maka dapat menguras bensin tersebut dengan begitu cepat. Adapun cara menyetir hemat BBM yang paling benar adalah dengan cara menginjakkan kaki ke pedal gas secara perlahan-lahan dan bertahap. Perlu diperhatikan jika anda tidak boleh menginjak nya secara dalam-dalam. Hal tersebut selain akan boros BBM, cara mengendarai seperti ini akan sangat berbahaya.

  1. Anda perlu menjaga RPM Mesin

Selain kedua hal di atas tentunya cara mengoper gigi mesin juga ada tekniknya, selain agar lebih hemat bensin tentunya anda harus tahu kapan anda mengganti gigi. Selain itu juga untuk mesin bensin anda sebaiknya bisa mengoper gigi pada saat berada pada RPM 1.500 hingga 2.200. jika mesin anda adalah mesin diesel pada RPM 1.100 sampai dengan 2.000. Jangan sampai anda menunggu sampai dengan mesin anda berdengung keras baru setelah itu mengoper gigi. Di samping itu juga anda menjaga agar kendaraan anda melakukannya secara konstan pada RPM tersebut.

Bagaimana Cara Menghemat BBM Kendaraan Paling Mujarap | review | 4.5

Leave a Reply