Categories: AlamFeaturedwisata

Air Terjun Kedung Gender Dawe Kudus

Air Terjun Kedung Gender Dawe Kudus

Penulis: Alifatul Muna (IAIN Kudus)

PATINEWS.COM – KUDUS,

Di jalan aspal yang cukup kecil, rombongan Mahasiswa IAIN Kudus kelas KPI B-4 beriringan memacu motornya menuju tempat wisata Air Terjun Kedung Gender. Perjalanan yang cukup panjang itu hampir terbayar, gelak tawa dan canda mewarnai perjalanan yang memenatkan itu. Rasa tidak sabar semakin menggebu ketika rombongan hampir sampai di Air Terjun Kedung Gender karena mereka ingin menikmati kesegaran Air terjun yang terjaga kebersihannya itu. Akhirnya, perjalanan panjang yang melelahkan itu dapat terlunaskan dengan sajian alam dan kesejukan suasana dengan sajian alam yang sangat menakjubkan.

Air terjun ini tidak terlalu tinggi namun suasana alam yang masih sangat alami dengan hembusan angina segar yang belum tercampur dengan polusi asap perkotaan. Suara alam dan hewan yang masih alami sangat cocok untuk wisata bersama keluarga di hari libur sekedar untuk melepas penat pekerjaan sehari-hari. Wisata Air terjun kedung gender ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat disayangkan sekali jika tidak mampir untuk mengunjungi pesona alam ini yang mempunyai keindahan yang tiada duanya.

Di sebuah desa yang berada dekat dengan gunung muria tepatnya berada di pinggir jalan colo di desa dukuh waringin kec. Dawe, Kab. Kudus Jawa Tengah. Terdapat aliran sungai yang bersih, jernih dan disertai pemandangan yang indah. Aliran sungai tersebut berasal dari aliran sungai pegunungan muria colo. Dari aliran tersebut mengalirlah terus kedekat kaki gunung lereng muria yang menghasilkan sebuah air terjun yang sangat indah dipandang oleh mata.

Letak air terjun ini tidak jauh ditempuh dari makam sunan muria bisa ditempuh sekitar 5 menit dari pangkalan ojek wisata Colo. Jalan yang akan kita lewati menuju air terjun ini tidaklah mudah karena kondisi akses jalan selebar 1,5 meter itu masih terjal. Hal itulah yang menyulitkan akses pengunjung. Dengan harga tiket masuk yang hanya Rp. 2.000, pengunjung sudah bisa menikmati kesegaran Air terjun kedung gender.

Minggu (22/3) pagi ini melaksanakan kerja bakti untuk membuat petunjuk arah serta membuka jalur agar lebih mudah di akses oleh wisatawan. Selain membuka akses jalan, karang taruna di bantu warga setempat juga melakukan bersih-bersih sampah di aliran sungai. Ketua karang taruna Bahtiar Arianto kepada kami mengatakan “ya kami berharap air terjun ini bisa menjadi tempat wisata alternative di Kabupaten Kudus dan bisa menambah potensi wisata yang bisa di kunjungi. Memang letaknya berada di Dukuh Waringin, namun akses terdekat dan lebih gampang ialah melalui desa Japan. Sehingga kami berinisiatif untuk membuka akses jalan serta menyediakan parker di halaman rumah warga agar para pengunjung bisa nyaman ketika mengunjungi air terjun ini.” Ujarnya.

Daya tarik di wisata Air terjun kedung gender ini pesona keindahannya yang tidak ada duanya. Penduduk local daerah wisata air terjun kedung gender juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan local maupun wisatawan asing. Air terjunnya benar-benar indah. Memang Air terjun kedung gender ini tidak terlalu tinggi, tapi pemandangannya benar-benar indah. Alamnya masih terjaga dan udaranya sangat sejuk. Lumayan bisa menenangkan pikiran kami sebagai mahasiswa untuk berlibur dan refreshing bersama karena jauh dari hiruk-pikuk kota. Dibawah Air terjun kedung gender terdapat kolam yang tidak terlalu dalam dan memiliki air yang bening. Pengunjung yang datangpun biasanya langsung menceburkan diri ke bawah air terjun untuk merasakan sensasi mandi di bawah air terjun yang masih alami ini.

Jika kita sudah berada di lokasi air terjun ini maka jiwapun terasa segar dan nyaman karena kesejukan udara dan angin yang berhembus sepoi-sepoi maka rasa lelah kita pun hilang. Campur tangan pemerintah setempat juga menghasilkan kerja sama yang baik dengan warga setempat dikarenakan akan segera melakukan perbaikan terhadap akses jalan menuju destinasi wisata alam air terjun kedung gender. Sejumlah anggaran telah disiapkan, selain akan melakukan perbaikan akses jalan, pihak pemerintah setempat bersama dengan pokdarwis juga tengah menyiapkan paket wisata. Selain mengunjungi destinasi wisata alam juga bisa wisata edukasi di kampung lebah dan pengunjung akan dipandu oleh tour guide dan berkeliling dengan armada wisata yang sudah disiapkan khusus. Warga setempat juga ikut membangun akses jalan supaya lebih nyaman untuk dilewati, yakni anak tangga yang tersusun dapat dilalui dengan baik dan tidak terasa lelah. Hal ini dikarenakan di sepanjang jalan menuju kebawah ada juga tempat peristirahatan dan banyak minuman dan makanan ringan dijual disana.

Kami merasa nyaman dengan keindahan pesona alam ini bisa duduk-duduk santai di atas batu-batu besar yang berada di aliran sungai di bawah Air terjun kedung gender. Bisa juga bermain air di aliran sungai tersebut yang airnya pun bening. Spot foto di sini menarik sekali bagi kami untuk menikmati pemandangan dan di jadikan moment terindah di setiap perjalanan. Kami bisa foto di kolam, di atas batu, di sungai atau di bawah tebing. Tapi tetap hati-hati karena batu-batu di lokasi tersebut cukup licin. Tetap jaga keselamatan dan jangan buang sampah sembarangan.

Sebelum perjalanan sampai ke Air terjun kedung gender yang perlu dipersiapkan yang akan dibutuhkan seperti membawa bekal, air minum dan lainnya. Karena perjalanan menuju Air terjun kedung gender ini sangat melelahkan melewati jalan dengan berjalan kaki berjarak 1,5 meter untuk dapat merasakan segarnya Air terjun kedung gender ini. Serta beberapa barang tambahan seperti kamera karena pasti ingin mengabadikan moment bersama teman-teman ataupun keluarga. Dan tidak lupa pula membawa perlengkapan kesehatan (contohnya adalah sabun, tissue basah, obat-obatan, antiseptik dan kebutuhan lainnya). Siapkanlah fisik dan kendaraan supaya liburan berjalan dengan lancar. Jaga kondisi diri dan selalu berhati-hati.

Pada saat menuju pemandian air terjun ini kita dapat menikmati pemandangan yang indah dan bisa menjadi pilihan menarik. Juga dapat menikmati kesejukan alam air terjun kedung gender yang alamnya masih terjaga. Tempatnya sangat indah dan memberi sensasi yang berbeda dalam merelaksasi diri. Mandi dialiran air terjun ini sangatlah mantap karena air sejuk sangat cocok berbaring dipinggiran bebatuan dapat menghilangkan rasa lelah yang menuju ke air terjun ini. Selain menikmati kesejukan dan kesegaran air terjun ini kita dapat berwasfoto di dekat air terjun, Duduk-dudk di atas bebatuan besar, serta travelling bareng pasangan.

Harapan saya untuk menjamin keamanan wisata yang satu ini baik wisatawan dari luar dan dari dalam pemerintah tetep berpartisipasi didalamnya. Dengan menjaga dalan dan perawatan yang ada di dekat lokasi maka air terjun ini didatangi banyak oleh pengunjung. Sudah selayaknya, pemerintah ikut serta membantu warga dan mempromosikan destinasi wisata melalui berbagai media karena sejatinya, sukses adalah hasil dari kesempurnaan, kerja keras, dan ketekunan belajar dari kegagalan.

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Mahasiswa KKNT UPGRIS Gelar Webinar Bijak Berikan Gawai pada Anak

EDUKA, PATINEWS.COM Kuliah Kerja Nyata atau yang sering disebut dengan KKN merupakan sebuah program yang…

15 September 2020

Digelar Virtual, Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Pati Peroleh Materi Wasbang

PATI, PATINEWS.COM Dalam rangka memupuk kecintaan kepada Negara dan Bangsa, tidak henti-hentinya Kodim 0718/Pati memberikan…

15 September 2020

Banser Pengawal Ulama’ Kyai, Habib dan NKRI

Penulis : Imam Muhlis Ali, S.Pd I* Sudah kesekian kali beberapa penceramah agama, pesohor, pejabat…

15 September 2020

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda PATI, PATINEWS.COM Guna memaksimalkan Badan Usaha Milik…

15 September 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020 MARGOYOSO, PATINEWS.COM…

15 September 2020

Sosialisasi Jam Malam, Ini Yang Dilakukan Muspika Tlogowungu

TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM, Muspika Tlogowungu beserta anggota Koramil 13/Tlg,  Polsek Tlogowungu dan Satpol PP  Kecamatan Tlogowungu …

15 September 2020