Pengajian Haul KH Sirodj Ke 93 Yayasan Salafiyah Kajen

Pengajian Haul KH Sirodj Ke 93 Yayasan Salafiyah Kajen

Patinews.com – Margoyoso, Haul Mbah KH Sirodj ke 93 Yayasan Salafiyah Kajen telah sampai pada puncaknya, yaitu Pengajian Umum yang dihadiri oleh KH Abdul Qoyyum Mansur Lasem, Ahad (17/11/2019) dimulai pukul 14.00 WIB. Sebelum itu, pukul 07.00 WIB, semua lembaga di Yayasan Salafiyah Kajen melaksanakan Tahtimul Qur’an Bil-Ghaib yang bertempat di lembaga masing-masing.

Sehari sebelum acara puncak, yaitu pada hari Sabtu juga dilaksanakan Tahtimul Qur’an Bin Nadzor dan ziarah bersama seluruh guru beserta santri Yayasan Salafiyah Kajen.

Dalam kegiatan pengajian ini, masyarakat setempat diundang hadir. Semua guru, dan karyawan juga turut hadir memeriahkan haul salah satu pendiri di halaman MA Salafiyah Kajen. Susunan acara pengajian meliputi pembukaan, pembacaan ayat suci Alquran, tahlil umum, sambutan, dan mauidotul hasanah.

Gus Qoyyum dalam mauidotul hasanah menjelaskan tentang sosok santri saat ini yang sudah banyak kehilangan keberkahan. “Ada yang hilang dari kita sebagai sosok seorang santri, yaitu keinginan mencari ilmu, dan mencari keberkahan. Ilmu yang terhubung kepada Rasulullah. Itulah yang menjadikan santri itu akan sukses dan bahagia kelak.”, Ungkapnya.

Beliau juga menjelaskan sebagian kandungan surat Muhammad dalam Alquran. Terdiri atas 38 ayat dan 2349 huruf. Di dalamnya itu ada kiat menjadi seorang yang bahagia.

Siapa itu orangnya. Yaitu orang yang menikmati hidup. Sukses hidup jika ia terhubung dengan Nabi Muhammad SAW. Karena Allah akan memberikan nikmat itu kepada orang-orang yang tepat. Orang bodoh bahagia banyak, orang alim ruwet, ya banyak. Makanya kuncinya adalah satu, terhubung kepada Rasulullah”, bebernya.

Selain itu, saat mengakhiri ceramah, beliau menekankan pada tiga hal target utama santri, yaitu sholeh, berilmu, dan bahagia. Bahagia dalam pandangan syariah, yaitu bahagia di dunia dan di akhirat. (pn/ *)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Mengupas Keindahan Kerukunan Umat Beragama dan Budaya Desa Tempur Jepara

JEPARA, PATINEWS.COM Desa Tempur terletak di Kecamatan Keling Kabupaten Jepara, Jateng. Desa Tempur ini terletak…

6 Agustus 2020

Mengenal Bahasa Arab Sebagai Bahasa Internasional

PATINEWS.COM - FEATURED, Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa asing yang yang banyak dijadikan sebagai…

6 Agustus 2020

Larangan Penyembelihan Qurban Hewan Sapi Bagi Warga Kudus, Bukti Toleransi Umat Beragama

KUDUS, PATINEWS.COM Beberapa waktu lalu, tepatnya pada tangga 31 Juli 2020, umat muslim diseluruh dunia…

6 Agustus 2020

Mahasiswa UMM Ajak Warga Budidayakan Tanaman Herbal, Guna Pencegahan Covid-19

JATENG, PATINEWS.COM Sekelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa…

6 Agustus 2020

Pemberdayaan Perempuan Melalui Potensi Lokal

Perempuan merupakan salah satu komponen yang ada di masyarakat yang dapat dilibatkan dalam suatu pembangunan.…

6 Agustus 2020

Hari Jadi Pati ke 697, Sederhana Namun Kaya Makna

PATI, PATINEWS.COM Peringatan hari Jadi Kabupaten Pati yang ke-697 tahun 2020 ini terbilang cukup sederhana.…

6 Agustus 2020