Categories: Berita

TPA Sukoharjo Pati, Bakal Disulap Jadi Kawasan Agrowisata

Peta Lokasi TPA Sukoharjo Margorejo Pati

PatiNews.Com – Margorejo, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Sukoharjo, yang terletak di Dukuh Jagan Desa Sukoharjo Kecamatan Margorejo, Pati ini bakal menjadi kawasan agrowisata dan ramah anak.

Hal ini terungkap dalam acara FGD (Focus Group Discussion) Wartawan Pati yang digelar hari ini (Sabtu, 9 Desember 2017) di TPA Sukoharjo.

Selain dihadiri awak media online, cetak dan elektronik, hadir pula Dandim 0718 Pati Letkol Arm Arif Darmawan, Kabag Humas Setda Pati Drs Rasiman, dan OPD Kabupaten Pati.

Dalam sambutannya, Drs Rasiman mengatakan, “FGD kali ini terasa istimewa karena diadakan di lokasi terbuka dan istimewa pula karena ada momen pelepasan Dandim 0718 Pati”.

TPA Sukoharjo ini disulap menjadi kawasan agrowisata yang ramah anak, “ini tak lepas dari peran wartawan yang turut memajukan wisata Pati, khususnya di TPA ini sekaligus sebagai wahana belajar anak-anak”, imbuhnya.

Senada dengan Kabag Humas Setda Pati, Letkol Arm Arif Darmawan juga mendukung tempat wisata di Pati agar lebih diketahui dunia.

Punya Koleksi Binatang, Layaknya Bonbin

Selain jadi tempat pembuangan akhir sampah, di TPA Sukoharjo Pati ini juga mempunyai kebun binatang mini dengan koleksi beberapa jenis binatang, diantaranya adalah 10 ekor Rusa Timor, beberapa jenis kera, berbagai jenis burung / unggas dan ular phyton dan sanca.

Tiket masuk untuk melihat kebun binatang ini adalah sebesar lima ribu rupiah saja yang dihitung per kendaraan bukan per orang. Akses jalan masuk dari Jalan raya Pati Kudus sudah sangat baik dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar 15 menit dari pusat Kota Pati. Rute dari perempatan bangjo disebelah utara Rumah Sakit Keluarga Sehat Hospital / KSH belok ke arah kanan jika anda dari Pati Kota, kemudian ikuti saja petunjuk arah ke arah TPA Sukoharjo Pati / Lapangan tembak Brimob Pati.

Kebun binatang ini memang belum begitu ramai, ini memang dikarenakan minimnya koleksi binatang yang dipelihara. Seharusnya jika ini dikembangkan dapat menjadi salah satu ikon wisata di Kabupaten Pati, dan dapat menjadi media edukasi untuk pendidikan anak usia dini. Untuk lokasi sudah cukup strategis, ditambah lagi dengan naungan pohon randu, membuat tempat ini teduh, sejuk dan rindang. Dari sekian koleksi binatang yang ada, beberapa diantaranya adalah sumbangan dari tokoh masyarakat Kabupaten Pati. (ys)

patinews.com @patinewscom

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com @patinewscom

Recent Posts

Bagikan Nasi Kotak Gratis, Polsek Jakenan Sasar Empat Titik ini

Bagikan Nasi Kotak Gratis, Polsek Jakenan Sasar Empat Titik ini PatiNews.Com - Jakenan, Minggu, 13 Oktober 2019, Kepolisian Sektor Jakenan…

2 jam ago

Gebyar Tradisi Rebo Wekasan 2019 Resmi Dibuka

Gebyar Tradisi Rebo Wekasan 2019 Resmi Dibuka PatiNews.Com - Kudus, Gebyar Tradisi Rebo Wekasan di Desa Jepang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten…

5 jam ago

Perkuat Segmen LCGC, Toyota Luncurkan New Calya, Segini Harganya

Perkuat Segmen LCGC, Toyota Luncurkan New Calya, Segini Harganya Patinews.com - Otomotif, Toyota New Calya, hadir dengan desain terbaru yang…

16 jam ago

Sekretariat DPRD Pati, Terima Kunjungan Sekretariat DPRD Blitar

Sekretariat DPRD Pati, Terima Kunjungan Sekretariat DPRD Blitar Patinews.com - Kota, Bertempat di Ruang Gabungan DPRD Kabupaten Pati, rombongan dari…

16 jam ago

Jangan Dibuang, Diapers Ternyata Bisa Diubah Jadi Pupuk

Patinews.com - Jateng, Diapers atau popok sekali pakai merupakan salah satu sampah yang sering dianggap momok bagi masayarakat. Ini karena…

17 jam ago

Reses Pertama Selama Empat Hari, Anggota Dewan Pati Ditarget Empat Titik Tiap Dapil

Sekretaris DPRD Kabupaten Pati, Bambang Santoso Patinews.com - Kota, Selama empat hari, anggota DPRD Kabupaten Pati mulai melaksanakan reses. Ini…

18 jam ago