Categories: EdukasiTips

Tips Belajar di Luar Negeri

Tips Belajar di Luar Negeri (Gambar: Google.com)

Pendidikan merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan seseorang. Tujuan dari memperoleh pendidikan tidak hanya untuk mendapatkan ijazah ataupun gelar untuk dapat mendapatkan pekerjaan, namun juga untuk mendapatkan ilmu. Tidak jarang, sebagian orang bersekolah di luar negeri salah satunya adalah di Australia. Di negeri kangguru tersebut, banyak sekolah ataupun universitas yang dapat menjadi pilihan untuk belajar. Namun, masalah yang salah satu masalah yang harus dihadapi adalah mengenai biaya kuliah di Australia.

Sebelum memutuskan untuk bersekolah di luar negeri misalnya di Australia, Anda harus mempersiapkan rencana yang matang. Rencana yang dibuat meliputi:

  • Menentukan kampus atau universitas yang akan dituju. Ketika kampus telah ditentukan, kemudian mencari informasi mengenai kampus tersebut dan hal-hal yang berhubungan dengan universitas tersebut yang dapat membantu untuk mempermudah kuliah di tempat tersebut.
  • Pilih program studi yang hendak dimasuki atau diinginkan berdasarkan minat.
  • Persiapkan dan hitung dengan teliti biaya yang harus dikeluarkan untuk persiapan dan juga berkuliah di Australia.
  • Tentukan waktu untuk berangkat.
  • Dalam tenggat waktu tersebut, rencanakan untuk menentukan kapan membuat visa, sertifikasi bahasa, melengkapi dokumen dan mengirimkan lamaran.

Dalam melakukan pemilihan kampus atau universitas yang akan dituju, jangan menghabiskan waktu untuk membandingkan kampus yang terlihat menarik. Bandingkan kampus dengan alasan yang lebih pribadi misalnya yang lebih sesuai dengan diri sendiri. Pemilihan universitas yang tepat, dapat membantu Anda untuk lebih dapat menyesuaikan diri ketika telah diterima dan belajar di universitas tersebut.

Ketika telah diterima dan bersiap berangkat ke luar negeri misalnya ke Australia, persiapkan barang bawaan termasuk visa, passport dan dokumen penting yang akan dibutuhkan ketika bersekolah di sana. Kecemasan awal ketika memulainya adalah orang yang akan menjemput atau membantu ketika awal berkuliah atau awal berada di negara tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan konsultan pendidikan atau pembimbing atau jika beruntung terdapat kenalan di sana untuk menjemput di bandara. Pastikan memberikan info yang tepat agar penjemputan tidak salah.

Beberapa tips ketika memulai beradaptasi di awal kuliah di luar negeri, diantaranya yaitu:

  • Jangan lupa untuk menukarkan rupiah dengan mata uang Australia atau mata uang di negara tempat Anda melanjutkan kuliah. Memerlukan paling tidak 24 untuk dapat mempersiapkan uang tunai yang ditukarkan di tempat tersebut. Jika tidak terpaksa, sebaiknya tidak melakukan penukaran di tempat penukaran uang di bandara karena mengenakan biaya yang tinggi.
  • Homesick merupakan hal yang wajar terutama jika berada jauh dari rumah dan tidak dapat setiap hari pulang. Solusinya adalah jangan lupa untuk tetap berkomunikasi dengan orang yang ada di rumah.

Ketika baru tiba di universitas, agar tidak merasa bosan, Anda dapat menjelajahi kampus Anda. Hal tersebut dapat bermanfaat agar nantinya Anda tidak akan tersesat ketika memulai berkuliah di tempat tersebut. Tidak hanya mengenal kampus lebih baik, namun sebaiknya Anda juga mencari informasi mengenai transportasi yang ada di sekitar kampus. Pencarian informasi tersebut dapat membantu Anda untuk berpergian tanpa menyusahkan diri sendiri dan orang lain.

Jangan lupa untuk membereskan hal-hal yang terlihat kecil namun sebenarnya penting. Membuka rekening di bank lokal, melaporkan diri ke kedutaan, mencari buku adalah contohnya. Tidak hanya orang yang mendapatkan beasiswa saat kuliah di Australia, namun juga berlaku untuk mahasiswa lainnya, sebaiknya jangan menghabiskan uang terlalu banyak untuk hal tertentu. Penghematan dapat dilakukan misalnya dengan memasak sendiri, sehingga uang dapat keperluan lain.

patinews.com @patinewscom

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com @patinewscom

Recent Posts

Telah dibuka, Jembatan Edukasi Pantai Kertomulyo

Telah dibuka, Jembatan Edukasi Pantai Kertomulyo PatiNews.Com - Trangkil, "Jembatan Edukasi Pantai Kertomulyo", jembatan ini dibuat untuk memberikan edukasi bagi…

14 jam ago

Persit Kodim Pati beri dukungan penyandang disabilitas dan anak berkebutuhan khusus melalui acara ini

Pati- Bertepatan dengan acara CFD (Car Free Day) yang dilaksanakan di Kompleks alun-alun Pati, sepanjang Jl. Panglima Sudirman dan Jl…

16 jam ago

Cari Kangkung di Rawa, Warga Srikaton Kayen Ditemukan Tenggelam

Patinews.com - Kayen, Hendak mencari kangkung di area rawa, seorang warga Desa Srikaton Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Jateng, ditemukan warga…

17 jam ago

Mio vs NMax di Jalan Raya Tayu-Puncel, Dua Pengendara Terluka

Patinews.com - Dukuhseti, Dua sepeda motor, Yamaha Mio dan Yamaha NMax terlibat kecelakaan di Jalan Raya Tayu - Puncel tepatnya…

17 jam ago

Tiga Tahun Berjalan, Transaksi Non Tunai Ampuh Cegah Kebocoran Anggaran

Patinews.com - Kota, Implementasi transaksi nontunai Pemkab Pati di tahun 2020 ini, memasuki tahun ketiga. Penerapan transaksi nontunai di lingkungan…

18 jam ago

Terkait Video Viral, Begini Penjelasan RSUD Soewondo Pati

Patinews.com - Kota,┬áTerkait berderarnya video yang sempat viral di medsos beberapa hari lalu, tentang salah satu warga desa Bogotanjung Kecamatan…

19 jam ago