Categories: tekno

Mengenal dan Memahami Layar Smartphone Dengan Seksama

Pentingnya pemahaman layar smartphone tentu harus Anda ketahui. Pasalnya dengan mengetahui berbagai informasi mengenai berbagai hal tentang mengatur layar pada handphone tentu menjadikan Anda tidak kudet.

Berbagai informasi mengenai hal tersebut tentu selain untuk pengetahuan, juga Anda bisa mengatur layar sesuka hati dan bisa menjadi salah satu referensi ketika Anda hendak membeli sebuah smartphone. Berikut beberapa informasi mengenai pemahaman layar smartphone.

  • Resolusi

Saat membeli smartphone yang sering ditanyakan orang-orang selain ukuran layar dan RAM adalah resolusi dari layar. Tapi apakah kamu sudah paham kenapa resolusi layar? Karena seberapa besar tingkat resolusi sangat mempengaruhi tampilan layar. Tak heran jika orang-orang bertanya seberapa besar resolusi karena semakin besar resolusi layar akan mempengaruhi besar kepadatan piksel atau istilahnya Pixels Per Inch (PPI). Jadi, sangat disayangkan jika ukuran layar cukup besar tapi resolusi rendah karena akan memberikan tampilan layar kurang bagus.

  • Tren Resolusi

Resolusi menjadi topik yang hangat untuk dibicarakan dalam memilih smartphone. Apalagi resolusi sangat mempengaruhi kenyamanan kamu dalam memandang ponsel. Dari berbagai vendor Android banyak yang telah menanamkan resolusi HD agar para konsumen nyaman memandang layar. Meski hingga kini masih banyak vendor yang masih banyak vendor yang menanamkan resolusi di bawah vendor. Melihat dari segi tren resolusi yang sering digunakan adalah 2K. Tapi jika kamu ingin terlihat canggih maka kamu bisa memilih smartphone dengan resolusi 4K. Meski saat ini hanya Sony Xperia Z5 Premium yang menggukan resolusi 4K.

  • Jenis Panel Layar

Ada berbagai panel layar yang digunakan oleh vendor android. Yaitu LCD, OLED, AMOLED, Super AMOLED, TFT, IPS juga ada kombinasi dari IPS dan LCD yaitu IPS-LCD. Melihat banyaknya jenis panel layar pastinya memberikan perbedaan yang sigfinikan antara android merk A dengan merk B. Misalnya saja Samsung Galaxy S7 menggunakan panel layar Super AMOLED sedangkan iPhone 7 menggunakan IPS LCD.

  • OLED, AMOLED dan Super AMOLED, apa bedanya?

Melihat banyaknya jenis panel layar apakah perbedaannya? Bukankah sama saja yang terpenting layar? Tentu ada perbedaannya. Berikut adalah penjelasan OLED, AMOLED dan Super AMOLED.

Organic Light Diode (OLED) adalah layar yang terbuat dari lembaran electroluminescent yang tipis. Meski tipis lembaran tersebut mampu menghasilkan cahaya sendiri. Sehingga bisa menghemat daya baterai dan tidak membutuhkan lampu belakang.

Active Matrix Organic Light Diode (AMOLED) hampir sama dengan OLED hanya sebutannya saja yang berbeda saat ditanamkan pada smartphone dan TV menjadi AMOLED.

Kalau Super AMOLED juga berbahan sama dengan OLED. Super AMOLED hanya nama yang disematkan oleh vendor Samsung pada model-model high-end buatannya. Perbedaan Super AMOLED dengan AMOLED dan OLED adalah terletak pada inovasi super AMOLED yang mengintegrasi lapisan respon touchscreen. Atau secara singkat Super AMOLED lebih baik dari AMOLED dan LED.

  • Mana jenis layar yang terbaik?

Jenis layar yang berbeda dibuat oleh vendor Android yang berbeda pula. Misal, AMOLED merupakan jenis layar yang dibuat oleh Samsung dan IPS-LCD dibuat oleh LG. Lalu mana yang terbaik? Kedua jenis layar tersebut sama-sama bagus. Hanya saja berbeda fungsi dan manfaatnya. Bergantung aktifitas kamu dalam memakai smartphone.

Contoh jika kamu lebih sering beraktifitas di luar ruangan maka layar jenis LCD sangat cocok untuk kamu. Tapi jika kamu lebih suka dengan kombinasi jutaan warna dengan kontras yang tajam maka pilihlah AMOLED. Jadi pemahaman layar smartphone menjamin pilihan yang baik dan tepat.

Saat menggunakan smartphone kamu juga harus perhatian pada layar smartphone. Karena seperti halnya manusia, smartphone juga memiliki bagian-bagian vital yang sangat sensitif dan layar menjadi salah satu bagian vital dari smartphone. Mengingat layar smartphone juga menjadi bagian yang sering kamu pegang dan terbuat dari kaca yang bisa pecah. Meski tebal dan kamu yakin akan sulit pecah tapi kamu juga harus berhati-hati karena bisa saja karena kurangnya rasa peka bisa membuat smartphone kamu mengalami penurunan dalam performa.

Ingat pula jangan menaruh smartphone di saku celana bagian. Karena entah sengaja atau tidak sengaja, saat kamu duduk layar smartphone kamu menopang berat tubuhmu. Bisa saja pecah atau hanya mengurangi performa. Juga bagi pria, hindari menaruh smartphone di saku celana depan. Karena bisa melemahkan sperma. Lebih aman untuk menaruh smartphone di saku kemeja atau bagian atas.

review

Share
Published by
review

Recent Posts

HUT Lalu Lintas ke 64, Polres Pati Sosialisasikan Smart SIM dan Launching Tilang Elektronik

HUT Lalu Lintas ke 64, Polres Pati Sosialisasikan Smart SIM dan Launching Tilang Elektronik Patinews.com - Kota, Bertempat di depan…

2 jam ago

Dambakan Ada Sekolah Olahraga di Pati, Wabup Safin: Profesi Atlet Bisa Menjamin Masa Depan

Dambakan Ada Sekolah Olahraga di Pati, Wabup Safin: Profesi Atlet Bisa Menjamin Masa Depan Patinews.com - Olahraga, Bertempat di kolam…

2 jam ago

Didaulat Panitia Boyolali Berlari 7K, Bupati Promosikan Pati Sport Tourism

PatiNews.Com - Boyolali, Bersama ribuan pelari dari berbagai daerah, Bupati Pati Haryanto pagi tadi turut menyemarakkan kegiatan Boyolali Berlari 7k…

3 jam ago

Hadiri Kejuaraan Karate Pelajar, Wabup Tekankan Pentingnya Dukungan Tanpa Intervensi dan Titipan

Hadiri Kejuaraan Karate Pelajar, Wabup Tekankan Pentingnya Dukungan Tanpa Intervensi dan Titipan PatiNews.Com - Kota, Pembukaan Kejuaraan Karate Pelajar Kabupaten…

4 jam ago

Kirim 350.000 Liter Air Bersih, Masjid Djauharotul Imamah Bantu Atasi Kekeringan di Pati

Kirim 350.000 Liter Air Bersih, Masjid Djauharotul Imamah Bantu Atasi Kekeringan di Pati. PatiNews.Com - Kota, Kemarau panjang yang sedang…

11 jam ago

Anak Dibawah Umur Kecelakaan di Sarimulyo, Ini Himbauan Kapolsek Winong Bagi Para Ortu

Anak Dibawah Umur Kecelakaan di Sarimulyo, Ini Himbauan Kapolsek Winong Bagi Para Ortu PatiNews.Com - Winong, Lakalantas antara dua sepeda…

19 jam ago