Categories: BeritaKolom

Mahasiswa FTIK USM Buat Program Approval pada Perusahaan Kontraktor

Semarang – Mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang berhasil mengembangkan program approval yang diterapkan pada suatu perusahaan Kontraktor. Adalah Bagaskoro, Angga Zakaria, Alfian Adi Pratama, dan Taufiq Istiqlal yang berhasil mengembangkan aplikasi ini menggunakan metode Data Mining. System ini memberikan kemudahan bagi suatu perusahaan untuk melakukan approval secara otomatis dengan menggolongkan suatu pekerjaan dengan kriteria tertentu.

Dalam penerapannya, system ini digunakan oleh suatu perusahaan yang bergerak pada bidang kontraktor. Perusahaan tersebut memiliki kendala approval atau penerimaan pekerjaan yang secara manual dimana kendali persetujuan pengambilan keputusan apakah suatu pekerjaan dapat diterima atau tidak berdasarkan keputusan dari direktur. Namun adakalanya direktur memiliki kesibukan lain dan hal ini berpengaruh pada lamanya proses penerimaan pekerjaan yang diberikan pada perusahaan tersebut. Untuk itulah system ini membantu proses persetujuan tersebut dengan menerapkan kriteria tertentu suatu pekerjaan dapat diterima.

Proses penerimaan pekerjaan melalui beberapa tahapan yang telah ditentukan sesuai kebijakan perusahaan. Meliputi lokasi pekerjaan, dana yang diperlukan, estimasi pekerjaan hingga laba yang akan diterima. System ini akan menyeleksi secara otomatis pekerjaan yang dirasa menguntungkan dengan estimasi waktu tercepat.

“Kami sangat yakin program ini menjawab kendala yang kami hadapi. Terutama kendala dalam hal approval pekerjaan. (program) ini meminimalisir pembuangan waktu apabila ada pekerjaan yang dirasa menguntungkan, sehingga kami dapat selangkah lebih depan dari pesaing kami” menurut Project Manager perusahaan tersebut. Kedepannya, system ini akan dikembangkan dan diharapkan mampu menjawab persoalan perusahaan yang memiliki masalah yang sama yaitu pendukung keputusan.

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Badan Musyawarah DPRD Kembali Jadwalkan Agenda Kegiatan

PATI, PATINEWS.COM Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kabupaten Pati  kembali adakan rapat, terkait penjadwalan kegiatan Anggota…

4 Agustus 2020

KKN Undip Desa Bulumanis Lor, Rancang Mekanisme Peminjaman Buku Perpustakaan Desa

MARGOYOSO, PATINEWS.COM “Berikan aku 100 pemuda maka akan kugoncangkan dunia”-Ir. Soekarno. Pada tahun 2045, Negara…

4 Agustus 2020

Muspika Wedarijaksa Sosialisasikan HUT RI Ke-75 Ditengah Pandemi

WEDARIJAKSA, PATINEWS.COM Selasa, 4 Agustus 2020, Muspika Wedarijaksa dalam rangka memeringati HUT RI Ke-75 memberikan…

4 Agustus 2020

Diterjang Angin Kencang, Tempat Fillet Ikan di Banyutowo Roboh

DUKUHSETI, PATINEWS.COM Akibat diterjang angin kencang, gudang Fillet ikan yang terletak di Desa Banyutowo Kecamatan…

4 Agustus 2020

Pak Bhabin Polres Pati Raih Juara 1 Bidang Negosiator Tingkat Polda Jateng

PATI, PATINEWS.COM Ditengah pandemi corona ini, Bhabinkabtibmas Polres Pati tetap berbuat yang terbaik. Ini terbukti…

4 Agustus 2020

Edisi Toga Wisuda Murah, Bersama Kelompok Wanita Tani Desa Karangsari Cluwak

CLUWAK, PATINEWS.COM (04/08/2020) Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak besar bagi masyarakat. Tidak sedikit kerugian telah…

4 Agustus 2020