Categories: FeaturedReview

Cara Mudah Buat Video 360 Hanya Dengan Satu Aplikasi

Membuat sebuah dokumenter video untuk suatu momen memang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini tentu saja, untuk mengenang setiap kejadian penting yang dialami dengan orang-orang tersayang. Nah, bagi Anda yang ingin membuat sebuah video dokumenter, tentu saja Anda tidak ingin membuatnya biasa-biasa saja bukan?

Untuk memberikan kesan tersendiri, Anda membutuhkan sebuah video yang unik dan berbeda dari biasanya. Nah, tahukah Anda jika saat ini sedang nge-tren sebuah video dengan konsep 360 derajat? Ya, konsep video yang satu ini menjadi salah satu video yang sedang viral di media social.

Video 360 derajat akan merekam semua bagian sehingga bisa menciptakan sebuah video yang keren dan unik. Bagi Anda yang ingin membuat sebuah video, video 360 ini bisa jadi solusinya. Namun, sebelum melangkah ke beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat sebuah video 360 derajat, tampaknya Anda harus mengenal lebih dalam dengan apa yang dimaksud video 360 itu sendiri.

Tak seperti video yang lainnya, video 360 ini bisa dibilang cukup unik dan berbeda dari biasanya. Dimana, Anda dapat melihat semua hal yang ada pada video tersebut bahkan seperti sedang melihatnya secara langsung.

Video yang Anda putar akan nampak sangat nyata jika Anda menggunakan perangkat Virtual Reality. Virtual Reality ini sendiri merupakan salah satu teknologi masa kini yang mengajak Anda untuk melihat gambar virtual tampak seperti nyata.

Dengan menggunakan video 360 ini, Anda bisa melihat gambar dari sudut manapun. Baik dari sudut depan atau belakang, kanan kiri, hingga atas atau bawah. Tentu saja, hal tersebut dapat membuat Anda bisa mendapatkan pengalam menonton video yang berbeda dan mengesankan.

Untuk membuat video yang satu ini, dibutuhkan kamera khusus 360 derajat agar bisa merekam semua momen dengan sangat baik. Pencetus awal dari teknologi yang satu ini adalah Google pada Maret 2015. Kemudian, disusul oleh beberapa perusahaan lainnya seperti Giroptic 360Cam, SP360, RICOH THETA, Bulbcam seta IC Real Tech Allie yang mana beberapa perusahaan tersebut  mengambil bagian untuk bisa memberikan fasilitas bagi Google.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membuat video 360 satu ini, tentu saja Anda membutuhkan beberapa perangkat yang mendukung agar bisa mendapatkan gambar yang diharapkan dengan kualitas yang bagus tentunya. Salah satu perangkat yang harus ada untuk membuat video 360 yakni smartphone yang mendukung.

Anda haruslah menyediakan sebuah smartphone dengan spesifikasi kamera yang bagus. Tidak hanya dilengkapi dengan resolusi kamera yang besar, akan tetapi juga harus dilengkapi dengan fps (frame per second). Dengan adanya spesifikasi kamera tersebut, hal ini dapat membuat video yang Anda ciptakan bisa tampak lebih keren.

Lalu, apakah ada kriteria video khusus yang harus Anda buat untuk menciptakan video 360? Umumnya, tidak ada kriteria video yang harus Anda buat untuk sebuah video dengan sudut 360 derajat. Namun, video yang dibuat dengan sudut 360 derajat ini akan nampak sangat menarik jika Anda membuatnya dalam video olahraga seperti sepak bola, rugby, basket atau yang lain sebagainya.

Namun, bukan berarti hal tersebut tidak membuat jenis video lainnya nampak membosankan. Bagi Anda yang suka kegiatan adventure seperti naik gunung atau yang lainnya, membuat video dengan sudut 360 derajat juga akan menjadi sangat menarik. Bagaimana? apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Buat Anda yang sudah merasa penasaran, pastinya bertanya-tanya bagaimana cara membuat video 360 satu ini? Untuk membantu Anda, berikut ini penjelasannya.

  1. Anda harus mendownload terlebih dahulu aplikasi Google Cardboard Camera yang ada di Playstore, jika sudah maka Anda bisa langsung menginstallnya.
  2. Setelah itu, Anda bisa langsung memilih tempat ataupun momen yang ingin Anda pilih untuk membuat sebuah video 360.
  3. Langkah selanjutnya, buka aplikasi Google Cardboard Camera kemudian klik gambar kamera yang ada di pojok kanan bawah untuk membuat sebuah video.
  4. Setelah itu, ada 3 navigasi, yang mana tombo X digunakan untuk menutup kamera, tombol bulat yang berada di bagian tengah digunakan untuk mulai merekam, dan tombol yang ada di sebelah kanan digunakan untuk merekam suara. Nah, bagi Anda yang ingin langsung merekam, Anda bisa langsung klik tombol bulat yang ada di bagian tengah.
  5. Untuk membuat sebuah video 360 yang keren, Anda harus mengikuti alur yang telah diperintahkan oleh Cardboard Camera dengan mengikuti tanda garis merah yang telah disediakan. Ambil gambar yang ingin Anda buat video dengan cara yang pelan dan tidak terlalu cepat. Apabila Anda membuatnya dengan gerakan yang terlalu cepat, maka Anda akan mendapatkan sebuah peringatan. Jika Anda sudah selesai membuat video, maka klik tanda ceklis yang ada di bagian bawah.
  6. Apabila Anda sudah selesai dalam membuat video, Anda  bisa membukanya dengan klik tanda kacamata yang ada pada aplikasi tersebut.
  7. Nah, video 360 yang Anda buat pun sudah bisa Anda nikmati sekarang. Untuk memberikan pengalaman menonton video yang luar biasa. Anda bisa menggunakan perangkat Virtual Reality untuk membuatnya tampak sangat nyata.

Bagaimana? Sangat mudah bukan, cara yang harus Anda lakukan untuk membuat sebuah video dengan sudut 360 derajat? Apalagi Anda hanya menggunakan satu aplikasi yang bisa diunduh dengan sangat mudah di Google Play Store. Nah, buat sebuah momen yang mengesankan dengan menggunakan video 360 satu ini. Selamat mencoba!

patinews.com @patinewscom

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com @patinewscom
Tags: video 360

Recent Posts

Dulu Dianggap “Panganan Ulo”, Umbi Porang Ternyata Ampuh Untuk Diet

Dulu Dianggap "Panganan Ulo", Umbi Porang Ternyata Ampuh Untuk Diet Tanaman penghasil beras porang/beras shirataki kini mudah ditemukan di Pati,…

1 jam ago

Ini Pembagian Jadwal dan Sesi SKD CPNS Pemkab Pati

Ini Pembagian Jadwal dan Sesi SKD CPNS Pemkab Pati PatiNews.Com - Kota, Menindaklanjuti Pengumuman Ketua Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Pemerintah…

2 jam ago

Saling Memaafkan, RSUD Soewondo dan Kadus Bogotanjung Sepakat Pilih Jalan Kekeluargaan

Saling Memaafkan, RSUD Soewondo dan Kadus Bogotanjung Sepakat Pilih Jalan Kekeluargaan PatiNews.Com - Kota, Pihak RSUD Soewondo dan Kadus Bogotanjung…

6 jam ago

Ketua Persit Kodim Pati: Jangan Sampai Kesibukan Lupakan Penampilan

Patinews.com - Kota, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXXIX Kodim Pati menggelar pertemuan rutin yang dilaksanakan pada hari ini. Rabu, 22…

16 jam ago

Ajukan 1500 Bidang Tanah Untuk PTSL, Warga Desa Dukuhseti Terima Penyuluhan BPN Pati

Patinews.com - Dukuhseti, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pati memberikan pemaparan tentang program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada puluhan warga masyarakat…

17 jam ago

Program Kerja 2020, Bupati Dorong TP PKK Fokus Pada Empat Kegiatan ini

Patinews.com - Kota, Bupati Pati Haryanto mendorong Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Pati untuk memfokuskan kegiatan pada program-program…

17 jam ago