Bupati Pati Imbau Warga Saling Tolong Tanpa Pandang Agama

Bupati Pati Imbau Warga Saling Tolong Tanpa Pandang Agama

PatiNews.Com – Kota, Ribuan umat Kristen dan Katolik dari berbagai wilayah di Kabupaten Pati mengikuti Perayaan Natal Bersama Umat Kristiani yang digelar oleh Badan Kerjasama Kristen Katolik Kabupaten Pati. Jum’at, 10 Januari 2020.

Perayaan di Pendopo Kabupaten Pati tersebut dihadiri oleh Bupati Pati Haryanto dan jajaran Forkopimda Kabupaten Pati.

Bupati Pati Haryanto dalam sambutannya mengatakan, momentum perayaan Natal bukan sekadar hura-hura dan suka cita, melainkan bentuk syukur umat Kristiani terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Perayaan Natal bersama ini juga menambah kebersamaan dan keguyuban umat Kristiani.

Menurutnya, sekalipun akhir-akhir ini di Kabupaten Pati kerap terjadi bencana alam banjir, tanah longsor, dan tanggul jebol, umat beragama tetap patut bersukur. Sebab, secara umum kondisi kehidupan sosial masyarakat tergolong cukup kondusif, aman, dan terkendali.

Kerukunan umat beragama, lanjut Bupati, merupakan buah dari sikap saling menghargai satu sama lain. Bukti bahwa umat beragama di Pati saling menghargai, lanjut Bupati, di antaranya ialah pada saat natal 25 Desember lalu sampai memasuki tahun baru, semua saling menjaga dengan baik.

“Warga Muslim ikut menjaga ketika umat kristiani beribadah di gereja. Aparat keamanan juga. Ini bukti bahwa di Kabupaten Pati kehidupan beragama aman dan damai,” sambungnya.

Pihaknya berharap, umat beragama di Kabupaten Pati, dan di Indonesia secara umum, tidak sampai terpecah-belah karena perbedaan keyakinan.

“Manakala kita bisa hidup guyub-rukun, gotong royong, kita bisa menjadi teladan bagi orang lain. Kita memang dituntut untuk menjadi panutan, sehingga apa yang kita perbuat terjaga dan kita tidak berani berbuat menyimpang,” ungkapnya.

Haryanto menegaskan, kodrat manusia ialah saling membutuhkan. Maka, masyarakat harus saling membantu tanpa memandang agama yang dianut.

“Coba bayangkan bagaimana kita bisa bertahan di tengah bencana seandainya kita tidak rukun. Kalau masyarakat rukun, dengan sendirinya akan bahu-membahu saling membantu,” pungkas Bupati. (pn/ hms).

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Pengamen Asal Winong yang Konsisten Bawakan Sholawatan ini Terbaring di Rumah Sakit, Butuh Uluran Tangan

Pengamen Asal Winong yang Konsisten Bawakan Sholawatan ini Terbaring di Rumah Sakit, Butuh Uluran Tangan PatiNews.Com - Winong, Warga sering…

3 jam ago

Gandeng Tokopedia, Gubernur: Bayar PBB se-Jateng Cukup Pakai Aplikasi HP

Patinews.com - Jateng, Bekerja sama dengan Tokopedia, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) meluncurkan fitur pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan…

11 jam ago

Beberapa Masker Ini Dapat Membantu Terhindar Dari Virus Corona

Hingga saat ini penggunaan masker dipercaya dapat membantu mencegah penularan virus. Tetapi supaya bisa terhindar dari virus corona tersebut, kamu…

12 jam ago

Jajaki Pembuatan Sub Terminal Agribisnis, DPMPTSP Pati Konsultasi ke STA Bandungan

Patinews.com - Kota, Pemasaran, saat ini merupakan kendala besar yang dimiliki oleh petani. Rata-rata di Indonesia, petani tidak mempunyai kekuatan…

12 jam ago

Desa Soneyan Margoyoso Mendadak Didatangi Ratusan Prajurit TNI

Patinews.com - Margoyoso, Ratusan Prajurit dari Kodim 0718/Pati melaksanakan kegiatan Minggu Militer dengan materi Ketahanan Mars yang dilaksanakan di desa…

14 jam ago

Kasi Humas Polsek Jakenan, Bantu Obati Warga Digigit “Ulo Ijo”

Patinews.com - Jakenan, Disamping melaksanakan tugas sehari hari sebagai Kasi Humas Polsek Jakenan, Aiptu Pudiyanto sering kali di Datangi warga…

15 jam ago