Bupati Haryanto Minta Kades Bijak Kelola Dana Desa

Bupati Haryanto Minta Kades Bijak Kelola Dana Desa

PatiNews.Com – Kota, Sebanyak 61 kades yang terdiri dari 21 kades petahana dan 40 kades baru dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Bupati Pati Haryanto. Penuh suka cita para kades terpilih ini membawa serta keluarga dan sanak saudaranya berbondong – bondong datang di Pendopo Kabupaten Pati.

Pelantikan dilaksanakan hari ini, Sabtu (16/3) bertempat di Pendopo Kabupaten Pati. Pelantikan dan sumpah jabatan kepala desa terpilih ini merupakan hasil pilkades serentak tahap dua yang dilaksanakan pada bulan Desember 2018 lalu.

Bupati Pati Haryanto dalam sambutan dan arahannya menyampaikan selamat bagi kades petahana yang berhasil terpilih menjadi kades kembali. Sebab dari jumlah petahana sebanyak 21 tersebut, ada yang sampai 3 kali tampil, ada yang 1 kali tampil berhenti dan tampil kembali. Semua yang terpilih kembali tersebut atas kepercayaan dari masyarakat.

“Jika kita hitung proses pemilihan hingga hari ini dilantik membutuhkan waktu 3 bulan 1 hari. Memang lebih 1 hari, namun sesuai peraturan perundang undangan, hal tersebut tidak menyalahi aturan. Selain itu, memang ini waktu yang tepat sebab harus menunggu kades sebelumnya yang masa jabatannya selesai,” ungkap Bupati.

Haryanto juga mengucapkan terima kasih kepada para penyelenggara pilkades serentak yang berjalan dengan aman, nyaman dan tidak terjadi permasalahan berat hingga proses pelantikan hari ini.
“Kalaupun terjadi letupan – letupan masalah kecil, itu hal yang wajar. Sebab dalam setiap momen pesta demokrasi, apa yang ada di pikiran calon, pasti pikiran untuk menang. Jadi ketika calon tersebut mendapat kegagalan, pasti belum dapat menerima dengan lapang dada,” beber Haryanto.

Usai dilantik, Bupati mengingatkan kades mempunyai kewajiban yang harus dipatuhi. “Beberapa waktu lalu, saya telah memberi bekal bagi kades yang memang mempunyai latar belakang berbeda – beda, mulai dari pedagang, petani, perantauan dan lain – lain. Minimal para kades paham proses anggaran, paham membuat APBDes, maupun paham posisinya setelah menjadi kades,” jelasnya.

Haryanto mengimbau, setelah menjadi kades jangan malu bertanya kepada bawahannya, seperti sekretaris maupun perangkat desa yang lain. Jangan sampai karena adanya rasa malu ini, malah justu membentak – bentak bawahannya. Sebab, memang wajar karena tidak ada pendidikan khusus terkait kades, namun tiba – tiba berhasil lolos menjadi pemimpin di desa.

Di akhir sambutannya Bupati mengatakan agar kades mampu menggunakan dana desa sesuai kebutuhan desa.
“Manfaatkan dana desa, ADD, dana pemberdayaan yang telah kita gelontorkan ke desa. Selain itu bagi kades terpilih, jangan hanya memimpin rakyat yang dulu memilihnya saja, tapi harus bisa memimpin dan mengayomi masyarakat satu desa penuh, jangan sampai membeda – bedakan,” tegas Bupati. (pn/ dok Humas).

patinews.com @patinewscom

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com @patinewscom

Recent Posts

Bukit Naga Jollong, Wisata di Pati Bikin Pikiran Plong

Bukit Naga Jollong, Wisata di Pati Bikin Pikiran Plong PatiNews.Com - Wisata, Bukit atau Kebun naga Jollong saat ini telah…

9 jam ago

Polsek Kayen Lakukan Problem Solving Permasalahan Warga

PatiNews.Com - Kayen, Bripka Septa Anggota Polsek Kayen selaku bhabinkamtibmas, setelah mendapat aduan dari warga melalui telepon, Bripka Septa bersama…

10 jam ago

BMT Harapan Umat Pati, Buka Lowongan Kerja Posisi Account Officer

BMT Harapan Umat Pati, Buka Lowongan Kerja Posisi Account Officer KSPPS (Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah) BMT Harapan Umat…

10 jam ago

Tim Puslitbang Mabes Polri Kunjungi Polres Pati, ini Agendanya

Tim Puslitbang Mabes Polri Kunjungi Polres Pati, ini Agendanya PatiNews.Com - Kota, Dalam rangka penelitian efektifitas pelayanan SPKT (Sentral Pelayanan…

15 jam ago

Krisis Air Bersih, Dua Desa di Jakenan Didrop Truk Tangki

Krisis Air Bersih, Dua Desa di Jakenan Didrop Truk Tangki Patinews.com - Jakenan, Droping bantuan air bersih kembali diberikan untuk…

1 hari ago

Diduga Curi Sembilan Tandan Pisang, Seorang Pria Diamankan Polsek Pati Kota

Patinews.com - Kota, Diduga mencuri sembilan tandan pisang, seorang Pria berinisial K (22th) warga Bancar Tuban Jatim ditangkap dan diamankan…

1 hari ago