Categories: Agro

Wow, Serapan Gabah Petani Pati Tembus Angka 116%

Wow, Serapan Gabah Petani Pati Tembus Angka 116% (gambar dokumentasi: Penerangan Kodim Pati)

Patinews.com – Kota, Tingkat serapan gabah petani di Kabupaten Pati menembus angka 116%, namun untuk tingkat Jawa Tengah masih kalah dengan Kabupaten Boyolali, Blora, dan Salatiga, yang masing – masing berikisar diangka 130%, 145% dan 150%. Hal ini terungkap saat diadakannya rapat tentang “Luas Tambah Tanam dan Pajale (Padi, Jagung, Kedelai) Tingkat Kabupaten Pati 2016” di Aula Dispertanak siang tadi (Senin, 26 September 2016).

Hadir dalam Rapat tersebut antara lain, Dandim 0718/ Pati, Letkol. Inf. Andri Amijaya Kusuma, S.Sos, Kepala Dispertanak Pati, Kabid PTPH, Kabid usaha Tani, Pasiter Kodim 0718/ Pati dan para Mantri Tani Se-Kabupaten Pati.

Dalam sambutannya, Dandim 0718/Pati menyampaikan, “Saya sangat berterima kasih kepada Kepala Dispertanak yang telah banyak mendukung adanya gerakan Pajale. Walaupun kendala dilapangan masih banyak ditemukan oleh para Babinsa dengan para Mantri Tani, tapi hasil yang dicapai para petani untuk kebutuhan pangan / stok Pajale masih mencukupi”.

“Dari propinsi menyampaikan bahwa Kabupaten Pati untuk tahun 2012 dan 2014 kita masih minus 763 ton stok beras, namun untuk tahun 2016 sudah ada peningkatan menjadi 3015 Ton beras, hal ini propinsi minta perlu ditingkatkan lagi. Mulai tanggal 1 Oktober nanti, air dari Waduk Kedung Ombo akan dialirkan ke wilayah Kecamatan Sukolilo, Winong kidul, Tambakromo, Jakenan dan wilayah lainnya. Semoga target penajaman Pajale dan luas tambah tanam bisa mencapai sasaran target dari pemerintah daerah maupun pusat. Secara teknis para Mantri Tani lebih pengalaman dalam bidang tersebut karena sudah makanan pokok /pekerjaan di lapangan. Alhamdulliah Serapan gabah kita sudah tembus 116% tapi kita masih kalah dengan Kabupaten Boyolali, Blora, dan Salatiga yang masing – masing 130%, 145%, 150%”, ungkap Dandim Pati.

Kepala Dispertanak menyampaikan ucapan terimaksih kepada Dandim 0718/Pati dan Pasiter, juga para Anggota Babinsa di lapangan yang selalu mendampingi program Presiden Jokowi tentang Pajale dan Sergab (Serapan Gabah) ditambah Luas Tambah tanam bisa berjalan dengan lancar dalam bidang pertanian. (*patinews.com)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Karang Taruna Desa Ngurensiti Wedarijaksa, Kelola Bank Sampah Jadi Sumber Pendapatan Desa

Karang Taruna Desa Ngurensiti Wedarijaksa, Kelola Bank Sampah Jadi Sumber Pendapatan Desa WEDARIJAKSA, PATINEWS.COM Dalam…

14 Agustus 2020

Berpakaian Ala Pejuang, Kodim Pati Bagikan Masker Gratis

Berpakaian Ala Pejuang, Kodim Pati Bagikan Masker Gratis PATI, PATINEWS.COM Puluhan orang berpakaian ala pejuang…

14 Agustus 2020

Bupati Haryanto Apresiasi Peran Pramuka Pati dalam Hadapi Pandemi

Bupati Haryanto Apresiasi Peran Pramuka Pati dalam Hadapi Pandemi PATI, PATINEWS.COM Dalam rangka memperingati Hari…

14 Agustus 2020

Warga Dukuh Njugo Tlogosari, Lakukan Audiensi dengan Komisi A DPRD Pati

PATI, PATINEWS.COM Warga Dukuh Njugo Desa Tlogosari Kecamatan Tlogowungu, Pati mendatangi kantor DPRD Kabupaten Pati.…

13 Agustus 2020

LKP Nissan Fortuna Pati, Gelar Promo Terbatas Stir Mobil Gratis Plus Mekanik Motor di Bulan Kemerdekaan

  PATI, PATINEWS.COM Memperingati bulan kemerdekaan, Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Nissan Fortuna Pati menggelar…

13 Agustus 2020

Terima Audiensi Warga Desa Semampir, Pimpinan DPRD Pati Sarankan Tempuh Jalur Hukum

PATI, PATINEWS.COM DPRD Kabupaten Pati kembali didatangi oleh Masyarakat Desa Semampir yang ingin menyampaikan aduannya…

13 Agustus 2020