Wisata Religi, Masjid Menara Kudus

Wisata Religi, Masjid Menara Kudus

PatiNews.Com – Kudus, Kudus merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Tengah dan terdapat banyak sekali tempat wisata, tak hanya wisata alam tetapi terdapat pula wisata religi sekaligus bersejarah, salah satunya Masjid Menara Kudus.

Berkunjung ke kota Kudus tak lengkap rasanya jika tidak mendatangi kawasan wisata religi  komplek Masjid Menara Kudus yang berada di Desa Kauman Kecamatan Kota Kabupaten Kudus sekitar 1,5 KM ke arah barat pusat kota (Simpang Tujuh).

Masjid Menara Kudus merupakan peninggalan salah satu Wali Songo yaitu Sunan Kudus dalam menyebarkan agama Islam di wilayah Jawa Tengah dan saat ini telah menjadi salah satu tujuan wisata religi yang patut di kunjungi jika berada di Kudus. Minggu,(09/06/19).

Masjid Menara Kudus di bangun dengan luas tanah 2.400 meter persegi, pada masa Sunan Kudus tahun 1549 Masehi atau 956 Hijriah dan dikenal dengan nama Masjid Al-Aqso . Dengan didirikannya Masjid Menara Kudus ini, Sunan Kudus berkeinginan agar dapat menyebarkan agama Islam lewat pendekatan kulturalisasi. Hal ini dapat terlihat dari arsitektur utama yang menyerab tiga budaya, yaitu Jawa, Islam, dan Hindu. Sunan Kudus mengadaptasi dan melakukan pribumisasi ajaran Islam di tengah masyarakat yang telah memiliki budaya mapan dalam pengaruh agama Hindu-Budha.

Masjid Menara Kudus memiliki lima pintu sebelah kanan dan lima pintu sebelah kiri, jumlah jendela keseluruhan ada 4 buah,  pintu besar terdiri dari 5 buah dan tiang besar yang berada di dalam masjid ada 8 buah. Namun masjid ini tidak sesuai aslinya semula karena pada tahun 1918-an telah mengalami renovasi. Selain itu terdapat juga padasan yang meupakan peninggalan dahulu dan sekarang di gunakan sebagai tempat wudhu.

Menara Masjid ini berdeda dengan menara masjid lain, Menara Masjid Menara Kudus lebih menyerupai bentuk bangunan candi Jawa-Hindu yang terbuat dari bata merah dan dipasang tanpa perekat semen. Menara ini mempunyai tinggi 18 meter dengan dihiasi 32 piring keramik bergambar yang berjumlah 32 buah.

Baca juga:   Alumni MA ITB Angkatan 2006 Gelar Reuni

Selain melihat secara dekat Masjid dan Menara Kudus, Para pengunjung yang datang juga melakukan dan menyempatkan diri untuk berziarah ke makam Sunan Kudus yang bertempat persis di belakang bangunan limasan tumpang Masjid Menara Kudus. Peziarah yang datang langsung duduk dengan di lanjut Nama Sunan Kudus sendiri diambil  dari nama daerah tempat dimana beliau menyebarkan Agama Islam, yakni di Kudus, yang saat ini menjadi nama sebuah Kabupaten di Jawa Tengah.

Salah satu dari rombongan peziarah datang dari magelang yaitu Erix, yang berkunjung ke makam Sunan Kudus.

“Saya dari Magelang kesini sama rombongan untuk berziarah dan berwisata religi serta ingin melihat bagaimana sih Masjid Menara Kudus yang di buat oleh Sunan Kudus itu” ujar pengunjung Menara, Erix (20).

Rutinitas menziarahi makam para wali itu tidak ada maksud lain kecuali mengharap berkah dari Allah. Selain berwisata mereka juga dapat melakukan ibadah.

Sementara salah satu juru parkir Masjid Menara Kudus, Darman mengatakan, bahwa peziarah yang datang ke Makam Sunan Kudus mulai meningkat. Menurutnya hal ini biasa tejadi saat menjelang bulan Ramadan.

“Biasanya peziarah bisa meningkat itu waktu saat sebelum bulan Ramadan, peziarah bisa datang dari berbagai daerah di Indonesia” Kata Darman (60).

Disekitar lokasi masjid kita dapat membeli cindramata atau makanan khas daerah Kudus dengan mudah dan harga terjangkau. Took-toko cindramata dan oleh-oleh akan selalu ramai di penuhi pembeli yang mampir seusai melakukan ibadah di masjid dan berziarah ke Makam Sunan Kudus.

Penulis : Elfa Fitriani

Wisata Religi, Masjid Menara Kudus | patinews.com | 4.5

Leave a Reply