Urus Dokumen Kependudukan, Perizinan, hingga Bayar Pajak di Satu Tempat, Pemkab Pati Bakal Hadirkan Mal Pelayanan Publik

Urus Dokumen Kependudukan, Perizinan, hingga Bayar Pajak di Satu Tempat, Pemkab Pati Bakal Hadirkan Mal Pelayanan Publik

PatiNews.Com – Kota, Untuk memudahkan pelayanan bagi masyarakat Pemerintah Kabupaten Pati berencana menghadirkan Mal Pelayanan Publik (MPP).

Guna mewujudkan hal ini, Pemkab Pati mengadakan studi komparasi ke Kabupaten Banyumas, yang lebih dahulu meresmikan MPP pada bulan Januari tahun 2019.

Tak tanggung- tanggung, Wakil Bupati Saiful Arifin memimpin rombongan didampingi Sekretaris Daerah Suharyono bersama para Kepala OPD, Kantor Imigrasi Pati dan Bank Jateng dalam studi komparasi yang berlangsung di Kabupaten Banyumas. Rabu, 12 Februari 2020.

Sementara itu dari Kabupaten Banyumas, Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono bersama Sekda Wahyu Budi Saptono menyambut kedatangan rombongan serta memberikan paparan proses pendirian MPP di Kabupaten Banyumas.

Wabup Saiful Arifin mengatakan, Kabupaten Banyumas telah berhasil menggabungkan berbagai jenis pelayanan di satu tempat, sehingga memudahkan masyarakat dalam mengurus pelayanan publik dari kependudukan, perizinan, dokumen, hingga membayar pajak.

“Kemudahan ini akan kita hadirkan di Kabupaten Pati, sehingga masyarakat lebih mudah untuk mengurus dokumen kependudukan, perizinan hingga pajak di satu tempat,” jelas Wabup.

Pihaknya berharap, sepulangnya dari Kabupaten Banyumas, para Kepala OPD dan instansi yang ikut dalam kunjungan ini akan memiliki gambaran, bagaimana mewujudkan Mal Pelayanan Publik yang sesuai di Kabupaten Pati.

“Tentunya akan kita sesuaikan dengan kebutuhan di Kabupaten Pati. Adanya MPP ini bisa menjadikan pelayanan publik tersentral sehingga lebih efektif dan efisien, serta memangkas birokrasi,” sambung Safin.

Rombongan dari Kabupaten Pati juga berkesempatan melihat langsung Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyumas yang menjadi proyek percontohan MPP oleh Kemenpan-RB.

Di MPP Banyumas, ada tujuh instansi vertikal, yakni, Polres Banyumas, Kantor Imigrasi, BP3TKI Jateng, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Kantor Pelayanan Pajak, dan Bank Jateng. Kemudian, ada Gerai Jateng, dan 10 OPD Kabupaten yang memberi pelayanan.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Pati mengatakan studi komparasi ini akan segera ditindaklanjuti dengan mengumpulkan OPD terkait, juga instansi vertikal yang menangani pelayanan untuk mempersiapkan pendirian MPP di Kabupaten Pati.

“Adanya pendirian MPP diharapkan bisa memenuhi tuntutan masyarakat atas pelayanan yang mudah, cepat dan tidak berbelit dapat dilaksanakan di Kabupaten Pati,” tandasnya. (pn/ prk)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Beredar [HOAKS] Pesan WA Mengatasnamakan DJP Kabupaten Pati

Beredar [HOAKS] Pesan WA Mengatasnamakan DJP Kabupaten Pati PATINEWS.COM, Beredar sebuah informasi melalui Broadcast WhatsApp…

27 September 2020

265 Keluarga di Jakenan, Terima Bantuan Beras

265 Keluarga di Jakenan, Terima Bantuan Beras JAKENAN, PATINEWS.COM Penyaluran Bantuan bantuan Beras dari Bulog…

26 September 2020

Tampil di Gelar Budaya Etnis, KMPP Yogyakarta Kenalkan Baju Adat Pati

Tampil di Gelar Budaya Etnis, KMPP Yogyakarta Kenalkan Baju Adat Pati YOGYAKARTA, PATINEWS.COM KMPP (Keluarga…

26 September 2020

Impian Mbah Ngasinah, Warga Bancak Gunungwungkal Akhirnya Terwujud

Impian Mbah Ngasinah, Warga Bancak Gunungwungkal Akhirnya Terwujud GUNUNGWUNGKAL, PATINEWS.COM Program bedah Rumah Tak Layak…

26 September 2020

Gandeng Pegadaian, Kodim Pati Bedah Rumah di Wedarijaksa

Gandeng Pegadaian, Kodim Pati Bedah Rumah di Wedarijaksa WEDARIJAKSA, PATINEWS.COM Dalam rangka menyambut HUT ke-75…

26 September 2020

Rawan Jebol, Warga dan TNI Perbaiki Tanggul Sungai Desa Angkatan Kidul Tambakromo

Rawan Jebol, Warga dan TNI Perbaiki Tanggul Sungai Desa Angkatan Kidul Tambakromo TAMBAKROMO, PATINEWS.COM Camat…

26 September 2020