Upaya Peningkatan Kualitas, Kemenag Pati Evaluasi Pelaksanaan Haji 2019

Upaya Peningkatan Kualitas, Kemenag Pati Evaluasi Pelaksanaan Haji 2019
Upaya Peningkatan Kualitas, Kemenag Pati Evaluasi Pelaksanaan Haji 2019

Patinews.com – Kota, Upaya peningkatan kualitas layanan haji terus dilakukan jajaran Kementerian Agama Kabupaten Pati. Salah satunya dengan menggelar rapat evaluasi pelaksanaan ibadah haji tahun 2019 bertempat di Aula Kemenag Pati. Rabu, 16 Oktober 2019.

Rapat evaluasi dihadiri oleh 40 peserta dari IPHI dan KBIH se Kabupaten Pati.

Kepala Kemenag Pati Imron Rosyidi dalam sambutan dan arahannya menjelaskan, rapat evaluasi merupakan sarana stategis bagi seluruh stake holder yang terlibat dalam pelaksanaan ibadah haji tahun 2019 untuk melakukan evaluasi sekaligus proyeksi.

Melalui rapat evaluasi ini diharapakan akan lahir berbagai proyeksi perbaikan demi terwujudnya layanan haji yang berkualitas di masa yang akan datang,” jelas Imron.

Lebih lanjut dijelaskan, kemampuan kita untuk melakukan evaluasi yang konferhensif terhadap suatu program akan mempermudah kita dalam merumuskan kebijakan perbaikan kedepannya.

“Atas nama pimpinan lembaga saya sampaikan apresiasi sekaligus ucapan terimakasih kepada seluruh jajaran yang telah bahu membahu dalam mensukseskan kegiatan haji tahun 2019,” lanjutnya.

Secara umum lanjut Imron seluruh pelaksanaan haji tahun 2019 berjalan dengan baik dan lancar, khusus untuk jamaah haji Kab. Pati yang berjumlah 1.109 orang diberangkatkan melalui Kloter 58,59,60 dan 61 seluruhnya kembali ke tanah air dalam keadaan yang sehat.

“Terakhir tentu kita berharap para jamaah haji yang sudah menjalakan rukum Islam kelima tersebut dapat menjadi tauladan di tengah-tengah umat,” harap Imron

Baca juga:   Aparat Keamanan Jaga Ketat Logistik Pilkada Pati 2017

Sementara itu, Abdul Hamid Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Pati dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan rapat evaluasi ini merupakan ikhtiar untuk meningkatkan kualitas layanan haji.

Saya berharap kepada seluruh komponen yang terlibat langsung dalam kegiatan haji tahun 2019 dapat menyampaikan evaluasi mendalam terhadap seluruh rangkaian kegiatan haji 2019,” urainya.

Setidaknya ada empat tahapan yang dilalui oleh setiap jamaah haji selama musim haji tahun ini, pertama bimbingan manasik, kedua pemberangkatan, ketiga pelaksanaan ibadah di tanah suci dan terakhir pemulangan jamaah ke tanah air, dari empat tahapan tersebut tentu ada catatan-catatan khusus yang perlu kita perbaiki kedepanya, hal tersebut merupakan tujuan akhir dilaksanakanya rapat evaluasi ini”, terang Hamid.

Aminah peserta dari KBIH Muslimat Pati menyampaikan “Sebagai bahan evaluasi mungkin perlu percepatan jadwal bimbingan manasik yang dilaksnakan di Kecamatan, hal tersebut penting agar waktu pelaksanaan bimbingan manasik tidak tekesan tergesa-gesa”, ungkapnya.

Hal senada disampaikan oleh Kholidi peserta dari IPHI, disamping itu ia berharap ada koordinasi terpadu antara tutor yang menyampaikan materi selama bimbingan manasik, agar jamaah memilki pemahaman yang sama selama bimbingan manasik. (pn/ dok Kemenag)

Upaya Peningkatan Kualitas, Kemenag Pati Evaluasi Pelaksanaan Haji 2019 | patinews.com | 4.5

Leave a Reply