Tumbuhkan Kesadaran Lingkungan, KKN Laskar Mahaprana IPMAFA Desa Ngablak Membuat Taman Pinggir Sungai

Tumbuhkan Kesadaran Lingkungan, KKN Laskar Mahaprana IPMAFA Desa Ngablak Membuat Taman Pinggir Sungai
Tumbuhkan Kesadaran Lingkungan, KKN Laskar Mahaprana IPMAFA Desa Ngablak Membuat Taman Pinggir Sungai

NGABLAK, Patinews.com – KKN Laskar Mahaprana IPMAFA (Institut Pesantren Mathaliul Falah) Desa Ngablak, melakukan kegiatan tanam bunga dan apotek hidup disekitar jembatan yang terletak di dukuh Kebolanjam Desa Ngablak. Jembatan ini dikenal oleh masyarakat dengan nama ‘Jembatan Pelangi’. Kata jembatan pelangi di ambil dari warna jembatan yang di beri warna bervariatif.

Tanaman yang di tanam Tim KKN seperti, Bunga Matahari, Bunga Sansevieria, Bunga Euphorbia, Serai, Pandan, Kunyit dan lain-lain. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang asri.

Dari keterangan Pak Tarno “pada tahun 2017 jembatan pelangi terkenal dengan keindahan sungai dan berbagai jenis tanaman, hal tersebut menjadikan jembatan pelangi sebagai tempat wisata bagi warga Ngablak dan sekitarnya, akan tetapi karena kurangnaya kesadaran masyarakat dalam menjaga keasrian alam, tanaman yang ada disekitar jembatan lambat laun tidak terawat lagi,” ucapnya.

Dari hal tersebut Tim KKN berinisiatif menghidupkan kembali obyek wisata yang sempat tak terawat yang terletak di Sukuh kebolanjam tersebut.

Baca juga:   Wabup Safin: Boleh Mengkritik, Tapi Wajib Beri Solusi

“Kami berharap agar jembatan tersebut dapat menjadi obyek wisata kembali serta adanya kesadaran masyarakat dalam rasa memiliki keindahan ala,” Tandas Suci Mawaddatun Ni’mah, Perwakilan Tim KKN IPMAFA.

Disaat bersamaan Tim KKN menggelar sosialisasi kepedulian lingkungan lewat pelajar yang masih duduk di Sekolah Dasar.

Hal tersebut dilakukan karena adanya kegelisahan kebiasaan masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan terutama di sepanjang sepadan sungai.

“Sosialisai ini kami gerakkan untuk membangun karakter kepedulian lingkungan sejak dini. Karena lingkungan adalah unsur kehidupan di sekitar kita yang harus di jaga,” ungkap Kharis Tim KKN IPMAFA.

Berbicara soal lingkungan, tidak lepas dari hal kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari. Misalnya membakar tumpukan sampah yang menyebabkan pencemaran udara dan limbah deterjen jika di buang ke sungai akan berdampak pada pencemaran air.

Menggerakkan tekad ini, Tim KKN Laskar Mahapra IPMAFA bergerak mengedukasi serta membangun pola pikir dari masyarakat yang di mulai saat dini. (*)

Tumbuhkan Kesadaran Lingkungan, KKN Laskar Mahaprana IPMAFA Desa Ngablak Membuat Taman Pinggir Sungai | patinews.com | 4.5

Leave a Reply