Terakreditasi A dengan Nilai 95, MI Thowalib Pesagen Gunungwungkal Tempati Urutan 6 se Jateng

Patinews.com – Gunungwungkal, MI Thowalib Pesagen Gunungwungkal, merupakan sebuah lembaga pendidikan dipelosok desa yang bernaung dibawah yayasan YPIT Pesagen yang meliputi RA Thowalib, MI Thowalib, MTs Thowalib, dan TPQ Thowalib.

Semenjak berdiri tahun 1951, madrasah ibtidaiyah ini tergolong maju pesat. Hal ini terbukti dengan banyaknya alumni yang telah sukses dalam prestasi maupun membangun ekonomi. Selain itu, animo masyarakat cukup besar yang menyekolahkan putra putrinya baik dari desa Pesagen hingga desa desa disekitarnya, bahkan lintas kecamatan.

Pada tahun 2019 MI Thowalib terakreditasi A dengan nilai 95 yang menempatkan lembaga ini pada urutan ke 6 di propinsi Jawa Tengah.

Selain terakreditasi A, madrasah ini sangat diminati masyarakat dikarenakan program yang ditawarkan cukup menarik. Mulai dari bimbel bahasa inggris yang langsung di mentori alumni Pare Kediri, hingga tekatnya mencetak alumni yang siap terjun dimasyarakat. Hal ini dibuktikan dengan diwajibkannya siswa kelas 6 untuk hafal suroh yasin, hafal tahlil, dzikir bakda sholat, membaca berjanji, sholat lima waktu, dan masih banyak kompetensi dasar lainnya.

Dibidang keorganisasian, siswa diberi kepercayaan dalam mengembangkan ide kreatfitasnya dalam wadah organisasi siswa ISMI ( Ikatan siswa madrasah ibtidaiyah ) yang telah berdiri sejak tahun 2002. Dalam wadah ini siswa diberi kepercayaan dalam menjalankan kegiatan terkait dengan peringatan hari besar agama maupun nasional.
Dibidang akademik, MI Thowalib juga banyak mengantarkan siswa siswinya menjuarai berbagai lomba KSM, lomba lomba yang diselenggarakan Kemenag maupun Kemendiknas. Hal ini bisa dilihat dengan begitu banyaknya piagam serta trophi juara di kantor MI Thowalib Pesagen.

Dibidang olahraga dan seni, MI Thowalib tidak diragukan lagi. Hal ini bisa disaksikan dengan prestasinya dibidang olahraga dan seni, serta pengembangan minat dan bakat yang terkonsep dinamis. Pentas pentas besar sering digelar hingga menghabiskan biaya puluhan juta. Pagelaran maha karya seni dan drama juga sering membuat pengunjung berdecak kagum. Terlebih kepiawaian para siswa berakting dipanggung dan juga film.

Baca juga:   Puncak Acara 17 Agustus, Desa Blingoh Adakan Karnaval yang Di Ikuti Seluruh Warga

Hal ini bisa dilihat karya mereka dalam sebuah sinema online dengan judul film ” ISMI” episode 01 da 02 yang bertebaran di chanel youtube. Selain bidang pengembangan tersebut masih banyak lagi ekskul yang dikembangkan di madrasah ini, yaitu Drum band, Pramuka, Rebana, Keorganisasian, Qiroah, Pidato, Tari, dan sanggar. Selain itu penanaman karakter islami juga betu betul di implentasikan melaui pembiasaan membaca asmaul husna sebelum masuk, jamaah shalat dluha, shalat dluhur,serta kegiatan upacara, tahlil, berjanjen, serta praktik sholat bersama disetiap hari senin secara bergantian.

Hingga pada tahun ajaran baru 2019 2020, bapak Munafi’ZD,S.Pd.I selaku kepala sekolah senantiasa berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu dan kualitas MI Thowalib Pesagen. Hal ini terlihat dengan semakin lengkap dan kenyamanan gedung dan meubelair siswa, sehingga kegiatan belajar mengajar berjalan dengan lancar dan tentu berbasis teknologi kekinian, maka mobil antar jemput siswapun turut disiapkan untuk menujang kepercayaan dan kepuasan masyarakat desa Pesagen dan sekitarnya.

Dalam kepedulian sosial, madrasah ini juga memberi banyak keringanan ataupun beasiswa. Seperti beasiswa siswa miskin, kakak beradik, yatim, penghafal alqur’an, dan siswa berprestasi. Hal ini ditujukan untuk memberi kesempatan kepada seluruh putra bangsa untuk memperoleh pendidikan dan pengalaman belajar yang layak. (pn/ dr).

Terakreditasi A dengan Nilai 95, MI Thowalib Pesagen Gunungwungkal Tempati Urutan 6 se Jateng | patinews.com | 4.5

Leave a Reply