Tangkis Paham Radikal, KKN IK IAIN Kudus Bersama Kemenag Pati Sosialiasikan Moderasi Islam

Tangkis Paham Radikal, KKN IK IAIN Kudus Bersama Kemenag Pati Sosialiasikan Moderasi Islam

Patinews.com – Kota, Bertempat di Kantor Kemenag Kabupaten Pati, telah digelar kegiatan talkshow kebangsaan Sosialisasi Islam Moderasi, hasil kolaborasi Dosen dan Mahasiswa/Mahasiswi KKN Ilmu Keagamaan jurusan Aqidah dan Filsafat Islam (AFI) Fakultas Ushuluddin IAIN Kudus bersama Kemenag Pati. (16/09).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk bersama-sama menghadang penyebaran pemahaman Islam radikal melalui sosialisasi toleransi dan moderasi Islam ke berbagai lapisan masyarakat.

Ulya, salah seorang Dosen IAIN Kudus yang menjadi narasumber pada acara tersebut memaparkan, “Penyebaran radikalisme agama kian memprihatinkan di tengah tengah masyarakat kita, maka peran Dosen dan Mahasiswa/Mahasiswi IAIN Kudus sebagai salah satu perguruan tinggi Islam di Jawa Tengah sangat diperlukan,” jelasnya.

Menurutnya, IAIN Kudus sejak dahulu konsisten mengajarkan nilai-nilai toleransi dan moderasi Islam kepada para mahasiswanya yang belajar di sana.

Bahkan, lanjut Ulya, Indonesia bisa tercerai-berai bila akar-akar radikalisme agama yang sudah akut penyebarannya saat ini tidak segera disikapi.

“Kami dosen dan mahasiswa/mahasiswi KKN Ilmu Keagamaan jurusan Aqidah dan Filsafat Islam (AFI) Fakultas Ushuluddin IAIN Kudus merasa terpanggil untuk ikut berperan aktif dalam mengokohkan NKRI dari ancaman pemahaman keislaman yang radikal, tidak toleran dan cenderung ingin merusak tatanan kenegaraan Indonesia yang sudah bersama sama disepakati oleh seluruh elemen dan komponen bangsa sejak diproklamasikan pada 17 Agustus 1945,” bebernya.

Hal senada ditegaskan oleh Ahmad Syaiku Kepala Subbag TU mewakili Kepala Kemenag Kab. Pati yang dalam sambutan arahannya mengatakan, “Melalui kegiatan ini kami (Kementerian Agama) berharap bisa memberikan gambaran akan pentingnya toleransi dan moderasi Islam bagi kehidupan dan persatuan Indonesia ke depan,” ungkap Syaiku.

Dalam talkshow yang dihadiri kepala seksi bimbingan masyarakat islam kemenag Pati, dosen pembimbing KKN IAIN Kudus dan 30 siswa dari 15 sekolah yang diundang itu, Syaiku juga mengajak para peserta untuk lebih proaktif ikut serta menebarkan pemahaman Islam moderat di tengah tengah masyarakat.

“Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah rumah besar kita yang harus bersama sama diselamatkan dari ancaman radikalisme agama yang bisa merongrong persatuan kita,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Kabupaten Pati Imron Rosyidi yang kami hubungi via media sosial WhatsApp karena sedang melaksanakan dinas luar, menyatakan mendukung kegiatan kegiatan positif untuk persatuan dan kesatuan Indonesia.

“Siswa-siswa sekolah dan mahasiswa harus menjadi garda terdepan penyelamat keutuhan NKRI,” tandasnya. (pn/ dok Kemenag Pati)

patinews.com @patinewscom

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com @patinewscom

Recent Posts

Senilai Setengah Miliar, 25 Desa di Pati Terima Bantuan Stimulan Perluasan Jaringan Listrik

Senilai Setengah Miliar, 25 Desa di Pati Terima Bantuan Stimulan Perluasan Jaringan Listrik Patinews.com - Kota, Bertempat di Ruang Pragolo…

20 menit ago

Tim Volly Junior Pati, Melaju ke 16 Besar Kejurda Jateng

Tim Volly Junior Pati, Melaju ke 16 Besar Kejurda Jateng Patinews.com - Sports, Memasuki hari kedua kontingan kabupaten Pati yaitu…

40 menit ago

Waduk Cabean Winong Bakal Segera Terealisasi

Waduk Cabean Winong Bakal Segera Terealisasi PatiNews.Com - Winong, Masa reses anggota DPRD Kabupaten Pati tahap I ( pertama )…

7 jam ago

Ratusan Tanaman Dipamerkan Dalam Tlogowungu Parade Bonsai

Ratusan Tanaman Dipamerkan Dalam Tlogowungu Parade Bonsai PatiNews.Com - Tlogowungu, Tlogowungu Parade Bonsai digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke 74…

8 jam ago

HUT ke 2, WAG Noto Projo Mbangun Deso Gelar Senam Sehat CFD

Patinews.com - Kota, Selaras dengan tema kegiatan CFD "Kesehatan dan Olahraga", Whatsapp Grub Noto Projo Mbangun Deso, bakal menggelar senam…

23 jam ago

Senangnya Mbah Warni, Rumahnya Didatangi Wakil Bupati Pati

Senangnya Mbah Warni, Rumahnya Didatangi Wakil Bupati Pati Patinews.com - Gabus, Di rumah berdinding bambu itulah Mbah Warni (80 tahun)…

23 jam ago